Inilah Berbagai Manfaat Cuka Apel untuk Kuliner dan Kesehatan

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 26, 2018

Manfaat cuka apel ternyata begitu beragam. Terlebih tentunya untuk keperluan masak memasak. Ini dikarenakan cita rasanya yang begitu khas dan cocok dipadukan dengan berbagai bahan lainnya. Namun banyak juga yang berpendapat bahwa cuka apel juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Mari kita berkenalan!

Asal mula

Cuka apel merupakan satu jenis cuka yang berasal dari jus apel yang difermentasi. Proses ini akan merubah gula menjadi alkohol yang kemudian pada proses lanjutannya akan berubah lagi menjadi asam asetat. Saat selesai, hasil akhirnya akan berupa air berwarna kecokelatan namun dengan bau yang lebih tajam. Selain itu karena proses terakhirnya menjadikannya sebagai asam asetat dan bukan alkohol, maka cuka apel bisa dibilang halal.

manfaat cuka apel yang berasal dari perasan buah apel yang difermentasi
Cuka apel adalah salah satu jenis cuka dengan karakter rasa yang menarik. (Foto: Shutterstock)

Selain untuk keperluan kuliner, terdapat kepercayaan juga bahwa cuka apel memiliki manfaat untuk kesehatan. Ini sepertinya datang dari kepercayaan masyarakat selama berabad-abad. Bahkan di tahun 1970an, cuka apel diklaim bisa menurunkan berat badan dan mencegah infeksi. Namun benarkah demikian? Berikut Tim MAHI akan jabarkan secara lengkap.

Berbagai manfaat cuka apel untuk kesehatan

Banyak yang mengira bahwa manfaat cuka apel bisa diasosiasikan dengan kesehatan. Bisa dibilang benar adanya karena cuka apel sejatinya tetap memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, hingga sodium dan seng. Namun sebetulnya mineral-mineral ini hanya terkandung dalam kuantitas yang kecil saja.

Bicara soal mengurangi berat badan, ada studi yang membuktikan bahwa ketika mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat yang disertai dengan adanya kehadiran cuka, maka rasa kenyang lebih cepat muncul. Diperkirakan bahwa konsumsi total per hari bisa berkurang 200-275 kalori dengan cara demikian. Bahkan konon ada studi dari 175 orang yang mengidap obesitas bisa berkurang berat badannya hanya karena mengonsumsi cuka apel. Sayangnya studi tersebut hanya dilakukan selama 3 bulan saja dan uji coba jangka panjangnya belum bisa dipastikan.

Sementara itu, beberapa studi yang diujicobakan pada hewan menunjukkan kalau cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan beberapa faktor penyebab serangan jantung. Hanya saja sayangnya masih minim sekali studi yang dilakukan pada manusia, sehingga secara ilmiah sebetulnya masih diperdebatkan hasilnya untuk kesehatan.

Berbagai manfaat cuka apel di bidang kuliner

Manfaat paling besar dari cuka apel umumnya datang dari penggunaan di bidang kuliner. Cuka apel bisa digunakan sebagai saus untuk salad, bumbu marinasi, atau bahkan sebagai zat pengawet makanan yang alami. Saus vinaigrette yang sering dipakai dalam salad juga menggunakan elemen cuka apel di dalamnya. Selain itu, begitu banyak aplikasi cuka apel yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai resep klasik ataupun kekinian – terkhusus tentunya pada kultur kuliner Barat.

manfaat cuka apel yaitu untuk membuat saus vinaigrette
Dressing salad yang dinamakan vinaigrette ini bisa menggunakan cuka apel sebagai elemennya. (Foto: Shutterstock)

Dalam gaya hidup orang Timur Tengah di masa lampau, ada empat elemen yang diyakini sebagai kunci untuk kesehatan. Pertama, buah kurma adalah yang paling diakui khasiatnya karena kekayaan mineral, serat dan kalorinya. Sementara itu, roti gandum merupukan karbohidrat kompleks yang bertugas memberikan asupan energi setiap harinya. Ketiga, minyak zaitun adalah lemak nabati sehat bagi tubuh. Keempat adalah cuka yang bisa mengurai karbohidrat serta lemak menjadi protein.

Untuk kita setidaknya, cuka apel tentunya layak untuk diaplikasikan dalam berbagai resep terlebih dahulu. Misalnya saja beragam rujak seru dari Indonesia ataupun ketika kita ingin mengawetkan makanan secara alami. Bahkan cuka umum juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan di dapur seperti ketika membersihkan wajan ataupun membuat kulkas menjadi wangi.

Semoga cerita singkat ini bermanfaat untuk keseharian kita ke depannya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.