4 Resep Ayam Terkenal dari Negeri Sendiri

Tim MAHI|Juli 29, 2018

Ayam. Satu protein andalan rakyat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, ayam dapat dengan mudah diolah dengan cara apapun. Termasuk di antaranya melalui 4 resep ayam terkenal dari negeri sendiri berikut ini. Yuk, kita coba bersama!

1. Ayam Bakar Kecap Bango

Inilah resep ayam terkenal yang wajib dikuasai siapapun. Selain ayam goreng, tentu pilihan utama lainnya adalah ayam bakar. Cocok untuk siang ataupun malam, ayam bakar tepat bila disajikan dengan nasi uduk serta lalapan dan sambal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: ayam, jeruk nipis, serai, daun jeruk, Bango Kecap Manis, air asam jawa, garam, gula pasir, lada putih bubuk, air, dan minyak sayur.

Bumbu halus: bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, jahe, lengkuas, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan serai hingga harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan Bango Kecap Manis, lada putih bubuk, gula pasir, air dan asam jawa. Aduk merata, masak hingga matang dan bumbu meresap.
  4. Bakar ayam sambil sesekali dibalik dan diolesi bumbu hingga harum. Angkat dan hidangkan.

2. Ayam Bakar Bumbu Rujak

Keunikan rasa dari ayam bakar bumbu rujak memberikan kesan tersendiri bagi para penggemarnya. Berbeda dengan ayam bakar biasanya, terdapat beberapa hal yang menarik untuk dipelajari dalam membuatnya. Misalnya seperti mengolah santan, berbagai bumbu, hingga membakar ayamnya. Hasilnya, jelas enak!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: ayam, cabai merah, daun jeruk, santan, air asam jawa, terasi, Royco Kaldu Ayam, gula merah, gula pasir, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Bumbui ayam dengan sedikit garam, lalu panggang hingga setengah matang.
  2. Rebus ayam dan semua bahan lain — termasuk bumbu halus yang sudah dibumbui Royco Kaldu Ayam — di atas api kecil hingga ayam lunak dan bumbu agak mengering.
  3. Panggang ayam beserta bumbunya hingga matang.
  4. Sajikan ayam yang sudah matang, siram dengan bumbu yang tersisa.

3. Ayam Goreng Kremes

Cocok untuk segala suasana, resep ayam terkena yang satu ini memang bikin nagih. Belum lagi kalau ditambah dengan sambal dan lalapan. Wah, pasti ludes tak tersisa! Inilah rahasia resep ayam kremes yang dijamin bakal membuat keluargamu senang menyantapnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: ayam, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, air, dan minyak sayur.

Bumbu halus: bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, gula, ketumbar bubuk, lada bubuk, dan Royco Kaldu Ayam.

Bahan kremesan: air sisa rebusan ayam, kuning telur, tepung sagu, tepung beras, dan baking powder.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan menggunakan cobek ataupun food processor.
  2. Didihkan air di panci. Masukkan bahan-bahan dan bumbu halus. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap. Kemudian, angkat dan tiriskan ayam. Sisihkan air sisa rebusan ayam.
  3. Panaskan minyak di wajan menggunakan api sedang. Lalu, masukkan ayam yang sudah direbus ke dalamnya. Goreng hingga berwarna kecokelatan di kedua sisi. Kemudian, angkat dan tiriskan ayam.
  4. Siapkan mangkuk sedang, lalu masukkan tepung sagu, tepung beras, kuning telur, baking powder dan sisa air rebusan ayam. Lalu, aduk menggunakan sendok hingga tercampur rata.
  5. Panaskan minyak di wajan di atas api sedang. Tunggu hingga benar-benar panas, lalu tuangkan adonan tepung kremes dengan menggunakan tangan/sendok. Goreng hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan ayam yang telah digoreng dan taburi dengan kremesan.

4. Ayam Geprek Lada Hitam

Resep ayam terkenal berikutnya tiada lain adalah ayam geprek, dan kali ini ada varian dengan saus lada hitam dari MAHI. Ayam geprek memang tersaji unik karena dagingnya diremukkan serta disiram dengan berbagai varian sambal. Resep ayam terkenal ini mudah ditemukan di berbagai restoran atau bahkan dibuat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: ayam, bawang putih bubuk, lada bubuk, cabai bubuk, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.

Bumbu tepung ayam cair: tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, kuning telur, baking soda, baking powder, Royco Kaldu Ayam, lada putih bubuk, dan air dingin.

Bumbu tepung ayam kering: tepung terigu, tepung maizena, baking soda, Royco Kaldu Ayam, dan bawang putih bubuk.

Bahan pelengkap: lada hitam, saus tiram, bawang bombay, bawang putih, Bango Kecap Manis, dan air matang.

Cara membuatnya:

  1. Tepung Ayam Cair: Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, soda kue, baking powder, merica, Royco Kaldu Ayam, lalu aduk rata. Masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Simpan dalam kulkas selama 10 menit.
  2. Tepung Ayam Kering: Campur semua bahan tepung ayam kering ke dalam mangkuk dan aduk rata, lalu sisihkan.
  3. Untuk pilihan lebih sehat, pilih dada ayam dan buang kulitnya. Bumbui potongan ayam dengan lada hitam, Royco Kaldu Ayam, bawang putih bubuk dan cabai bubuk. Aduk rata dan diamkan sekitar 15 menit agar bumbu meresap.
  4. Lumuri potongan ayam ke dalam wadah yang berisi tepung ayam kering hingga merata ke seluruh bagian. Setelah itu, masukkan ayam ke dalam adonan tepung ayam cair, lalu gulingkan ayam kembali ke dalam tepung ayam kering sambil sesekali diremas-remas. Lakukan dua kali kalau ingin dapat ayam yang ekstra renyah. Lakukan cara ini hingga ayam habis.
  5. Panaskan minyak di wajan, lalu  goreng ayam di dalam wajan di atas api sedang. Masak hingga ayam berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat, tiriskan.
  6. Geprek ayam yang sudah ditiriskan di atas talenan atau cobek, lalu hidangkan di atas piring. Siram ayam dengan saus lada hitam dan Ayam Geprek Lada Hitam pun siap untuk disajikan!
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.