Resep Sup Ayam Bening | Masak Apa Hari Ini?

Resep Sup Ayam Bening, Sehat dan Nikmat Hingga Suapan Terakhir

Simpan ke bagian favorit

Resep sup ayam bening ini takkan pernah salah disajikan sebagai menu andalan setiap minggu. Yuk, coba resep sayuran yang nggak membosankan ini!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|September 27, 2021

Untuk cuaca dingin maupun panas, sup selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Terlebih lagi ketika sedang berpuasa atau untuk yang sedang kurang sehat. Resep sup ayam bening ini adalah salah satu contoh yang cocok di segala situasi. Selain rasanya yang memanjakan, sup ini juga pastinya menyehatkan!

Manfaatkan sisa isi kulkas bila ada yang berlebih demi mengurangi kemungkinan terbuangnya makanan. Kecuali habis, daripada membeli sayuran baru, kita bisa memanfaatkan manfaatkan yang tersisa apabila masih bagus. Mari kita sama-sama menjaga bumi ini dari permasalahan food waste yang kini merebak. Indonesia menempati peringkat kedua di dunia untuk food waste dan jumlahnya bisa setara dengan memberi makan 28 juta warga miskin!

Memang, ada saja alasan untuk tidak memasak sup. Takut rasanya keasinan atau proses masaknya yang terlalu lama. Tapi setelah sekian lama rajin memasak, sup bukanlah jenis masakan yang menyusahkan untuk dibuat. Malah kadang sup bisa bertahan lebih lama dari makanan lainnya dan ini membuat uang belanja menjadi lebih hemat.

Khasiat resep sup ayam bening

Untuk resep sup ayam bening yang satu ini, protein utamanya adalah ayam yang direbus. Proses masak direbus saja sudah jelas lebih sehat daripada digoreng misalnya. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah berbagai macam sayuran yang dipotong sesuai ukuran gigitan. Kaldu yang semakin lama mengendap juga membuat kuah semakin sedap rasanya. Jadi kalau sudah beberapa hari juga, cukup tambahkan ayam baru atau sayuran segar maka sup kembali bisa dinikmati.

Terlebih kalau misalnya ada yang sedang kurang sehat di rumah. Rasa gurih dari sup biasanya membantu yang sedang sakit untuk tetap laju makannya. Kuah sup bening ini juga cocok dipadukan dengan nasi ataupun bubur untuk yang masih pantang bersantap nasi selama masa penyembuhan. Begitu fleksibelnya makanan yang satu ini, sehingga akupun suka memasaknya sebagai hidangan sahur. Alasannya sama, selera makan masih belum terasa di pagi buta. Butuh sesuatu yang orang bilang “glosor glosor” agar makan tetap laju dan nutrisi tetap masuk ke dalam tubuh untuk memberikan energi sepanjang hari saat berpuasa.

Makanan rumahan yang mudah

Bicara lama waktu memasaknya juga ternyata tidak yang bakal menghabiskan waktu kamu. Hanya dalam sekitar 40 menit saja semuanya bisa siap, asalkan sebelumnya sudah disiapkan juga potongan sayuran bahkan air kaldunya agar lebih meresap lagi rasanya. Selebihnya hanya menunggu matang dan sup ayam sederhana ini siap dinikmati seluruh keluarga. Tambahkan kerupuk udang atau protein lainnya agar lebih nikmat lagi. Kebutuhan sayur kamu sudah terpenuhi hanya dengan hidangan yang satu ini.

Masih membutuhkan aneka makanan rumahan lainnya yang bakal disukai seluruh keluarga? Sebut saja misalnya soto Banjar khas Kalimantan yang lengkap nutrisinya dan punya rasa gurih menghangatkan. Untuk ide makan siang di kantor, bisa saja kamu mencoba membuat onigiri. Dari mengetahui dasar cara membuatnya, kamu bisa mengkreasikan macam-macam bahan ke panganan khas Jepang ini. Terakhir, perlu juga mencoba yang namanya soto Kudus. Biasa tersaji di mangkuk-mangkuk kecil, hidangan dari Jawa Tengah ini biasanya bikin yang mencobanya ingin tambah terus. Bayangkan hangatnya soto dengan suwiran paha ayam yang lembut dan irisan bawang putih goreng di atasnya. Wah, sulit untuk menolak kenikmatannya!

Setelah dapat banyak ide ini, sekarang waktunya untuk kamu mengolahnya sendiri di rumah. Tidak hanya mudah, semua #ResepLezatAntiSisa ini bisa membantumu memperkuat sistem imun tubuh hingga pemulihan dari tengah menjalani flu atau batuk. Dimulai dari resep sup ayam bening ini, kamu juga bisa bertualang mencoba resep lainnya di Instagram Masak Apa Hari Ini. Bukan sekadar resep, kamu bisa dapatkan trik menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

  • ½ ekor ayam, potong 4 bagian
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 buah wortel, potong
  • 2 buah kentang, kupas lalu potong
  • 100 g buncis, buang ujungnya
  • 2 lembar seledri, potong 2 cm
  • 2 lembar daun bawang, potong 2 cm
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • 1.5 L air
  • 1 sdm margarin

Cara membuat

1

Rebus ayam bersama jahe hingga empuk di atas api sedang.

2

Panaskan wajan dan lelehkan margarin. Tumis bawang putih hingga kekuningan lalu masukkan ke dalam air rebusan kaldu.

3

Masukkan wortel dan kentang lalu buncis. Tambahkan Royco Kaldu Ayam dan masak di atas api kecil hingga matang.

4

Tambahkan daun bawang dan daun seledri, lalu matikan api. Sajikan selagi hangat.

5

Sajikan dalam mangkuk dan taburi dengan bawang merah goreng. Santap selagi hangat.

Untuk yang sudah seharian bekerja, rasanya badan seperti segar kembali bukan? Selain mudah membuatnya, sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk membuat berbagai sup lainnya.


Resep ini pernah dimuat situs resmi Royco.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.