7 Masakan Olahan Kacang Almond untuk Penganut Diet Keto

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Juli 13, 2018

Kacang almond tidak hanya rendah karbohidrat namun juga begitu serba guna. Hanya dengan jenis kacang ini, kamu bisa membuat kue, roti, salad, hingga makanan pencuci mulut untuk membantu diet keto kamu. Berikut aku pilihkan 7 masakan olahan kacang almond yang cocok untuk penganut diet keto. Jangan ragu untuk mencobanya sendiri di rumah ya!

1. Almond Pancake

kacang almond
Meski tidak menggunakan tepung terigu, pancake ini sama lembutnya dan juga mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin memulai diet keto adalah sulitnya mencari pengganti sumber karbohidrat. Untuk yang biasa menikmati roti dan pancake sebagai makan pagi, maka gunakan  kacang almond sebagai bahan utama membuatnya. Olahan kacang almond yang satu ini dijamin bakal kamu suka!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kacang almond yang sudah dihaluskan, tepung kelapa, pemanis stevia, baking powder, susu almond, minyak sayur, ekstrak vanili, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Kocok semua bahan bersama-sama dalam satu mangkuk berukuran besar hingga halus. Usahakan adonan agar tidak terlalu kental ataupun terlalu cair.
  2. Panaskan wajan yang sudah diberi minyak sayur di atas api sedang.
  3. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas wajan. Tutup dan masak sekitar dua menit, sampai gelembung mulai terbentuk.
  4. Balikkan adonan dan masak dua menit lagi. Ulangi hingga sisa adonan habis.
  5. Sajikan pancake dengan selai kacang.

2. Tumis Buncis dan Kacang Almond

kacang almond
Sebagai teman makan, santap menu ini bersama ‘nasi kembang kol’. (Foto: Shutterstock)

Sebagai pengganti nasi biasa, penggiat diet keto biasa menyantap ‘nasi kembang kol’ yang terbuat dari kembang kol yang dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak, bawang putih, dan garam. Kembang kol memiliki kadar karbohidrat yang rendah dengan tekstur menyerupai nasi. Teman makannya adalah tumis buncis dan olahan kacang almond yang satu ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kacang almond, minyak zaitun, garam, bawang merah, buncis, bawang putih, garam dan Royco Kaldu Ayam.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan wajan berukuran sedang yang diisikan minyak zaitun dan mentega di atas api rendah. Masukkan bawang merah dan tumis selama satu menit.
  2. Tambahkan buncis, bawang putih, garam dan Royco. Aduk rata hingga buncis matang. Sajikan hangat-hangat sebagai lauk. 

3. Chicken Parmesan           

kacang almond
Menggunakan tepung almond sebagai tepung panir, Chicken Parmesan ini sama renyahnya dengan yang biasanya. (Foto: Shutterstock)

Hidangan keto yang satu ini biasa kita kenal juga dengan sebutan lainnya seperti ayam goreng tepung atau chicken schnitzel. Yang membedakan Chicken Parmesan di resep ini dengan yang lain adalah penggunaan tepung almond sebagai pengganti tepung terigu. Hasilnya sama-sama renyah dan tentunya dengan kalori yang lebih rendah. Demi mendapatkan kerenyahan maksimal tanpa harus menggoreng, gunakan oven untuk resep yang satu ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Fillet dada ayam, mentega, keju parmesan, tepung almond, oregano, peterseli, paprika bubuk, garam, dan Royco Kaldu Ayam.

Cara memasaknya:

  1. Pertama, panaskan oven hingga 200C.
  2. Alasi loyang dengan kertas roti dan semprot dengan cooking spray agar tidak lengket.
  3. Celupkan ayam dalam mentega kemudian lapisi dengan campuran bahan-bahan yang tersisa.
  4. Letakkan di atas loyang lalu panggang selama 20 – 25 menit. Sajikan.

