8 Teknik Memasak yang Digunakan Para Chef Profesional dan Penting untuk Juga Kamu Kuasai

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Mei 15, 2019

Teknik memasak apa yang sering kamu aplikasikan di dapur? Menggoreng, atau merebus? Ada banyak lho teknik yang bisa digunakan untuk mengolah masakan. Para chef profesional menggunakan istilah khusus untuk menamainya. Setiap teknik memiliki perbedaan yang cukup detail. Contohnya saja, teknik merebus yang terbagi menjadi beberapa jenis, seperti simmering dan boiling. Apa ya perbedaannya?

Secara garis besar, teknik masak terbagi menjadi tiga, yaitu memasak dengan konveksi air, memasak dengan konveksi minyak, dan memasak dengan panas kering (dry heat). Di antara beragam jenis teknik memasak yang sering digunakan para chef profesional, setidaknya ada 7 teknik masak yang populer dan penting untuk para ibu kuasai di rumah. Apa saja itu?

1. Teknik Memasak Boiling

Teknik memasak yang satu ini sangat populer. Boiling adalah merebus makanan menggunakan cairan seperti air, kaldu ayam, ataupun santan. Prosesnya dimulai saat air dipanaskan mencapai suhu 100 derajat Celcius. Makanan yang direbus akan cepat matang dalam suhu tersebut. Panas dapat ditambahkan dengan menutup panci sehingga uap air tertahan dan menimbulkan panas. Teknik ini sering digunakan untuk memasak sup.

2. Teknik Memasak Simmering

Simmering adalah teknik memasak dengan cara merebus seperti boiling, tapi dengan suhu yang dijaga agar tetap stabil di bawah 100C dan di atas suhu poaching. Caranya adalah dengan mengecilkan api ketika air mulai mendidih. Biasanya teknik ini dilakukan untuk mendapatkan saripati seperti kaldu dari potongan tulang daging.

3. Teknik Memasak Poaching

Teknik memasak poaching telur.
Poached egg kini semakin terkenal di Indonesia, meskipun cara memasaknya cukup menantang. (Foto: Shutterstock)

Mirip dengan boiling, poaching adalah teknik merebus dengan volume air yang tidak terlalu penuh hanya setinggi makanan yang direbus saja. Proses poaching berjalan lebih lambat karena membutuhkan suhu yang lebih rendah yakni 92 – 96 derajat celcius. Contoh makanan yang dimasak dengan teknik poaching adalah poached egg dan berbagai protein lainnya. Banyak pula cara memasak telur dengan gaya modern lainnya.

4. Teknik Memasak Braising

Braising juga merupakan teknik masak yang cukup populer digunakan oleh chef profesional. Ini adalah teknik memasak makanan dengan sedikit air mendidih. Bedanya, sebelum mematangkan makanan dengan air rebusan, makanan harus diolah terlebih dahulu. Biasanya para chef membakar atau memanggang bahan masakan terlebih dahulu hingga warnanya kecokelatan lalu dibumbui atau dimarinasi. Baru kemudian dimasak kembali menggunakan sedikit air dalam wajan yang tertutup sehingga bumbu meresap sempurna.

5. Teknik Memasak Steaming

Teknik memasak steaming pada sayuran.
Steaming sayuran semakin digemari karena sehat dan menjaga kandungan nutrisinya. (Foto: Shutterstock)

Istilah steaming tentu sudah tidak asing di telinga kita. Ya, steaming adalah teknik mengukus makanan. Steaming menggunakan uap air panas untuk mematangkan makanan tanpa ada sentuhan langsung dengan air. Teknik ini banyak digunakan untuk membuat kue atau panganan seperti dim sum.

6. Teknik Memasak Sautéing

Sauté adalah proses menggoreng makanan dengan sedikit minyak. Biasanya sautéing menggunakan wajan datar. Dibutuhkan suhu yang sangat panas untuk menyempurnakan proses ini. Biasanya makanan harus dimarinasi terlebih dahulu sebelum dimasak dengan teknik ini. Proses penggorengan juga cukup sebentar, hanya sampai makanan berubah sampai kecokelatan.

7. Teknik Memasak Deep Frying

Berbeda dengan sauté, deep frying memerlukan minyak yang banyak dengan bentuk wajan yang lebih dalam. Sebelum memasukkan makanan, pastikan minyak sudah benar-benar panas. Biasanya, teknik makanan ini digunakan untuk makanan yang memerlukan kematangan yang rata seperti kentang goreng.

8. Teknik Memasak Baking

Teknik memasak baking kue.
Membuat kue alias baking kini menjadi semakin populer di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Selain memasak dengan air dan minyak, ada pula teknik memasak dengan hanya menggunakan energi panas. Salah satu cara yang kita kenal adalah dengan menggunakan oven. Baking adalah salah satu teknik masak yang menggunakan energi panas dan sangat populer digunakan untuk membuat kue.


Yuk, kenali juga lebih spesifik soal beragam cara memasak di atas tadi! Misalnya seperti caramemasak deep frying dengan hasil sempurna yang bisa kamu terapkan misalnya untuk membuat donat kentang.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.