6 Menu Makanan Bulan Puasa Bebas Minyak Goreng - MAHI

6 Menu Makanan Bulan Puasa Bebas Minyak Goreng

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Maret 19, 2022

Kalau kemarin minyak goreng langka, sekarang minyak goreng menjadi mahal di saat bersiap menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri. Orang Indonesia yang sudah terbiasa mengolah makanan bulan puasa dengan menggunakan minyak kelapa sawit bisa jadi bingung dibuatnya. Karena itulah kamu perlu mengenal banyak menu lainnya yang tidak menggunakan minyak namun tak kalah nikmatnya. Bahkan jangan heran kalau beberapa di antaranya lebih sehat!

Tentunya tak hanya untuk sahur ataupun berbuka puasa saja. Kamu juga bisa menggarap menu-menu takjil ataupun camilan sesudah tarawih rasa gurih tanpa menggunakan minyak. Kalau kamu sudah penasaran apa saja ide-ide resepnya, langsung saja cek yang di bawah ini!

Menu sahur

1. Resep sup kimlo daging, menu sahur yang lezat bergizi

Makanan khas Solo yang tidak menggunakan minyak ini punya pengaruh kuliner Peranakan. Menariknya, sajian yang satu ini nyaman dan hangat untuk dinikmati saat sahur. Bicara soal bahan-bahannya, sup kimlo terasa berisi dan padat gizi. Dua bahan yang paling unik untuk sup ini adalah kembang tahu dan bunga sedap malam. Selain itu, ada juga beberapa jenis jejamuran yang menambahkan tekstur renyah saat dinikmati. Untuk resep ini, kamu bisa siapkan semalam sebelumnya agar praktis dihangatkan saat sahur.

Coba resep sup kimlo daging di sini!

2. Resep sup ayam bening, menu berkuah hangat di waktu pagi

Proses merebus untuk ayam pada resep sup ini lebih sehat daripada digoreng, apalagi dengan masalah minyak goreng belakangan ini. Sisa bahannya adalah kentang, wortel, dan buncis yang bisa kamu potong-potong sesuai ukuran gigitan. Adalah ide yang bagus juga kalau kamu selalu punya stok kaldu, sehingga kapan saja kamu ingin membuat sup ayam bening yang segar menyehatkan ini, cukup menambahkan sayuran dan ayam yang baru. Praktis, bukan?

Berikut resep sup ayam bening untuk kamu coba!

Menu takjil

3. Resep pentol bakso ayam, pedas manis penggugah selera

Membuat pentol untuk menu pembuka sebetulnya tidak sulit, hanya saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Selain putih telur, tambahkan labu siam parut ke dalam adonan supaya hasil akhir pentol lebih kenyal. Kemudian, gunakan pencetak bakso rumahan yang memudahkan kamu membentuk pentol. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam dan untuk saus pedas manisnya dengan Bango Kecap Manis. Terakhir, pastikan untuk merebus pentol bakso hingga matang di atas api kecil dan jangan sampai terlalu lama agar teksturnya tetap kenyal dan tidak kering.

Inilah resep pentol bakso ayam untuk kamu coba saat ngabuburit!

4. Resep bolu kukus santan guava, takjil dengan tampilan dan rasa unik

Empat buah hasil masak resep bolu kukus santan pelangi untuk menu makanan bulan puasa
Resep Bolu Kukus Santan Guava, ide manis sesudah tarawih. (Foto: Shutterstock)

Saat waktu ngabuburit masih panjang dan mood kamu sedang tidak mager, maka menu makanan bulan puasa berikutnya adalah bolu kukus. Nah, ini bakal jadi tantangan dan kenikmatan tersendiri. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang kamu bisa resapi agar bolu kukus buatanmu sukses. Di antaranya adalah gunakan telur yang bersuhu ruang sehingga saat diaduk bersama gula akan mengembang sempurna. Lalu, siapkan cetakan khusus bolu kukus yang memiliki lubang-lubang pada dinding cetakan agar uap panas dari dandang bisa menghantarkan panas secara merata untuk hasil maksimal. Sebelumnya, tuangkan adonan bolu secara perlahan ke dalam cetakan agar hasil akhirnya mekar. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca segala serba serbi dalam membuat bolu kukus di Masak Apa Hari Ini, ya!

Sementara itu, inilah resep bolu kukus santan guava yang unik!

Menu berbuka puasa

5. Resep mie nyemek ayam sayuran, selalu pas untuk menu makan malam

Untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan mie nyemek yang merupakan cabang dari bakmi khas Jawa, pastinya harus mengunakan jenis mie telur berwarna kuning. Untuk ini, kamu bisa memilih antara tipe yang pipih ataupun yang berbentuk silinder. Untuk daging ayamnya bisa diiris, tapi banyak juga penjual bakmi Jawa yang lebih suka ayamnya disuwir. Untuk sayurannya, cukup gunakan kembang kol, sawi, daun bawang, dan tomat. Pastinya kamu wajib menambahkan telur dan juga bakso saat memasaknya. Untuk cara memasak mie nyemek, jumlah air yang dituang tidak sebanyak bakmi rebus tapi proses memasaknya kurang lebih sama.

Cek resep mie nyemek untuk buka puasa di sini!

6. Resep pastel tutup ayam sayuran, makanan bulan puasa yang dinanti

Resep pastel tutup lebih praktis dimasak dengan menggunakan Royco Sup Krim Ayam sebagai campuran dalam kentang kukus dan isiannya. Sehingga untuk resep ini, kamu tak perlu berepot-repot menambahkan tepung pada adonan kentang serta membuat ragout untuk bahan isinya. Menariknya, hasil akhirnya ternyata lebih gurih dan creamy. Mudah untuk dibuat!

Siapkan menu buka puasa pastel tutup dengan resep berikut!

Harapannya setelah mencoba aneka menu makanan bulan puasa ini, ke depannya kamu tidak akan terlalu terbiasa untuk selalu menggoreng atau deep-fry makanan di rumah. Setidaknya bila minyak dalam kondisi langka atau terbatas, kamu bisa mengurangi konsumsinya dengan menu tumisan atau bahkan lebih baik dengan metode-metode memasak lainnya. Terakhir, aku ingin mengajak kamu juga untuk follow dan like konten-konten pada akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Jangan lupa untuk berkomentar bila kamu punya pertanyaan atau DM kami untuk request resep baru, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.