Resep Ayam Bakar Kecap Bango yang Lezat - Masak Apa Hari Ini?

Resep Ayam Bakar Kecap Bango yang Bisa Dikuasai Siapa Saja

Simpan ke bagian favorit

Makan malam kurang lengkap tanpa kehadiran menu panggangan. Bagaimana dengan resep ayam bakar kecap lezat ini? Pastinya layak untuk dicoba!

45mnt
6 Porsi
Cukup rumit
Wina|September 30, 2020

Pertama kali kita memasak biasanya pasti memulai dari yang mudah dulu, kan? Kalau aku boleh mengaku, dulu aku cuma bisa masak air dan mie instan. Minimal semua bisalah mulai dari situ, lalu berlanjut ke masakan yang ditumis-tumis. Mudah, cepat, dan tidak merepotkan. Nah, sekarang kamu bisa coba memanggangnya dengan cara membuat ayam bakar kecap Bango berikut!

Memang awalnya aku agak ragu — belum lagi buat membersihkan sisa panggangan yang malesin banget itu. Tapi, setelah itu kupikir kalau tidak dimulai-mulai jadi maunya kapan. Sementara teman-teman seumuran malah makin jago masaknya.

Jadi antara percampuran gengsi dan pencapaian aspirasi, akhirnya kuberanikan diri membuat menu yang satu ini. Ya, resep ayam bakar spesial ini sebetulnya simpel. Hanya perlu mau sedikit repot dan berani berhadapan dengan panggangan, maka makan malam atau buka puasa hari ini dijamin bikin sekeluarga tersenyum manis.

Karena keluargaku cukup besar, maka delapan potong ayam tidak tanggung-tanggung kutakarkan di resep ini. Pertama-tama ayam hanya perlu dihilangkan bau tidak sedapnya dengan garam dan jeruk nipis — ini sih prosedur standar ketika berhadapan dengan daging maupun ikan. Sama halnya bila aku membuat ayam yang disemur bersama tahu. Selanjutnya, kamu hanya perlu menyiapkan bumbu ayam bakar kecap yang akan dipakai saat proses pembakaran terjadi.

Satu hal yang kadang kita terlalu serius menanggapi soal panggang ayam adalah bahwa proteinnya harus dalam keadaan mentah ketika dibakar. Padahal, ayam bisa kok dimasak terlebih dahulu bersama bumbu atau bahkan dimasukkan oven dulu hingga matang total. Selanjutnya, tahap memanggang hanya dimaksudkan untuk memberikan kesan bakaran yang mengundang selera beserta aroma smokey-nya.

Tidak lama pun ayam bakar siap untuk disajikan bersama nasi hangat, lalapan segar, dan sambal dadak. Di kesempatan lain, kamu juga bisa melumuri ayam dengan bumbu tambahan berupa madu dan mentega agar lebih nikmat lagi. Sementara itu, yuk, kita santap resep ayam bakar rumahan yang satu ini dulu! Atau ingin mencoba resep olahan ayam lainnya? Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

Bahan utama

  • 8 potong daging ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 8 lembar daun jeruk
  • ½ sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 250 ml air
  • 2 sdm minyak sayur

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 10 butir bawang merah, haluskan
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt garam

Cara membuat

1

Cuci bersih ayam dan lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 15 menit.

2

Panaskan minyak. Tumis bumbu ungkep ayam bakar, tambahkan daun jeruk dan serai hingga harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna.

3

Tambahkan Kecap Manis Bango, lada putih bubuk, gula pasir, tuangkan air dan asam jawa. Aduk merata, masak hingga matang dan bumbu meresap.

4

Bakar ayam sambil sesekali dibalik dan diolesi bumbu hingga harum. Angkat dan hidangkan.

Ternyata tidak susah kan? Berangkat dari sini, yakin deh kamu bakal lebih percaya diri dan mau mencoba lebih banyak resep-resep panggangan lainnya. Kalau kamu tertarik mencoba resep ayam kecap lainnya, baca aja di situs MAHI bagian resep dan jangan lupa share pengalaman memasakmu di sosmed.


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/details/651/ayam-bakar-kecap

 

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.