Jenis Masakan


7 Menu Sahur Praktis untuk Minggu Pertama Puasamu

Simpan ke bagian favorit

Wina|April 25, 2019

Ketika bulan Ramadan tiba, selalu saja kita-kita yang hobinya masak ini mencari berbagai menu sahur praktis nan lezat. Maklum, memasak di pagi buta bukanlah hal mudah bagi banyak orang dan mencari ide segar setiap hari tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri. Maka dari itu, aku ingin berbagi 7 resep mudah yang dapat kamu gunakan untuk sahur sepanjang minggu pertamamu di bulan puasa.

Menu Sahur Praktis Hari Pertama: Tumis Cabai Brokoli

Tumis Cabai Brokoli nikmat tersaji hangat.
Inilah menu sahur praktis, Tumis Cabai Brokoli! (Foto: MAHI)

Resep tumisan adalah sahabat bagi para pemula dan juga yang sudah hobi di dapur. Terlebih tentunya saat sahur, kamu ingin memasak sesuatu yang cepat dan juga mengundang selera. Maka Tumis Cabai Brokoli adalah jawaban yang tepat, bergizi, dan nikmat dipadankan dengan nasi hangat. Masakan tumisan yang sedikit basah biasanya akan membantu juga proses pencernaan. Maklum, bangun sangat pagi dan mencerna makanan kering biasanya akan terasa seret di mulut.

Simak resep lengkap Tumis Cabai Brokoli.

Hari Kedua: Nasi Goreng Sarden Pedas

Nasi goreng sarden pedas siap dinikmati.
Rasa rumahan yang enak dapat kamu temukan di resep nasi goreng sarden pedas ini! (Foto: MAHI)

Nasi goreng selalu jadi ide bagus untuk sahur, meskipun tidak selalu disarankan karena masih banyak pilihan lain yang lebih ringan dan sehat untuk pencernaan. Tapi selera makan tidak bisa pilih-pilih di pagi buta terkadang, dan pilihan makanan rumahan seperti malah justru yang membuat air liur terbit. Untuk sahur, aku sarankan untuk mengurangi saja kadar cabainya agar tidak terlalu pedas. Setuju?

Simak resep lengkap Nasi Goreng Sarden Pedas.

Hari Ketiga: Bubur Ayam Gaya Korea

Untuk yang satu ini, kamu perlu mempersiapkan dahulu masakannya sejak semalam sebelumnya. Sehingga saat sahur tiba, kamu hanya perlu menghangatkannya sejenak dan menumis daging bumbu bulgogi sebagai pendampingnya. Kehangatan bubur ayam yang mudah dicerna tentu akan membantumu melalui fase sahur yang butuh motivasi untuk membangkitkan semangat makan,

Simak resep lengkap Bubur Ayam Gaya Korea.

Hari Keempat: Sosis Goreng Asam Manis

resep sosis goreng asam manis
Resep Sosis Asam Manis merupakan cara praktis untuk mengolah bahan jadi dengan sayuran segar. (Foto: MAHI)

Sosis goreng sepertinya selalu jadi pilihan tepat untuk kapan saja. Saat membutuhkan camilan hingga makan besar dari pagi hingga malam. Tentunya di bulan puasa juga tepat, baik untuk sahur maupun saat berbuka puasa. Makanan yang sudah kita gemari sejak kecil ini layak untuk dimasak sebagai pembangkit semangat saat makan sahur di bulan puasa kali ini.

Simak resep lengkap Sosis Goreng Asam Manis.

Hari Kelima: Tumis Kentang Daging Cincang

Tumis Kentang Daging Cincang nikmat tersaji.
Siapkan Tumis Kentang Daging Cincang sebagai sajian spesial hari ini. (Foto: MAHI)

Kembali resep tumisan mewarnai daftar menu sahur praktis kali ini. Setelah Tumis Cabai Brokoli tadi, beberapa hari kemudian kamu perlu mencoba resep paduan kentang dan daging cincang. Paduan karbohidrat dan protein ini akan membantumu untuk kenyang dan berbekal dipadukan dengan nasi hangat. Ingin lebih lengkap, tambah lagi dengan menu lainnya ya.

Simak resep lengkap Tumis Kentang Daging Cincang.

Hari Keenam: Ketupat Sayur Betawi

Ketupat Sayur Betawi tersaji hangat.
Ketupat Sayur Betawi, cocok untuk sarapan dan juga sahur. (Foto: MAHI)

Nah, yang satu ini adalah yang teristimewa di daftar ini. Masakan yang selalu kita nikmati di waktu sarapan ini tentunya cocok juga tersaji saat sahur. Adalah ide yang bagus untuk menyediakan menu-menu sarapan yang kita kenal sebagai menu sahur dan Ketupat Sayur Betawi yang berkuah, hangat, serta bernutrisi ini cocok untuk membantumu melalui hari panjang berpuasa.

Simak resep lengkap Ketupat Sayur Betawi.

Hari Ketujuh: Oseng Daging Kentang Masak Kecap

Oseng daging kentang cepat dan mudah dimasaknya.
Oseng Daging Kentang yang tepat untuk segala suasana! (Foto: MAHI)

Kembali menu yang sangat familiar dan mudah untuk dimasak mewarnai daftar menu sahur praktis tahun ini. Selain cepat untuk dimasak, oseng-oseng berisi daging dan kentang serta diberi imbuhan kecap ini sangat akrab di lidah dan mudah untuk dipadukan dengan berbagi menu lainnya. Intinya, jangan lupa menyediakan nasi hangat sebagai pendamping setianya.

Simak resep lengkap Oseng Daging Kentang Masak Kecap.

Setelah ini, kamu bisa selalu memasak ulang resep-resep tersebut ataupun kamu bisa mencari inspirasi dari bagian resep di Masak Apa Hari Ini. Pastikan hari-hari di bulan Ramadan selalu terpenuhi dengan masakan enak, sehat, berenergi dan dapat membantu produktivitasmu dalam ibadah maupun kegiatan sehari-hari!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.