Cara Membuat Bolu Kukus: 8 Kesalahan Harus Dihindari - MAHI

Cara Membuat Bolu Kukus: Ini 8 Kesalahan yang Harus Dihindari

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Maret 17, 2022

Sering gagal saat bikin bolu kukus? Jangan khawatir, karena ini bisa dialami banyak orang. Nah, sebenarnya dalam proses cara membuat bolu kukus, ada beberapa hal penting yang seringkali terlupakan atau memang tak diketahui oleh pemula.

Apa yang umumnya terjadi

Yang paling sering terjadi adalah bolu kukus bantat, adonan tidak mengembang, hingga bolu tidak mekar saat dikukus. Sama halnya dengan proses membuat hidangan manis lainnya seperti cake, roti, atau dessert lain, ada banyak hal yang menentukan hasil akhir yang sempurna. Tidak melulu soal resep yang terdiri dari komposisi bahan, tetapi juga soal kualitas dan suhu bahan yang tepat, teknik pembuatan adonan, material cetakan, hingga suhu alat masak memiliki peran penting yang nantinya akan memengaruhi hasil akhir.

Kesalahan cara membuat bolu kukus

Untuk menghindari kegagalan seperti bolu bantat dan tidak mekar, sederet daftar ini mungkin bisa membantu kamu agar lebih pede dalam membuat bolu kukus.

  1. Tidak menimbang bahan sesuai takaran resep. Pastikan kamu menimbang semua bahan menggunakan timbangan yang akurat dan wajib sesuai dengan kebutuhan resep. Komposisi bahan yang tidak sesuai cenderung akan memengaruhi rasa, tekstur, hingga hasil akhir bolu kukus. Ini juga berlaku untuk hidangan kue lainnya, ya!
  2. Menggunakan telur bersuhu dingin atau yang baru dikeluarkan dalam kulkas. Ini akan menyebabkan proses pencampuran telur dengan gula menjadi lebih lambat karena suhunya yang masih dingin. Akibatnya, bisa membuat kombinasi telur dan gula tidak mengembang.
  3. Bahan pengembang sudah tidak aktif. Pada bolu kukus, bahan pengembang yang digunakan biasanya berupa pilihan cake emulsifier atau air soda. Pastikan untuk menggunakan bahan pengembang yang masih aktif sehingga akan bekerja maksimal pada adonan bolu. Untuk air soda, pastikan kamu menyiapkan air soda yang kemasannya masih utuh atau belum dibuka.
  4. Tidak mengikuti setiap tahap sesuai instruksi resep. Padahal mengikuti setiap langkahnya dapat mencegah kesalahan dalam proses pencampuran adonan.
  5. Memasukkan bolu kukus saat dandang masih belum dipanaskan. Sama halnya seperti pembuatan cake atau bolu lain, untuk menaikkan volume kue dibutuhkan suhu panas yang juga konsisten. Volume adonan akan terlanjur turun ketika suhu dandang belum panas. Ini salah faktor yang menyebabkan bolu tidak mengembang, padahal sudah mengikuti cara membuat bolu kukus sesuai instruksi resep.
  6. Panas tidak maksimal. Butuh uap panas atau wajib dikukus di atas api besar untuk menaikkan volume adonan bolu atau mengembang. Sama halnya dengan pembuatan chiffon atau bolu yang dipanggang dalam oven, suhu panas yang tinggi dan konsisten pada dandang berfungsi untuk membuat bolu jadi mengembang.
  7. Sering buka-tutup panci pengukus. Dengan begitu suhu menjadi tidak stabil dan volume bolu terlanjur turun saat bolu belum matang.
  8. Tutup dandang tidak dibungkus dengan kain. Uap panas dari dandang akan menumpuk di tutup dandang dan dapat menetes ke dalam adonan bolu kukus. Bungkus tutup dandang dengan kain bersih atau serbet dapur.

Resep bolu kukus enak wajib coba

Buat yang belum pernah coba bikin bolu kukus sendiri, yuk, praktikkan cara membuat bolu kukus persembahan Buavita Guava. Resep bolu tradisional yang dikukus  ini dengan merupakan perpaduan dari cara membuat bolu kukus santan dengan sensasi Buavita Guava. Jangan lupa perhatikan panduan tips di atas, ya!

Yuk, jangan ragu membuat kue-kue tradisional di rumah! Selain sebagai camilan atau takjil, kue bolu kukus yang umur simpannya lebih lama ketimbang kue basah ini juga bisa kamu sajikan sebagai camilan sesudah tarawih. Terakhir, ayo segera followlike, atau jika ada pertanyaan dan ingin request resep, kamu bisa langsung mampir di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Iniya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.