5 Olahan Tempe Irit Minyak untuk Kamu yang Diet Gorengan - MAHI

5 Olahan Tempe Irit Minyak untuk Kamu yang Sedang Diet Gorengan

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|September 1, 2022

Makanan sehari-hari yang biasa ditemukan di Indonesia memang hampir tidak pernah jauh dari urusan goreng menggoreng. Tempe, misalnya, adalah makanan yang seringnya tersaji dalam keadaan digoreng. Padahal konsumsi makanan berminyak yang berlebih akan mendatangkan hal yang kurang baik bagi kesehatan. Maka, kehadiran resep olahan tempe yang beragam di rumah bakal membantu kamu untuk menciptakan banyak alternatif menu yang akan menghiasi ragam makanan di atas meja makan.

So, untuk kamu yang mencari aneka olahan tempe untuk lauk yang irit minyak dan nggak serba digoreng, berikut adalah beberapa ide yang wajib dicoba!

1. Resep Nasi Bakar Tempe Teri

Cukup dengan 2 sendok makan minyak goreng saja kamu bisa membuat nasi bakar tempe teri yang wangi dan bawaannya bikin kepinging tambah terus. Minyak dalam jumlah sedikit ini hanya akan dipakai untuk menumis petai, tempe, dan ikan teri. Wah, terbayang lezatnya, deh, saat nanti bercampur dengan nasi bakar! Apalagi akan semakin wangi dengan kehadiran kemangi dan tentunya rasa pedas dari cabai rawit!

Jangan penasaran doang, guys! Ayo, coba bikin resep nasi bakar yang satu ini!

2. Resep Olahan Tempe Kecap Bakar Mentega

Pernah coba nikmatnya makan tempe bakar dengan bumbu kecap mentega? Wah, kalau belum, berarti waktunya sajikan yang satu ini untuk keluarga tercinta di rumah! Bayangkan paduan bumbu halus wangi dan lezat dari bawang putih, bawang merah, cabai, serta ketumbar yang ditumis bersama Bango Kecap Manis. Lalu bumbu tersebut dilumuri pada potongan tempe yang dipanggang. Sajikan olahan tempe sederhana ini dengan nasi hangat saja sudah berjuta rasanya!

Kalau mau tahu cara buatnya, coba resep tempe bakar ini, ya!

3. Resep Tumis Kikil Tempe Pedas

Tahukah kamu kalau kikil yang biasa ditemui di resep mie kocok ataupun sop kaki sebetulnya cocok disandingkan dengan tempe? Selain rasanya yang lezat, teksturnya juga tak kalah menarik. Bayangkan kikil yang kenyal dinikmati dengan tempe yang lembut. Hidangan ini bakal jadi pelengkap yang menarik di atas meja makan. Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan minyak banyak untuk mengolahnya!

Cek resep tumis kikil tempe ini untuk membuatnya!

4. Resep Opor Tahu Tempe

Menu tradisional yang sering jadi andalan saat hari raya ini tak harus melulu menggunakan ayam. Olahan tempe rumahan dan tahu adalah perpaduan yang selalu ideal dan harganya lebih terjangkau. Agar mudah untuk mengolahnya menjadi hidangan sehari-hari, kamu bisa menggunakan Bango Bumbu Opor Ayam Khas Cepu yang praktis. Rasanya gurih, pedas, dan bikin nagih. Kalau khawatir soal santannya, kamu bisa menggantikannya dengan paduan susu cair rendah lemak.

Inilah resep opor tahu tempe praktis dan lezat wajib coba!

5. Resep Terong Bakar Saus Tempe

Kalau dari tadi yang dibahas adalah mengenai tempe sebagai bintang utamanya, maka apa kabarnya kalau tempe dicoba sebagai pemeran pembantu? Jawabannya adalah resep terong bakar dengan topping berupa saus tempe. Cara membuat saus tempenya begitu mudah karena hanya perlu menumis potongan dadu tempe dengan bawang bombay, Bango Kecap Manis, dan Royco Kaldu Ayam. Tumpangkan di atas terong ungu yang sudah dibakar dan buktikan betapa memikatnya masakan yang satu ini!

Yuk, coba buat resep terong bakar saus tempe hari ini!

Bagaimana dengan resep-resep tempe irit minyak tadi? Selain kamu bisa berhemat dari banyaknya minyak yang terpakai karena keseringan membuat resep goreng-gorengan, kamu juga bisa lebih mengontrol asupan minyak dengan resep-resep yang lebih sehat. Resep tumisan, panggangan, rebusan, dan lainnya ini lebih berfaedah untuk kesehatan dalam jangka panjang dibandingkan deep frying. Selamat mencoba lima masakan tempe enak ini, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.