Resep Bolu Kukus Santan Guava Nikmat dan Lembut - MAHI

Resep Bolu Kukus Santan Guava, Camilan Enak Setelah Tarawih

Simpan ke bagian favorit

Sedang mencari resep bolu kukus mekar lembut? Kolaborasi rasa santan dan guava ini dijamin jadi camilan yang membelai lidah. Yuk, ikuti caranya!

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Maret 7, 2022

Sedang mencari resep bolu kukus anti gagal untuk mengisi perut setelah salat tarawih? Pas banget! Karena kali ini Masak Apa Hari Ini ingin membagikan resep bolu kukus santan yang dibuat dengan kombinasi Buavita Guava. Terdengar istimewa, kan? Tak hanya enak dan lembut di lidah saat disantap langsung, tapi hidangan kue tradisional ini juga cocok banget disajikan bersama teh hangat untuk menemani momen ngumpul bersama teman ataupun keluarga setelah tarawih.

Nah, supaya bolu favorit sepanjang masa ini terasa semakin enak dan istimewa, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum membuat bolu kukus dan pada saat proses pembuatan adonannya. Apa saja ya yang perlu diperhatikan? Yuk, simak tips berikut!

Tips membuat resep bolu kukus mekar dan lembut

Berikut adalah beberapa kiatnya:

  1. Pilihlah telur yang bersuhu ruang. Jika kamu menggunakan stok telur yang sebelumnya disimpan di dalam kulkas, diamkan pada suhu ruang terlebih dahulu.
  2. Siapkan cetakan khusus bolu kukus yang memiliki lubang-lubang pada dinding cetakan. Tujuannya adalah agar uap panas dari dandang bisa menghantarkan panas secara merata ke dalam cetakan sehingga nantinya bolu bisa mengembang maksimal.
  3. Tuangkan adonan bolu secara perlahan ke dalam cetakan hingga penuh. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil akhir bolu kukus yang mekar.
  4. Bungkus tutup dandang atau panci pengukus dengan serbet. Tujuannya adalah untuk mencegah uap panas menetes ke dalam bolu yang menyebabkan volume bolu menjadi turun.

Setelah mengetahui semua tipsnya, ini saatnya kamu mulai menyiapkan bahan-bahan dan alatnya. Tahu nggak? Selain pas untuk disantap sebagai camilan setelah tarawih, resep bolu kukus ini juga bisa buat sebagai salah satu pilihan takjil yang manis. Pastinya bolu ini akan membuat momen buka puasamu semakin menyenangkan. Oh ya, Masak Apa Hari Ini juga punya banyak variasi resep yang bisa kamu ikuti, lho. Jadi, jangan lupa untuk follow dan like akun instagram Masak Apa Hari Ini agar kamu tak ketinggalan resep bulan Ramadan lainnya! Selamat memasak, ya!

Pop up banner meal planner ramadan

Bahan-bahan

  • 2 tetes pewarna hijau muda
  • 2 tetes pewarna merah muda
  • 16 buah cetakan bolu kukus dan paper cup

Adonan bolu kukus

  • 200 g gula pasir berbutir halus/gula kastor
  • 2 butir telur
  • 2 kuning telur
  • ¼ sdt ekstrak vanilla
  • 200 g tepung terigu
  • 1 sdt SP/emulsifier
  • 3 sdm santan instan

Cara membuat

1

Adonan bolu kukus: Kocok gula, telur, dan SP menggunakan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang (±10 menit). Masukkan secara bergantian tepung terigu, Buavita Guava, dan santan sambil diaduk menggunakan mikser kecepatan rendah hingga tercampur rata. Tambahkan ekstrak vanilla, aduk selama beberapa detik hingga rata.

2

Bagi adonan menjadi  dua bagian. Ambil salah satu bagian, bagi menjadi 2 dan beri masing-masing adonan dengan pewarna merah muda dan hijau muda, aduk setiap adonan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Sisihkan. 

3

Panaskan dandang di atas api besar dengan tutup dibungkus menggunakan kain atau serbet. Sisihkan.  

4

Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah dialasi dengan paper cup. Tuang 2 sdm adonan putih. Kemudian tuang 1 sdm adonan hijau muda, kemudian tambahkan 1 sdm adonan merah muda hingga memenuhi cetakan atau paper cup  

5

Masukkan bolu kukus ke dalam dandang, kemudian kukus hingga matang. Angkat. Sajikan.  

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.