6 Masakan dari Ayam Goreng Sisa Wajib Coba I MAHI

6 Masakan dari Ayam Goreng Sisa, Pas Banget Buat Tanggal Tua

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Mei 8, 2022

Sering bikin ayam goreng terlalu banyak dan selalu bersisa? Beberapa inspirasi masakan dari ayam goreng sisa ini mungkin bisa menjadi solusi saat kamu kehabisan ide mengolah ayam goreng yang tak habis dikonsumsi. Kamu bisa menggunakan ayam goreng dari potongan daging ayam ungkep, ayam goreng yang dimarinasi dengan bumbu sederhana, atau ayam goreng tepung dari restoran cepat saji kesukaanmu. Bukan cuma buat kamu yang sedang ingin mengurangi food waste dari rumah, masakan ini juga wajib kamu tiru terutama saat tanggal tua agar uang jajanmu tak cepat habis.

Masakan dari Ayam Goreng Sisa yang Bikin Kamu Jadi Kreatif di Dapur

Tak melulu dihangatkan kembali dalam air fryer atau microwave, hidangan ayam goreng yang masih bersisa bisa kamu ‘sulap’ jadi menu istimewa yang lebih segar. Sesuaikan dengan bumbu yang tersedia agar persediaan bumbu jadi terpakai dan tak perlu belanja lagi.

1. Ayam Kecap

Resep ayam kecap selesai dimasak dan disajikan di atas meja makan.
Ayam kecap, salah satu masakan dari ayam goreng sisa yang paling sederhana tapi tak kalah enak. (Foto: MAHI)

Hidangan sederhana yang disukai hampir semua anggota keluarga. Cukup ditumis dengan bumbu sederhana yang hampir selalu tersedia di rumah seperti bawang putih, bawang bombay, cabai merah, tomat, dan tentu saja Bango Kecap Manis. Kalau ingin lebih komplet dan nggak perlu masak menu sayuran lagi, kamu bisa menambahkan irisan wortel dan buncis ke dalam tumisan bumbu. Jadi deh, lauk sekaligus sayur untuk makan siang!

2. Ayam Goreng Saus Padang

Yang ini cocok banget sisa ayam goreng tepung yang kamu pesan semalam. Ayam goreng tepung dibalut dengan cita rasa saus padang yang pedas, manis, dan gurih. Supaya proses memasak lebih cepat, biasakan untuk mengeluarkan daging ayam dari kulkas berbarengan dengan bumbu mentah sehingga suhu daging ayam tidak dingin lagi. Masak saus padang, kemudian masukkan potongan ayam goreng tepung ke dalamnya dan aduk hingga tersalut rata dengan saus.

3. Ayam Suwir Bumbu Merah

Bisa menggunakan sisa ayam goreng tepung atau ayam goreng yang bumbunya tidak terlalu kuat, misalnya ayam goreng bawang putih, atau ayam goreng ketumbar, yang disuwir terlebih dahulu. Bila suka pedas, tambahkan potongan cabai rawit ke dalam tumisan bumbu, kemudian aduk bersama ayam suwir hingga meresap. Cocok banget disantap bareng nasi putih, nasi kuning, atau nasi uduk.

4. Mie Nyemek Ayam Sayuran 

Nah, yang ini pas banget kalau kamu hanya punya sisa beberapa potong ayam goreng di kulkas. Tumis bersama mi kering, telur, dan sayuran sebagai menu makan malam praktis dan juga istimewa. Jadi nggak terasa makan lauk sisa, kan?

5. Chicken Veggies Wrap

Punya sisa tortilla atau pita bread di rumah? Saatnya bikin sisa ayam goreng jadi menu restoran. Biarkan daging ayam dalam suhu ruang atau panaskan sebentar dalam wajan antilengket tertutup hingga hangat. Suwir-suwir daging ayam. Kemudian gulung dalam roti tortilla bersama keju dan irisan sayuran seperti tomat, mentimun, dan daun selada. Jangan lupa sebelum digulung, beri Hellmann’s Real Mayonnaise dan Jawara Saus Sambal agar lebih mantap.

6. Ayam Geprek Mozzarella

Menyajikan ayam geprek mozzarella di atas cobek.
Tampilan ayam geprek mozzarella saat tersaji sungguh menggiurkan! (Foto: MAHI)

Yang ini pasti bikin kepengen coba di rumah. Siapkan sambal geprek terlebih dahulu dengan tingkat kepedesan sesuai dengan selera kamu. Selain keju mozzarella, kamu juga bisa menggunakan keju cheddar lembaran yang punya sensasi meleleh seperti keju mozzarella. Jangan lupa sajikan dengan tambahan sayuran, ya!

Untuk masakan dari ayam goreng sisa yang dagingnya tidak dimasak bersama kembali bersama bumbu atau saus, biasakan untuk menghangatkan ayam goreng dengan cara dipanggang agar daging ayam tidak kering dan menyerap minyak lebih banyak. Cara paling praktis selain dipanaskan dalam microwave, air fryer, atau oven adalah dipanggang dalam wajan antilengket yang sudah dipanaskan. Tutup wajan agar panasnya cepat merata dan juga lebih cepat menghangatkan daging ayam goreng. Yuk, kreatif di dapur bersama resep masakan dari ayam goreng sisa ini! Tanggal tua jadi berbeda dan tetap bisa makan enak.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.