5 Ide Topping Donat Enak Bikinan Sendiri di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|November 1, 2020

Siapa yang tak suka dengan donat, camilan dengan variasi topping yang hampir disukai semua orang. Selain gerai donat ternama, kini sudah banyak yang menjajakan camilan empuk ini secara online dengan berbagai macam tipe dan topping yang seru. Nah, ada kalanya kita bosan dengan rasa yang itu-itu saja dan ingin menyajikan yang lebih istimewa di rumah. Ini saatnya untuk menciptakan topping donat lezat buatan sendiri di rumah untuk disajikan bagi keluarga dengan penuh rasa bangga!

Biasanya donat yang rasanya paling familier di lidah tidak jauh dari rasa manis seperti gula bubuk, cokelat, ataupun keju. Sebagai inspirasi, beberapa resep topping donat ini termasuk rasa gurih yang tentunya mudah dibuat bisa kamu coba di rumah.

Piring berisikan tiga donat.
Donat dengan aneka topping selalu saja mengundang selera! (Foto: Shutterstock)

1. Topping donat karamel

Ini dia lapisan atas donat yang selalu bikin ngiler. Karamel dengan warna kecokelatan yang menggiurkan, kental, serta manis dan terkesan mewah selalu cocok jadi jodohnya donat. Cara membuatnya juga tidak sesulit itu, lho, dan kamu hanya perlu peralatan masak yang sederhana.

Pertama, panaskan 200 gula pasir hingga meleleh di atas api kecil. Masukkan 4 sendok makan mentega, biarkan hingga meleleh. Tuang 60 ml susu cair dan 1 sendok teh ekstrak vanilla. Aduk hingga mengental.

Setelah bagian atas donat dilumuri secara merata, ajak si kecil berkreasi bersama menghiasnya dengan tambahan topping. Ajak ia menghiasnya dengan meises, kacang, sprinkles warna warni, ataupun kelapa kering (dessicated coconut). Kegiatan keluarga ini tak hanya menyenangkan, kamu bisa mengakhirinya dengan menikmati donat dengan topping yang lezat!

2. Topping glaze cokelat

Untuk topping donat yang satu ini jauh lebih mudah lagi membuatnya. Kamu hanya perlu menyaring gula dan cokelat bubuk ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk 2 sendok makan mentega menggunakan garpu hingga halus. Tambahkan 90 gram gula bubuk yang sudah diayak bersama 3 sendok makan cokelat bubuk ayak, aduk rata. Masukkan 5 sdm susu serta 2 sdt ekstrak vanilla sedikit demi sedikit, aduk hingga menjadi adonan yang mulus. Mudah sekali untuk yang satu ini, bukan?

3. Topping glaze vanilla

Donat dengan topping vanilla dan taburan meises warna warni.
Topping donat vanilla ibarat kanvas kosong yang bisa dikreasikan dengan macam-macam bahan. (Foto: Shutterstock)

Tak berbeda jauh dari glaze cokelat, rasa vanilla yang satu ini juga tak kalah mudahnya. Kamu cukup mencampurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk dan kemudian melumuri donat dengan adonannya. Bahan-bahannya antara lain adalah 150 gram gula bubuk yang telah diayak, 20 gram sirup jagung atau corn syrup, sedikit mentega yang telah dicairkan, 2 sdm susu dan 1/2 sdt vanili.

Aduk rata kesemuanya dan tambahkan susu atau gula untuk mengatur konsistensinya. Lanjutnya dengan menata donat dengan menggunakan glaze vanilla ini.

4. Topping beef bacon

Cincang beef bacon atau smoked beef, lalu tumis hingga agak garing. Pada mangkuk terpisah, aduk rata 4 sendok makan Hellmann’s Real Mayonnaise bersama 1 sendok makan Saus Sambal Jawara Hot bila suka pedas. Olesi donat dengan mayones, taburi dengan beef bacon dan irisan daun bawang bagian hijau.  

5. Topping Black Forest

Kalau yang ini bukan cuma praktis tetapi juga sangat menarik. Kocok 100 gram krim kental dingin hingga kaku. Olesi ke atas donat. Hiasi dengan cokelat serut atau chocolate shaved. Beri sedikit selai ceri dan hiasi dengan buah ceri kalengan.

Bagaimana? Tidak sulit untuk membuatnya, bukan? Pastikan untuk mencobanya dari waktu ke waktu dan coba untuk membuat jenis topping lainnya agar semakin seru. Selain itu pastikan juga untuk membaca tips agar donat kentang yang kamu buat hasilnya empuk dan mantap. Jadikan momen Hari Anak bersama keluarga semakin menyenangkan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.