Ragam Cara Menggoreng Ayam Sesuai dengan Resepnya

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 21, 2018

Dari sejumlah masakan ayam goreng yang paling difavoritkan seperti ayam goreng lengkuas, ayam goreng kremes, atau ayam goreng cabai garam, semua punya rahasia cara menggoreng ayam yang berbeda. Kunci keberhasilannya dimulai dari proses persiapan hingga menggoreng yang punya trik tersendiri. Supaya kamu ahli soal masakan ayam yang digoreng, tips berikut ini dijamin dapat membantu keahlian kamu di dapur.

Ayam goreng yang diungkep

Ungkep daging ayam dengan menggunakan sedikit air atau bahkan tanpa sama sekali karena daging ayam sendiri sudah mengandung banyak air. Menggunakan air terlalu banyak akan membuat rasa gurih daging berkurang. Beri waktu bagi bumbu ungkep untuk meresap setidaknya beberapa jam atau bahkan semalaman dalam kulkas agar lebih mantap.

Jangan terlalu lama memasak daging pada proses mengungkep, apalagi jika kamu menggunakan daging ayam negeri yang akan cenderung lebih cepat matang. Terlalu lama pada proses ungkep akan membuat daging lebih cepat hancur. Ini juga berlaku jika kamu terlalu sering mengaduk daging ayam.

Proses menggoreng dengan durasi dan besar api yang tepat juga menentukan tekstur dan warna yang tepat. Agar tekstur daging ayam tidak keras, hindari menggorengnya terlalu lama. Gunakan api besar untuk membuatnya garing dan berwarna cokelat keemasan. Proses mengungkep sudah membuatnya matang, jadi kamu tak perlu menggorengnya terlalu lama.

cara menggoreng ayam
Sebelum digoreng, biarkan bumbu meresap terlebih dahulu. (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng berbalur tepung

Bumbui daging ayam dengan bumbu perendam. Jika kamu masih pemula, pilih daging ayam yang tak terlalu besar dengan potongan daging sekitar 8-12 potong per ekor. Potongan daging yang lebih kecil akan membantu daging ayam matang lebih cepat. Kesalahan menggoreng ayam goreng tepung biasanya adalah bagian dalam yang belum matang, sementara bagian luarnya sudah berwarna cokelat gelap.

Beda dengan proses menggoreng ayam ungkep yang hanya sebentar saja, cara menggoreng ayam balur tepung yang benar membutuhkan ‘permainan’ api  yang tepat agar matang merata dan lapisan tepung garing. Di tengah proses menggoreng, kecilkan api agar bagian terdalam daging matang sempurna. Setelah daging hampir matang, besarkan api sebentar untuk membuat tekstur kulit dan tepung menjadi renyah.

cara menggoreng ayam
Bersihkan minyak yang kotor karena tepung sebelum menggoreng ayam goreng tepung yang baru. (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng kremes

Yang paling tricky saat menggoreng ayam goreng kremes adalah tepung kremes yang digunakan. Gunakan air es untuk membuat adonan tepung agar hasil kremesan garing. Jika suhu adonan sudah tidak dingin, tambahkan es serut. Hati-hati saat menggoreng kremesan karena minyak panas akan meletup-letup. Untuk semua jenis ayam goreng, pastikan kamu menggunakan minyak banyak atau komposisi minyak yang merendam daging ayam agar daging matang merata.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.