6 Ide Menu Makanan Sehat untuk Menjaga Kebugaranmu

Maddie|Agustus 11, 2018

Satu negara yang selalu selalu diperhitungkan ketika perhelatan akbar olahraga dunia berlangsung adalah Amerika Serikat. Negara ini hampir selalu menguasai berbagai bidang olahraga yang dipertandingkan. Ini yang menyebabkan kita bertanya-tanya, apa sih menu makanan sehat yang biasa dikonsumsi para atletnya? Berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa kamu buat untuk sarapan hingga makan malam.

Makan Pagi

1. Roti Bakar Selai Alpukat dan Telur

menu makanan sehat
Alpukat bisa digunakan sebagai pengganti mentega. (Foto: Shutterstock)

Menu makanan sehat pertama adalah satu yang tengah naik daun dan cocok dinikmati untuk sarapan maupun makan siang. Inilah memang waktu-waktu dimana kita membutuhkan banyak energi. Resep roti bakar alpukat kali ini begitu mudah dan hanya menggunakan telur goreng saja sebagai pendampingnya.

Bahan-bahan: alpukat matang, air jeruk limau, ketumbar, tomat, roti gandum, telur, garam, merica, dan minyak zaitun.

Cara membuatnya:

  1. Tumbuk buah alpukat yang telah dibuang bijinya bersama perasan buah limau, ketumbar, dan garam secukupnya.
  2. Panaskan minyak dan wajan di atas api sedang. Goreng telur yang dibumbui garam dan merica selama kurang lebih tiga menit tanpa dibalik.
  3. Siapkan roti gandum yang telah dipanggang. Oleskan mentega alpukat dan tutup dengan irisan tomat serta telur. Sajikan.

2. Oatmeal dengan flax seed, chia seed, dan kismis

Wah, kurang sehat apa lagi terdengarnya bahan-bahan untuk sarapan yang satu ini? Penasaran dengan segala tren-nya? Ayo segera kita buat saja!

Bahan-bahan: oat segera, kuaci, flaxseed, chia seed, kismis, susu, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Rendam oat segera dengan air secukupnya. Tambahkan garam sedikit bila ingin. Masak hingga oat matang.
  2. Tambahkan kuaci, flax seed, chia seed, dan kismis. Biarkan beberapa menit.
  3. Tambahkan susu secukupnya dan aduk rata. Sajikan dengan kondimen apapun kesukaanmu.

Makan Siang

1. Soba dengan Tumisan Sayur

Mie soba yang tenar asal Jepang ini terbuat dari gandum kuda – salah satu jenis di antara keluarga gandum yang sehat namun tetap memiliki kandungan karbohidrat yang mencukupi sebagai sumber energi. Padankan dengan tumisan sayur dan lengkap sudah menu makan siang yang sehat untuk lanjutkan harimu.

Bahan-bahan: bawang putih, bawang bombay, selai kacang, kecap asin, air, madu, lemon, garam, lada hitam, minyak sayur, paprika merah, paprika kuning, brokoli, buncis, wortel, dan mie soba.

Cara memasak:

  1. Sesuai selera, aduk rata campuran bawang putih, selai kacang, air, madu, air perasan lemon, garam, serta lada hitam.
  2. Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Tumis bawang bombay, wortel, brokoli, paprika, dan buncis hingga menjelang matang.
  3. Setelahnya tambahkan mie soba yang telah direbus dan campurkan saus adonan tadi. Masak hingga matang dan sajikan.

2. Miso Ramen dengan Jamur Shiitake

menu makanan sehat
Jangan ragu menikmati makanan kesukaan sebagai makan siang. (Foto: Shutterstock)

Meskipun bahan mie untuk ramen tidak sesehat soba, namun boleh kok makan siang berenergi dengan resep yang satu ini. Hanya saja hindari terlalu banyak makan dan imbangi dengan berbagai bahan bernutrisi lainnya.

Bahan-bahan: kaldu ayam, jahe, cabai merah, bawang putih, pasta miso, ramen siap masak, minyak sayur, jamur shiitake, bawang daun, pak choy, soy sauce dan minyak wijen.

Untuk menu ini kamu membutuhkan 4 langkah saja:

  1. Panaskan air yang dicampur dengan kaldu ayam dan tambahkan irisan jahe, cabai dan bawang putih. Didihkan perlahan selama 10 menit. Buang jahe, cabai dan bawang putih. Masukkan miso dan aduk hingga larut.
  2. Di panci terpisah, masak ramen hingga matang lalu tiriskan dan bilas dengan air dingin.
  3. Panaskan minyak sayur dalam panci dan tumis cabai, jamur, bawang putih, bawang merah, irisan jahe dan pak choy selama 3 menit. Tambahkan soy sauce dan minyak wijen, dan masak sebentar.
  4. Langkah keempat, susun tumisan sayur dan mie di dalam mangkuk. Lalu tuang kaldu mendidih dan taburi dengan daun bawang hijau. Tambah dengan suwiran daging atau telur sesuai dengan selera kamu.

Makan Malam

1. Steak Salad

menu makanan sehat
Dengan diimbangi sayuran, tentu tidak bersalah menikmati sirloin yang dipanggang sedap ini. (Foto: Shutterstock)

Inilah menu makanan sehat sebagai penutup hari yang sangat menyenangkan. Begitu banyak kombinasi yang bisa kamu buat dengan sayuran ataupun sausnya. Selebihnya cukup memilih daging sapi yang berkualitas namun datang dari bagian yang tidak harus terlalu mahal seperti sirloin contohnya.

Bahan-bahan: daging sapi bagian sirloin, selada Romaine, bawang bombay merah, arugula, tomat cherry, garam, merica.

Bahan saus: ketumbar, cabai hijau atau cabai jalapeno, jeruk limau, yogurt, bawang putih, garam, merica, dan minyak zaitun.

Cara membuatnya:

  1. Panggang daging sirloin hingga ke level medium dan istirahatkan. Potong hanya ketika salad sudah siap.
  2. Dalam mangkuk; aduk rata semua bahan saus terkecuali minyak zaitun. Blender hingga halus kemudian baru tambahkan minyak zaitun.
  3. Siapkan semua bahan salad dalam piring terlebih dahulu dan pasangkan dengan sirloin yang telah dipotong menyerong. Terakhir tuangkan saus secukupnya. Sajikan.

2. Salmon dan Pak Choy

Inilah dua bahan yang orang Indonesia sudah sangat kenal baik dan mudah didapat. Kombinasi keduanya dijamin menarik untuk dicoba sebagai menu makanan sehat di malam hari.

Bahan-bahan: ikan salmon, pak choy, kecap asin, madu, jahe, minyak wijen, bubuk bawang putih, dan daun bawang.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan oven toaster.
  2. Aduk rata kecap asin, madu, jahe yang telah diserut, minyak wijen, dan bubuk bawang putih dalam mangkuk.
  3. Siapkan papan panggangan dan tutupi permukaannya dengan pak choy. Letakkan ikan salmon di atas daun pak choy. Pastikan agar bagian kulit mengarah ke bawah.
  4. Tuangkan seluruh saus secara merata ke seluruh bagian salmon dan tangkai dari pak choy.
  5. Panggang selama lima menit terlebih dahulu dan kemudian balikkan pak choy agar tidak gosong. Panggang lagi selama beberapa waktu ke depan hingga matang ikannya secara keseluruhan. Sajikan dengan taburan daun bawang.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.