Resep Udang Saus Padang, Jadikan Sebagai Menu Eid - MAHI

Resep Udang Saus Padang, Inspirasi Menu Baru untuk Idul Fitri

Simpan ke bagian favorit

Ingin mencoba alternatif seru dari masakan tradisional Idul Fitri? Coba dulu resep udang saus Padang yang satu ini. Berikut adalah resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 4, 2022

Dari tahun ke tahun, masakan Lebaran yang khas memang selalu ditunggu-tunggu. Dari opor ayam hingga gulai daging, ataupun sayur godog dan juga sambal goreng ati. Nuansa santan dan rasa pedas mewarnai aneka hidangan khas Idul Fitri. Untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang baru, maka resep udang saus padang ini bisa jadi alternatif menarik untuk keluarga!

Asal usul istilah saus padang

Penggemar masakan seafood malam hari yang dijual di warung tenda ataupun restoran pasti sudah tidak asing dengan susunan menunya. Biasanya pilihan proteinnya terdiri dari beberapa jenis ikan seperti baronang, gurame, kerapu, kuwe, dan lain-lain. Kemudian ada pilihan seafood seperti cumi, udang, dan yang paling mewah yaitu kepiting. Semuanya bisa diolah dengan berbagai macam saus, seperti misalnya saus mentega, saus tiram, saus asam manis, dan saus padang. Selanjutnya pilihan kamu adalah memadankan di antara sekian banyak pilihan tersebut dengan kerang dara rebus serta tumisan kangkung. Nikmat benar rasanya!

Untuk penggemar rasa yang cenderung lebih pedas, pilihan resep udang saus padang adalah yang paling tepat. Menariknya, “saus padang” aslinya justru tidak berasal dari Sumatra Barat. Ini dikarenakan dalam masakan Minang tidak mengenal yang namanya saus. Kemudian, ada saus tiram dan saus sambal yang menjadi bahan dalam “saus padang” ini. Seperti yang mungkin kamu ketahui, masakan Minang tidak mengenal penggunaan kedua bahan tersebut dalam masakannya. Maka, mengapa dinamakan demikian? Sesimpel karena di masanya dulu tidak ada saus untuk masakan seafood dengan rasa pedas. Maka istilah “Padang” digunakan sebagai simbolisasi rasa pedas tersebut.

Racikan resep udang saus padang a la Masak Apa Hari Ini

Bagaimana dengan resep udang saus padang dari Masak Apa Hari Ini? Sangat mudah untuk dibuat! Tumis dahulu bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai merah. Tambahkan potongan tomat dan air. Lanjutkan dengan membumbui saus dengan garam, merica, Royco Saus Tiram, dan Jawara Saus Sambal Hot. Masak bersama udang dan tambahkan jamur serta daun bawang. Sajikan hangat saat semua bahan telah matang.

Sekarang bayangkan bila resep udang saus padang ini disajikan bersama hidangan tradisional Lebaran lainnya. Semakin bervariasi dan seru untuk dijelajahi, dong! Buat kamu yang penasaran, jangan berlama-lama, segera siapkan sebagai masakan untuk Hari Raya, ya!

Bahan-bahan

saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
Royco Saus Tiram 275 ml
Yang diperlukan:
Royco Saus Tiram
  • 700 g udang berukuran besar
  • 200 g jamur enoki, siangi
  • 50 g bawang bombay, iris
  • 1 batang daun bawang, potong serong
  • 1 buah tomat, cincang
  • 200 ml air
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • ½ sdt gula pasir
  • minyak, untuk menumis dan menggoreng

Bumbu halus

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 cm jahe

Cara membuat

resep udang saus padang bersih
1

Belah tidak putus punggung udang menggunakan gunting dapur, keluarkan kotorannya. Cuci bersih. Sisihkan.

resep udang saus padang goreng
2

Panaskan minyak, goreng udang selama 15-30 detik. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

resep udang saus padang tomat
3

Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus dan tomat hingga harum. Tuang air, masak hingga tomat hancur.

resep udang saus padang sambal
4

Masukkan garam, merica, gula pasir, Royco Saus Tiram, dan Jawara Saus Sambal Hot, aduk rata.

resep udang saus padang daun bawang
5

Masukkan udang, aduk sebentar. Tambahkan jamur dan daun bawang, aduk hingga semua bahan matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.