Langsing Tak Mesti Mahal, Inilah 8 Bahan Makanan Diet yang Murah Meriah!

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Desember 6, 2018

Makanan diet tak selalu harus menggunakan bahan-bahan impor atau berasal dari catering sehat yang bikin kamu harus menguras isi dompetmu. Padahal di sekeliling masih banyak sekali bahan makanan murah meriah yang bisa dikonsumsi untuk menjaga penampilan. Inilah beberapa contohnya:

Telur

Poached egg adalah salah satu makanan diet yang murah.
Poached egg jadi pilihan kekinian untuk menu sarapan sehat. (Foto: Shutterstock)

Setelah beberapa riset yang melibatkan wanita dengan kelebihan berat bedan, telur terbukti tepat dijadikan sebagai makanan diet. Namun dengan catatan, hanya jika dibarengi dengan diet kalori juga. Sumber protein tinggi ini mengandung lemak sehat dan membuat kenyang lebih lama. Ternyata, ia juga rendah kalori.

Inspirasi masakan: Poached egg, omelette sayuran, tamagoyaki, dan tahu telur.

Bayam

Ternyata sayuran hijau dapat membantu menjaga berat badan, dan salah satunya adalah bayam. Seikat bayam mengandung serat tinggi, rendah kalori, dan juga kandungan lainnya yang mampu mengikat kolesterol jahat. Bayam juga merupakan salah satu sumber zat besi yang sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak. Karena bayam tinggi serat, sayuran yang akrab dimasak bening ini juga membuat perut lebih kenyang.

Inspirasi masakan: salad bayam, pasta isi bayam, tumis bayam, pangsit kuah isi tahu bayam.

Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan diet.
Yogurt polos dan menyegarkan juga bisa menjadi menu dessert sehat. (Foto: Shutterstock)

Sekarang ini, seporsi yogurt bisa kamu dapat mulai dari harga Rp. 7000,- saja. Selanjutnya, kamu bisa memadukannya dengan buah potong seperti pisang, melon, apel, dan lainnya. Yogurt merupakan sumber protein, kalsium, vitamin B, dan asam folat. Pilihlah yogurt kemasan yang kandungan lemak serta gula yang rendah agar tak merusak dietmu.

Inspirasi sajian:

  • Smoothie buah: blender yogurt dengan buah kesukaanmu.
  • Salad buah: Dengan potongan buah pisang, manga, melon, atau nanas, sajikan yogurt sebagai dressing. Tambahkan madu jika ingin rasa dressing yang lebih manis.

Pisang

Buah pisang mengandung karbohidrat dan memberi rasa kenyang. Mengonsumsi satu buah pisang dan air putih sebagai menu sarapan di pagi hari adalah ide yang sangat baik. Selain memberi energi bagi tubuh, pisang membantu pembakaran lemak lebih cepat. Dengan banyaknya variasi jenis pisang di Indonesia, kamu jadi lebih leluasa dalam mengolah dan menyajikan buah ini sebagai pengganti sumber energi.

Inspirasi sajian: yogurt dengan pisang Cavendish dan madu, pisang uli atau pisang tanduk kukus, serta pisang bakar saus madu.

Semangka

Buah yang tinggi kandungan air ini sangat direkomendasikan sebagai makanan yang pertama kali disantap saat tiba waktunya makan – khususnya saat berbuka puasa. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, semangka juga mengandung lycopene yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

Pepaya

Pepaya adalah salah satu makanan diet dalam bentuk buah.
Indonesia begitu beruntung karena buah tropis satu ini begitu berlimpah di sini. (Foto: Shutterstock)

Buah yang dipercaya melancarkan pencernaan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tinggi serat dan kaya akan vitamin A, kamu bisa menikmati pepaya dengan cara dijadikan salad buah, smoothies, Thai papaya salad, ataupun es buah.

Mentimun

Karena mentimun mengandung banyak air, tanaman yang masih satu keluarga dengan semangka dan labu-labuan ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan cold pressed juice. Mentimun dipercaya mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga jadikanlah sebagai satu jenis buah dalam mixed juice. Jus ini bisa terdiri dari bit, mentimun, nanas, dan apel. Segar! Selain itu, kamu juga bisa menikmati mentimun dengan cara dijadikan sebagai salah satu bahan salad dan acar.

Ubi

Salah satu jenis umbi-umbian yang murah, enak, dan mudah didapat tentunya adalah ubi. Selain mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi, ubi juga rendah kalori. Kamu bisa menjadikan ubi sebagai sumber karbohidrat atau untuk bahan utama camilan.

Inspirasi sajian: Bola ubi kuah susu, ubi kukus, dan nagasari ubi.

Selain itu, bisa juga menikmati camilan dari kacang-kacangan yang sehat. Mudah dicari dan murah harganya, bukan? Ternyata hidup sehat itu tidak memerlukan banyak investasi pada makanan diet ataupun melakukan perjalanan jauh. Cukup luangkan waktu sejenak di dapur dan siapkan segala keperluan makanmu hari itu secara terstruktur. Dijamin, selain tubuh lebih sehat, badan juga akan menjadi lebih langsing!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.