Jenis Masakan


5 Menu Buka Puasa Praktis untuk Anak Kosan

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|April 4, 2020

Sebagai anak kosan, kegiatan memasak seringkali terbatas. Bisa jadi karena dapur yang dipakai bersama membuat kita bergilir memakainya. Nah, untuk itu kali ini Tim MAHI berbagi ide menu buka puasa praktis yang bisa dipilih oleh anak kos.

Agar tak bikin kantong bolong, kita pilih bahan makanan ekonomis plus yang mudah ditemukan. Bahan masakan pada resep berikut bisa kita peroleh dari tukang sayur, pasar tradisional, atau supermarket terdekat. Yuk, kita coba satu persatu!

1. Martabak mie telur kornet, begitu memanjakan

Resep Martabak Mie Telur
Resep martabak mie telur kornet termasuk tidak sulit untuk dipraktekkan di dapur. (Foto: MAHI)

Untuk yang nggak sempat beli bahan makanan ke tukang sayur, menu buka puasa praktis ini bisa dicoba. Bahan-bahannya hanya terdiri dari telur, mie, kornet, dan kulit lumpia yang bisa didapatkan di supermarket terdekat. Cara membuatnya relatif sederhana.

Kita olah dulu bagian isinya yakni mie, telur, kornet serta bumbu lainnya. Setelah itu, kita balut dengan kulit lumpia. Untuk merekatkannya, kita larutkan sedikit terigu dan air. Lihat resep martabak mie kornet, dan hidangkan saat bedug magrib! Sajian ini bisa juga jadi menu camilan saat takjil.

2. Tumis bayam tahu, sehat dan mudah dibuat

Agar puasanya makin lancar, jangan lupa untuk menyantap makanan bernutrisi. Salah satu menu sayuran yang cukup mudah diolah adalah tumis bayam tahu. Makanan ini terdiri dari dua bahan utama, yakni tahu kuning yang kita goreng terlebih dahulu serta seikat bayam.

Proses mengolah tumis bayam tahu hanya sekitar 30 menit sehingga tergolong sebagai resep singkat. Selain untuk buka puasa, tumis bayam tahu juga jadi ide yang tepat untuk menu sahur. Yuk, kita lihat resep lengkap tumis bayam tahu!

3. Sup ayam makaroni, segar dan menghangatkan

Resep lainnya yang bisa dicoba di dapur kosan adalah sup ayam makaroni. Bumbu yang kita perlukan untuk membuat sup ayam mudah ditemukan, yakni bawang putih, bawang merah, dan lada. Agar makin mantap rasanya, kita tambahkan Royco Kaldu Ayam.

Nah agar makin spesial, kita tambakan makaroni pada olahan ini. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, memasak jadi lebih praktis. Yuk, kita coba resep sup ayam makaroni ini dan hidangkan bersama nasi hangat!

4. Tahu isi sayuran, menu takjil favorit

Tahu isi sayuran asam manis tersaji di atas meja.
Sajikan tahu isi sayuran asam manis untuk camilan di akhir pekan. (Foto: MAHI)

Siapa yang bisa menolak lezatnya tahu isi kala berbuka puasa? Meski bisa dibeli di luar, tak ada salahnya membuat tahu isi sendiri di rumah. Bahan-bahannya kita racik sendiri sehingga lebih higienis.

Tahu yang kita gunakan untuk resep ini adalah jenis tahu Sumedang. Bagian kulitnya yang tebal memberikan tekstur renyah ketika digoreng. Kita juga bisa lebih mudah memasukan tumisan sayur ke dalamnya. Lihat resep tahu isi sayuran ini, dan hidangkan sebagai menu pendamping ataupun camilan.

5. Oseng tempe, menu buka puasa praktis

Protein nabati yang mudah dan murah untuk dipilih salah satunya adalah tempe. Bahan masakan ini punya banyak pilihan untuk diolah, salah satunya oseng tempe. Proses memasaknya terdiri dari dua tahap yakni tempe digoreng terlebih dahulu lalu dioseng menggunakan bumbu kecap.

Hal yang perlu diperhatikan agar masakannya tidak gagal adalah proses menggorengnya. Jangan sampai tempe kurang matang, atau terlalu kering, ya. Setelah itu, baru kita tumis menggunakan bumbu kecap. Intip resep oseng tempe dan hidangkan bersama aneka tumisan.

Demikian lima menu buka puasa praktis untuk anak kos. Dengan bahan yang mudah didapat, memasak pun tak perlu ribet! Yuk, kita coba sekarang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.