Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak dari Chef Panji yang Perlu Kamu Coba

Simpan ke bagian favorit

Untuk pertama kalinya, aku Chef Panji akan berbagi resep ayam bakar bumbu rujak untuk variasi menu yang bisa jadi pelengkap buka puasamu nanti.

1jam 15mnt
4 Porsi
Level chef panji
Chef Panji|April 20, 2018

Guys, resep ayam bakar bumbu rujak ini menarik untuk kalian coba karena beberapa alasan. Pertama, selain rasa dan teknik masaknya berbeda dari ayam bakar biasanya, resep yang satu ini membutuhkan lebih banyak kesabaran, terutama saat memasak santannya.

Kedua, bumbu rujak — banyak orang langsung mengasosiasikannya dengan bumbu rujak buah. Padahal sebetulnya sama sekali berbeda dengan bumbu yang kita pakai untuk resep ayam bakar bumbu rujak disini. Atau, bahkan beda juga dengan yang orang Malaysia dan Singapura sebut sebagai rojak.

Hanya karena namanya mirip, bukan berarti mereka sama. Rujak yang kumaksud di sini tidak menggunakan kacang sebagai bumbu dasar. Meski ada beberapa bahan yang sama, misalnya asam jawa atau cabai, kali ini yang akan kita tambahkan adalah santan. Inilah penentu kenikmatan dari masakan yang akan kita masak bareng kali ini!

Satu lagi penentu keberhasilanmu dalam membuat resep ini ada pada proses bakar, yang akan menghasilkan rasa smokey dan meninggalkan char mark alias bekas panggangan. Buat para profesional yang bergelut di dunia kuliner seperti kami, ini yang menjadikan makanan terlihat lebih menggugah selera. Tingkat kepuasan saat menghasilkan char mark ini mirip seperti yang dirasakan seorang barista sewaktu menciptakan latte art. Apakah perlu? Tidak juga sih, tapi keberadaannya seperti penanda seberapa baik kita sudah mengolah bahan tersebut.

Proses masaknya sendiri terdiri dari beberapa tahap. Pertama, bakar ayam tapi tidak perlu hingga matang. Lalu, siapkan bumbu halus yang dimatangkan terlebih dahulu dan masak ayam bersamanya. Di tahap ini yang perlu kamu lakukan adalah mengaduk wajan secara konstan supaya bagian bawahnya tidak gosong. Saat melakukan ini, jangan coba-coba melirik layar mobile phone ya, apalagi membalas DM Instagram dengan sebelah tangan! Bisa aja, kan, kamu malah tidak sengaja mengaduk bumbu di wajan dengan HP yang melekat di tangan.

Perhatikan juga saat memasukkan gula merah yang telah diiris tipis-tipis dan diikuti dengan santan. Gula merah ini akan terkaramelisasi dan bumbu akan menjadi agak lebih lengket di bagian bawah wajan. Jangan panik! Terus aduk supaya tidak lengket, apalagi gosong. Jangan remehkan langkah ini, guys, karena juga bisa berfungsi sebagai latihan pembentukan otot lenganmu tanpa perlu repot-repot pergi ke gym.

Setelah bumbu mulai surut dan ayam telah matang, segera sisihkan ayam dan kembali panaskan panggangan. Sekarang kamu perlu membakar ayam supaya memperoleh char mark dan rasa panggangan baru yang segar. Begitu selesai, siramkan sisa bumbu ke atas ayam dan, voila! Ayam Bakar Bumbu Rujak pertamamu siap untuk disajikan.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 1 ekor ayam utuh, potong 4 atau 8
  • 150 gram cabai merah
  • 4 lembar daun jeruk purut segar
  • 500 ml santan kelapa
  • 2 sdm air asam jawa
  • ½ sdt terasi udang
  • 1 bungkus (9 g) Royco Kaldu Ayam
  • 1 sdt gula merah, sisir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat

1

Bumbui ayam dengan sedikit garam, lalu panggang hingga setengah matang.

 

2

Rebus ayam dan semua bahan lain — termasuk bumbu halus yang sudah dibumbui Royco Kaldu Ayam — di atas api kecil hingga ayam lunak dan bumbu agak mengering.

3

Panggang ayam beserta bumbunya hingga matang.

4

Sajikan ayam yang sudah matang, siram dengan bumbu yang tersisa.

Practice makes perfect. Jadi, jangan berhenti mencoba sebuah resep berkali-kali, karena tiap kali kamu melakukannya, kamu akan bertambah baik (dan mungkin juga bertambah berat badan karena sering mencicipinya). Intinya, menu ayam bakar bumbu rujak ini cocok untuk makan siang dan makan malam.

Suka dengan resep yang satu ini? Share artikelnya dan tinggalkan komentarmu kalau ingin melihat lebih banyak resep kreasiku!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/ayam-bakar-bumbu-rujak.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.