9 Jenis Panci yang Wajib Diketahui Para Pemula di Dapur

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|November 29, 2018

Seperti yang kita ketahui, ternyata begitu banyak jenis panci yang beredar di pasaran. Ini dikarenakan alat masak yang satu ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bagi kamu yang ingin semakin ahli di dapur, wajib hukumnya untuk mengetahui berbagai macamnya. Selain itu, mungkin inilah saatnya untuk mulai berinvestasi dan menambah jumlahnya di dapur.

1. Saucepan

Kamu pasti sangat familiar dengan yang satu ini. Saucepan seringkali disebut sebagai panci serbaguna yang bisa dipakai untuk memasak mi instan atau digunakan untuk memasak bahan makanan yang jumlahnya sedikit. Di dapur-dapur masakan Barat, saucepan biasa digunakan untuk memasak saus, kondimen ataupun hidangan pelengkap.

2. Roasting pan

Yang satu ini digunakan sebagai wadah memanggang dalam oven. Bahannya terbuat dari cast iron atau besi cor sehingga bebannya cukup berat. Pegangan atau kupingnya harus dibuat dari bahan yang tahan panas sehingga tak meleleh saat dipanggang.

Ayam panggang utuh dimasak dalam panci roast pan
Gunakan roasting pan untuk memanggang daging atau pasta. (Foto: Shutterstock)

3. Frying pan

Wajan berbentuk datar ini tidak hanya digunakan untuk menggoreng dan menumis. Frying pan juga digunakan dalam teknik memasak pan-fried atau memasak dengan hanya menggunakan sedikit minyak. Gunakan jenis yang satu ini untuk memasak salmon, steak, dan berbagai bahan lainnya yang dimasak dengan sedikit minyak.

4. Stock pot

Bervolume banyak dan berukuran tinggi, panci ini tepat digunakan untuk memasak kaldu, sup, atau masakan yang membutuhkan jumlah air yang banyak. Gunakan stock pot untuk membuat masakan sehari-hari seperti semur, bubur, atau sebagai tempat untuk merebus bahan-bahan masakan.

5. Milk pan

Volume milk pan cenderung kecil dengan bibir panci yang dibuat untuk menuang susu yang telah dipanaskan. Milk pan biasanya berbahan aluminum, stainless steel, atau enamel.

Susu panas yang siap dicampur sereal dimasak dalam panci milk pan
Semangkuk oatmeal yang dimasak dengan susu sangat pas dimasak dalam milk pan. (Foto: Shutterstock)

6. Grill pan

Adalah wajan yang digunakan untuk teknik masak grill atau bakar. Kamu bisa mendapat tekstur grill dan sensasi smokey tanpa harus menggunakan alat yang khusus ataupun bara api. Gunakan jenis ini untuk memasak satai, patty burger, ikan bakar, ayam bakar, sayuran, atau aneka olahan daging seperti smoked beef, sosis, dan bakso.

7. Saute pan

Berbeda dengan sauce pan, panci yang satu ini berbentuk datar dan pendek. Sesuai namanya, ia digunakan untuk teknik memasak saute atau tumis. Selain untuk menumis bahan sayuran, saute pan cocok dimasak untuk berbagai masakan yang mudah dimasaknya ataupun tumis-tumisan khas Chinese food bila tidak memiliki wok.

8. Steamer pan

Atau disebut juga panci kukusan. Dandang adalah istilahnya dalam Bahasa Indonesia sejatinya digunakan untuk mematangkan nasi, mengukus masakan pepes atau lauk yang berbungkus daun. Kue-kue tradisional juga cocok dimasak menggunakan ini. Di dapur-dapur Eropa, steamer pan banyak digunakan untuk memasak sayuran ataupun lauk yang dibungkus dalam baking paper atau aluminum foil.

9. Pressure cooker

Pressure cooker atau disebut juga panci presto adalah cara tercepat untuk mengempukkan masakan daging dan membutuhkan waktu lama. Ia menggunakan uap bertekanan tinggi untuk membuat daging lebih cepat empuk. Gunakan yang satu ini untuk memasak daging iga, masakan ayam kampung, serta daging kambing. Contoh masakannya adalah sup iga, soto iga, sup konro, gulai ayam, soto ayam kampung, dan lainnya.

Terakhir, kamu juga perlu mengetahui mengenai perawatannya, khususnya ketika panci berkerak. Setelah mengenal fungsi-fungsi ini, maka tahap selanjutnya adalah mengenal berbagai bahan wajan dan penggunaannya yang tepat. Semoga bermanfaat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.