4. Almond Milk Rice Pudding

kacang almond
Manis tapi tidak mengganggu diet keto kamu! (Foto: Shutterstock)

Siapa bilang diet keto pantang menikmati camilan yang manis-manis? Dengan sedikit usaha, kamu masih bisa menikmatinya selama tidak terlalu banyak mengandung gula atau karbohidrat. Salah satunya adalah dengan olahan kacang almond berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Beras Jepang, pemanis stevia, susu almond, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Dalam panci sup berukuran sedang; campurkan beras, pemanis stevia, garam, dan satu cangkir susu almond.
  2. Masak adonan di atas api kecil dan aduk hingga lima menit. Secara bertahap tambahkan lima cangkir susu almond lagi dan masak hingga saus sangat kental selama 25 menit.
  3. Biarkan dingin, kemudian masukkan lagi satu cangkir susu almond. Sajikan dengan selai kacang atau potongan buah alpukat.

5. Kari Sayur Keto

kacang almond
Untuk menu ini, pilih sayur yang rendah karbo dan gula sesuai selera kamu. (Foto: Shutterstock)

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi saat melakukan diet keto adalah memilih hidangan sayur yang tidak banyak mengandung gula atau karbo. Selanjutnya adalah bagaimana caranya menyajikan hidangan yang kreatif agar tidak bosan. Kari Sayur Keto ini menggunakan sayur musiman dan bumbu yang rendah karbohidrat. Cocok disajikan sebagai makan malam di musim hujan. Yuk, dicoba olahan kacang almond berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kembang kol, brokoli, bayam, minyak kelapa, bawang bombay, bawang putih, jahe, saus ikan, kecap asin, pasta kari merah, dan susu almond.

Cara membuatnya:

  1. Masukkan dua sendok makan minyak kelapa ke dalam panci di atas api sedang. Setelah minyak panas, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga mulai matang.
  2. Kecilkan api dan masukkan brokoli ke dalam wajan dan lanjut masak selama 2 menit. Tambahkan satu sendok makan pasta kari merah dan masak hingga wangi.
  3. Kemudian masukkan sayur bayam. Masak hingga layu dan tambahkan susu almond. Aduk rata.
  4. Tambahkan minyak kelapa, saus ikan, kecap asin, dan jahe. Biarkan mendidih selama 5-10 menit. Sajikan selagi hangat.

6. Salad Quinoa dan Kacang Almond

kacang almond
Kamu bebas menggunakan jenis sayur rendah karbo lainnya seperti brokoli, selada air, mentimun, paprika, dan masih banyak lainnya. (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Quinoa, air perasan lemon, kacang almond matang, sayur rendah karbo sesuai selera (contoh: mentimun, bayam, brokoli atau arugula), mentega almond, minyak zaitun, dan bubuk cabai.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan oven hingga 200C. Dalam panci sedang di atas api besar masukkan quinoa, satu gelas air, dan air perasan lemon. Masak sampai mendidih. Bumbui dengan garam, tutup, dan kecilkan api. Masak selama 10 menit.
  2. Iris mentimun (atau sayur rendah karbo lainnya) lalu sisihkan.
  3. Dalam mangkuk, campurkan mentega almond, minyak zaitun, air perasan lemon, dan bubuk cabai. Sisihkan.
  4. Dalam mangkuk lain, campurkan quinoa, kacang almond matang yang sudah dihancurkan kasar, dan mentimun (atau sayur lainnya). Aduk dengan saus dan sajikan.

7. Roti Keto 90 Detik

kacang almond
Campur bahan, masukkan ke dalam microwave, dan masak selama 90 detik. Boom! Sarapan kamu sudah siap! (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Telur, susu, minyak zaitun, tepung kacang almond, tepung kelapa, baking powder, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Kocok telur, susu, minyak, tepung kelapa, tepung kacang almond, baking powder, dan garam dalam mangkuk. Tambahkan keju atau daun bawang sesuai selera.
  2. Tuangkan adonan ke dalam gelas anti panas dan masak dalam microwave selama kurang lebih satu setengah menit. Keluarkan dari dalam gelas dan sajikan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.