Resep Ayam Kecap Spesial untuk Pemula di Dapur

Simpan ke bagian favorit

Ketika saatnya sedang buru-buru, kita selalu butuh akan adanya resep yang cepat dan mudah. Resep ayam kecap spesial berikut ini bisa jadi penyelamat waktu dan perutmu.

40mnt
2 Porsi
Mudah
Wina|April 20, 2018

Aku sering kesal kalau pulang ke rumah di malam hari dan menemukan kalau orang rumah belum ada yang memasak untuk makan malam hari itu. Dengan tenaga yang ada setelah seharian aktivitas, biasanya aku tetap menyempatkan masak. Seringnya sih hanya yang mudah-mudah saja seperti tumis tempe kecap atau bahkan sosis goreng asam manis. Atau, aku bisa saja mengambil bahan-bahan apa saja yang tersedia di kulkas ataupun di pantry. Tapi kok rasanya hari ini seperti ingin mencoba resep ayam kecap spesial itu ya?

Sebelum menuju ke sana kurang lebih begini cerita sehari-hariku kalau mau memasak.

Sore hari biasanya memang waktu yang tanggung. Lapar tapi malas ngemil, menunggu waktunya makan malam tapi nanti pulangnya malah larut. Apalagi hidup di Jakarta yang berkutat dengan kemacetan dan waktu tempuh pulang ke rumah yang otomatis lebih lama. Biasanya sih aku sempatkan untuk menelepon ke rumah dan menanyakan ada makanan apa saja di rumah. Kalau misalnya sedang tidak masak atau bahan kurang, lebih baik mampir dulu ke supermarket untuk belanja sedikit bahan makanan sebelum pulang.

Sebagai seorang millennial yang ingin belajar banyak hal sekaligus, segala tenaga dan waktu luangku masih bisa kumanfaatkan untuk memasak.

Resep ayam kecap spesial ini istimewa karena menggunakan mentega atau margarin untuk menumis. Setelah ayam digoreng terlebih dahulu, kita buat campuran saus berupa mentega, bawang, cabai, tomat, dan Kecap Manis Bango. Begitu semuanya siap, cukup aduk semua dan tambahkan sedikit air agar tidak cepat gosong. Pastikan semua bumbu bercampur baik dengan ayam gorengnya. Setelah matang dan meresap, tinggal angkat dan sajikan di piring!

Untuk persiapan bulan puasa, resep ini juga tidak akan merepotkan kamu. Mulai saja memasak dari jam 5 sore dan pasti semua sudah beres mendekati waktu adzan Maghrib. Saat waktunya berbuka, nikmati kudapan sebentar dan langsung serbu deh ayam kecap spesial-nya!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk
  • 800 gram ayam, potong 8 bagian, lumuri dengan air jeruk nipis, goreng setengah matang
  • 1 buah bawang Bombay, potong dadu
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah cabai merah, buang bijinya, iris tipis
  • 1 buah tomat, potong bentuk wedges
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 150 ml air

Cara membuat

1

Panaskan margarin di atas wajan. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai hingga harum.

2

Masukkan tomat, Kecap Manis Bango, garam, dan merica. Aduk rata.

3

Masukkan ayam yang telah digoreng dan air. Masak hingga bumbu meresap. Angkat.

4

Sajikan hangat.

Sesuai janjiku, semua langkah dari resep ini mudah, bukan?Semoga aku bisa bagi resep-resep mudah lainnya ya untuk berikutnya.


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/1845/ayam-kecap-spesial

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.