5 Makanan Ringan Sehat untuk Cegah Lapar Saat Diet - MAHI

5 Makanan Ringan Sehat untuk Cegah Rasa Lapar Saat Diet

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Maret 18, 2021

Jika ada satu hal yang gemar datang secara tiba-tiba, itu adalah keinginan untuk nyemil makanan ringan. Mau itu saat bangun pagi, saat senggang sore hari, maupun sebelum tidur malam. Terkadang, kita juga mencari makanan ringan saat stres kerja dan ingin mencari pelarian. 

Dalam kondisi seperti ini, tentu kita akan merasa gundah dan bingung akan angka timbangan yang kian membuncah. Terutama bila kita tergolong orang yang bekerja sepanjang hari di depan layar dan kurang berolahraga. Salah satu solusi untuk memuaskan keinginan nyemilmu tanpa menambah angka timbangan adalah mengubah jenis makanan ringan yang kita konsumsi. Misalnya saja, mengurangi MSG dan memperbanyak konsumsi snack dengan nutrisi tinggi. 

Bila kita merasa bahwa makanan ringan sehat hanya seputar buah dan sayur, tentu perlu melihat jajanan a la MAHI yang lezat, bernutrisi, serta mengenyangkan. Penasaran apa saja? Yuk, simak 5 makanan ringan sehat dan ramah diet rekomendasi Tim MAHI di bawah ini!

1. Lemper ayam kuning bumbu Manado, cita rasa tradisional

Resep lemper ayam kuning di atas daun pisang di piring cokelat
Resep lemper ayam kuning, makanan ringan kaya rasa. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal dengan lemper ayam? Jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan daging ayam ini digemari oleh hampir semua orang. Jika sudah bosan dengan variasi lemper yang itu-itu saja, bagaimana jika kita membuat twist baru dengan campuran Bango Bumbu Nasi Kuning Khas Manado

Alih-alih menggunakan ketan putih, kali ini kita akan membumbui ketannya dengan cita rasa nasi kuning Manado. Hasil akhirnya adalah lemper unik yang memiliki cita rasa Sumatera. Gurih dan harum menggoda, sajikan makanan ringan yang satu ini saat kita ingin meredakan lapar yang serta-merta melanda.

Cek resep lemper ayam kuning di sini!

2. Salad edamame rumput laut, makanan ringan sehat

Semangkuk salad edamame yang sehat siap disantap
Begitu mudah membuat salad edamame rumput laut di rumah. (Foto: Shutterstock)

Saat kita sedang mencari resep makanan ringan sehat, salad edamame rumput laut bisa menjadi jawabannya. Berbeda dari resep kebanyakan, salad edamame a la MAHI tidak terlalu sulit untuk dibuat. Cukup padukan mentimun Jepang, wakame (rumput laut), dan tomat ceri yang berwarna-warni. Kemudian, tambahkan dressing bercampur Bango Kecap Manis Light yang menambah dimensi rasa dalam semangkuk salad.

Asin, manis, gurih, dan sedikit asam, salad edamame rumput laut akan menemanimu saat ingin nyemil sehat di sore hari.

Simak resepnya salad edamame di sini!

3. Salad buah yoghurt oat crumble, yang sedang kekinian

Hasil dari resep salad buah yoghurt oat crumble di mangku putih.
Mudahnya resep salad buah yoghurt oat crumble untuk dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Memadukan segarnya potongan buah segar, asamnya yoghurt, dan legitnya oat crumble dalam satu suapan, salad buah yang satu ini merupakan hidangan wajib di menu dietmu. Tak hanya cocok sebagai makanan penutup spesial di akhir pekan, tapi makanan ringan yang satu ini juga bisa jadi pereda lapar saat ingin nyemil tengah malam.

Biasanya, crumble dibuat dari adonan biskuit atau wafer. Namun di versi MAHI kali ini, kita akan menggunakan oat sebagai alternatif yang lebih sehat dan rendah kalori. Tidak perlu lagi merasa guilty saat ingin mengudap di malam hari!

Ingin membuat salad buah yoghurt oat crumble malam ini? Yuk, cek resepnya salad buah di sini!

4. Siomay ayam udang, favorit di sore hari

Sepiring siomay ayam udang siap untuk disantap.
Siomay ayam udang bakal jadi rebutan saat berbuka puasa. (Foto: Shutterstock)

Tidak dapat dipungkiri bahwa siomay adalah satu makanan ringan yang paling populer di ibukota. Perpaduan rasa gurih dan tekstur wortel, daun bawang, dan daging cincang membuat sensasi mengudap siomay selalu mengenyangkan, apalagi jika ditambah dengan saus Sambal Jawara Extra Hot yang bikin ketagihan.

Untuk yang sedang mencari alternatif kudapan, yuk hadirkan siomay ayam udang yang sehat dan mudah dibuat!

Cek siomay ayam udang di sini!

Siapa bilang gaya hidup sehat berarti memakan makanan yang hambar dan tidak enak? 5 makanan ringan rekomendasi Tim MAHI di atas membuktikan bahwa kita bisa tetap diet tanpa harus mengorbankan cita rasa makanan. Bagi yang sedang menjaga pola makan, tetap ikuti MAHI untuk resep vegan, rendah gula, rendah karbohidrat, dan segudang resep sehat lainnya.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.