6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai

Chef Panji|September 5, 2018

Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangat populer di Asia, terkhusus Thailand. Bahan ini biasa digunakan untuk menambahkan aroma yang khas, contohnya seperti pada Tom Yum. Chef Panji kali ini akan berbagi 6 resep masakan Thailand yang menggunakan serai. Mari memasak!

Pad Prik King

batang serai
Tumisan buncis a la Thai ini sangat istimewa karena menggunakan serai dan pasta kari. (Foto: Shutterstock)

Pad Prik King adalah hidangan klasik Thailand yang sangat mudah dibuat. Masakan ini adalah tumisan kacang panjang dengan bumbu kari dan batang serai, nikmat disantap bersama nasi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: buncis, paprika merah, fillet daging ayam yang sudah dipotong dadu, daun jeruk, bawang putih, pasta kari, minyak goreng, saus ikan, kecap asin, Royco Kaldu Ayam dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Potong buncis menjadi 3 cm, cincang bawang putih, dan iris tipis daun jeruk nipis. Cuci dan keringkan ayam dengan kertas tisu, lalu potong-potong seukuran dadu.
  2. Tambahkan minyak ke dalam wajan, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum (hati-hati jangan sampai gosong), lalu kecilkan api dan tambahkan pasta kari dan masak selama satu menit atau hingga harum.
  3. Masukkan ayam, dan masak hingga setengah matang, lalu tambahkan buncis dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga bumbu meresap rata.
  4. Masak buncis sekitar 2 hingga 3 menit, lalu tambahkan saus ikan, kecap asin, Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Aduk dan masak lagi selama 5 menit. Sajikan bersama nasi panas.

 Nasi Goreng Tom Yum

batang serai
Aroma dan rasa Tom Yum menyatu dalam bulir-bulir nasi. Satu porsi, mana cukup! (Foto: Shutterstock)

Masak Tom Yum sudah biasa, kali ini masak Nasi Goreng Tom Yum yang nikmatnya bikin keluarga minta tambah terus! Tambahan serai membuat hidangan ini semakin wangi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: udang yang telah digoreng, mentimun, daun bawang, ayam, batang serai, daun jeruk, cabai rawit, lengkuas, saus ikan, pasta cabai, minyak sayur, jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Menggunakan ulekan, tumbuk lengkuas, serai, cabai rawit, kecap ikan, Royco Kaldu Ayam dan pasta cabai. Campur hingga rata, sisihkan.
  2. Dalam panci panas, masukkan minyak sayur dan goreng ayam selama 5 hingga 8 menit. Matikan kompor dan sisihkan.
  3. Masih di panci yang sama, tumis bumbu tumbuk selama 30 detik atau sampai harum. Tambahkan nasi dan masak selama 5 menit, sampai nasi dan bumbu tercampur rata.
  4. Masukkan ayam dan irisan daun jeruk, aduk rata. Tambahkan udang matang bersama daun bawang dan aduk sebentar lalu matikkan api kompor.
  5. Sajikan bersama potongan jeruk nipis, mentimun dan cabai rawit.

Thai Mango Salad

batang serai
Rasa segar, pedas, gurih, asam, dan manis berpadu dalam Thai Mango Salad ini. (Foto: Shutterstock)

Segar dan bikin lidah menari kepedasan! Thai Mango Salad ini cocok dijadikan teman makan atau cemilan di sore hari. Tambah potongan cabai rawit untuk kamu pecinta pedas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: udang kering, buah pepaya parut memanjang, buah mangga parut memanjang, cabai rawit, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, minyak sayur, gula aren, bawang merah, kacang goreng yang sudah disangrai, daun ketumbar, daun mint, dan Royco Kaldu Ayam.

Cara membuatnya:

  1. Campur dan haluskan cabai rawit, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, minyak sayur, Royco Kaldu Ayam Bubuk dan gula aren di dalam blender hingga halus.
  2. Siapkan mangkuk berukuran besar, lalu masukkan mangga, pepaya, bawang merah, kacang tanah, daun ketumbar, daun mint, udang kering, dan bumbu halus. Aduk hingga rata.
  3. Agar lebih nikmat, dinginkan salad di dalam lemari es terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam.

Thai Crab Cakes

batang serai
Thai Crab Cakes ini memberikan sensasi makan kepiting ala Thai yang tidak repot atau mengotori baju kamu. (Foto: Shutterstock)

Makan kepiting memang nikmat, tapi cara makannya yang njelimet membuat kita malas repot. Thai Crab Cakes ini adalah cara terpraktis menikmati daging kepiting. Suwiran daging kepiting yang dicampur dengan bumbu dan serai ini rasanya luar biasa!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: daging kepiting yang sudah masak, telur, daun ketumbar, kulit dan air perasan jeruk nipis, cabai merah, tepung roti, daun bawang, saus pedas manis, saus ikan, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Campur semua bahan kecuali tepung roti, saus pedas manis, dan minyak. Aduk hingga rata dan bentuk bulat-bulat pipih.
  2. Gulingkan adonan di atas tepung roti hingga tertutup rata.
  3. Goreng dengan minyak sayur hingga berwana kecokelatan.
  4. Sajikan bersama saus pedas manis atau potongan cabai rawit.

Thai Pumpkin Curry

batang serai
Masakan berbumbu kari memang tidak pernah mengecewakan. Paduan kuah berbumbu legit dengan labu yang manis ini hmmm lezatnya. (Foto: Shutterstock)

Kari tidak melulu harus menggunakan ayam atau sapi. Kali ini Chef mencoba Thai Pumpkin Curry dengan batang serai. Kuahnya legit dan wangi!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: cabai rawit, cabai hijau, minyak zaitun, bawang bombai, bubuk kari, labu kuning dipotong dadu, santan kental, Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan dengan air, daun bayam, kacang mete matang dan daun ketumbar.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan panci lalu masukkan minyak. Tambahkan bawang bombai cincang dan bubuk kari. Tumis hingga bawang bombai lunak, lalu tambahkan labu dan aduk.
  2. Tambahkan santan dan air larutan kaldu dan didihkan. Tutup dan biarkan mendidih di atas api sedang selama sekitar 10-12 menit hingga labu lunak dan matang.
  3. Masukkan bayam dan masak hingga layu.
  4. Angkat dari kompor dan tambahkan kacang mete dan daun ketumbar, aduk sebentar lalu disajikan.
  5. Sajikan dengan nasi, taburan daun ketumbar cincang dan kacang mete.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.