3 Makanan Khas Sunda yang Bikin Kangen - MAHI

3 Makanan Khas Sunda yang Bikin Kangen Liburan

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Maret 20, 2021

Tak hanya kaya akan keindahan hayati dan budaya, Indonesia juga terkenal akan kulinernya yang beraneka ragam, salah satu contohnya adalah daerah Jawa Barat. Daerah yang lebih akrab disapa dengan Tanah Sunda ini menyimpan banyak makanan khas Sunda yang digandrungi turis, baik lokal maupun mancanegara.

Layaknya Jawa Timur, Sumatera, dan Betawi, makanan khas Sunda juga memiliki cita rasa otentik yang menjadi ciri khas utamanya. Kuliner Sunda terkenal akan kesegaran bahan yang digunakan dalam hidangan, misalnya saja lalapan, sambal, dan menu seperti karedok yang memadukan berbagai macam sayuran mentah. Cita rasa Sunda pun berbeda dengan daerah seperti Sumatera yang sarat akan santan. Biasanya, makanan khas Sunda menampilkan rasa ringan, sederhana, serta tidak muluk-muluk.

Uniknya lagi, makanan khas Sunda memiliki istilah-istilah lucu untuk menamai kulinernya. Misalnya saja cireng yang berarti aci digoreng dan cilok yang berasal dari aci dicolok. Pantas saja jika popularitasnya merambah sampai di luar Tanah Sunda!

Kali ini, Tim MAHI kembali dengan segudang resep makanan khas Sunda yang bakal bikin kita kangen untuk bertamasya ke sana. Yuk, sajikan sebagai menu makan bersama keluarga untuk akhir pekan ini!

1. Mie kocok a la Bandung, cocok dinikmati saat hari hujan

Kangen bertandang ke kota Bandung? Yuk, lepas kangenmu dengan menikmati cita rasa mie kocok yang memadukan kaldu yang kaya dan gurih, sayuran yang renyah, dan mie empuk nan lembut di lidah. Biasanya, mie kocok terasa paling nikmat jika disantap saat Bandung sedang dingin-dinginnya. Namun kita juga bisa menyajikan makanan khas Sunda yang satu ini saat hari mendung maupun hujan.

Agar tubuh makin hangat, sajikan mie kocok dengan segelas wedang uwuh yang menghangatkan tubuh. Sudah tak sabar mencicipi cita rasa khas Bandung yang satu ini? Yuk, simak resep mie kocok di sini!

2. Karedok, makanan khas Sunda yang lezat dan sehat

Rasanya sudah tak asing lagi dengan makanan khas Sunda yang satu ini. Tersaji segar dengan siraman saus kacang renyah, karedok adalah hidangan segar dan sehat yang konon sering disamakan dengan saudaranya yaitu lotek dan gado-gado. Namun keunikan karedok terdapat pada sayurannya yang tidak direbus terlebih dahulu. Sehingga dimensi rasa dan teksturnya tetap terjaga.

Jika kita sedang menjalankan diet atau sedang menjalani gaya hidup sehat, karedok bisa menjadi jawaban untuk kebingunganmu!

Yuk, cek resep karedok di sini!

3. Liwetan khas Sunda, spesial dan cocok untuk hidangan keluarga

Liwetan khas sunda tersaji di dalam kastrol.
Makanan khas Sunda salah satunya adalah liwetan. (Foto: Shutterstock)

Harum dan kaya akan rempah, liwetan merupakan salah satu menu Tataran Sunda yang paling terkenal. Popularitasnya merambah kemana-mana, bahkan sampai ke Jawa Timur, Jakarta, dan luar pulau. Pada hakikatnya, terdapat dua jenis nasi liwet yang terkenal di Indonesia, yaitu yang berasal dari Solo dan Sunda. Perbedaan liwetan khas Sunda terletak pada penggunaan santan. Nasi liwet khas Sunda identik dengan rasanya yang ringan dan rempah-rempah yang kaya, misalnya saja serai, bawang merah, daun salam, dan cabai.

Biasanya, liwetan disajikan saat ada perayaan spesial, baik itu pernikahan, ulang tahun, maupun jamuan lainnya. Namun kita juga bisa menyajikan makanan khas Sunda yang satu ini untuk menyambut akhir minggu bersama keluarga dengan lebih ceria.

Penasaran cara membuatnya? Simak langsung resep liwetan khas Sunda di sini!

Tataran Sunda tak dipungkiri telah membuat banyak orang jatuh cinta. Cita rasa makanannya yang unik, orang-orang yang ramah, serta bentangan alam yang menakjubkan membuat kita kian kangen dan ingin kembali menelusuri sudut-sudut kotanya. Untuk memuaskan rasa rindu di dada, sajikan makanan khas Sunda di rumah sebagai makan siang. Tentunya dijamin membuat sekeluarga senang dan kenyang akan kenikmatannya.

Jangan lupa terus ikuti MAHI untuk resep-resep Nusantara lainnya yang tak kalah spesial, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.