Resep Tahu Kecap Pedas untuk Menu Pelengkap - MAHI

Resep Tahu Kecap Pedas, Menu Pendamping Serba Cocok

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi menu pelengkap yang cocok dipadukan dengan aneka makanan rumahan lainnya yaitu tahu kecap pedas. Praktis dan lezat, coba masak hari ini, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 14, 2022

Protein nabati seperti tahu atau tempe memang selalu jadi andalan yang cocok dipadukan dengan nasi dan lauk lainnya  Tahu kecap pedas ini misalnya, pas sebagai menu yang melengkapi hidangan istimewa lainnya di atas meja makan. Dengan cara pembuatan yang praktis dan rasa lezatnya yang khas rumahan, membuat menu ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. Saat membuat, pastikan memilih jenis tahu yang tepat agar tekstur dan rasanya lebih pas. Yuk, kenali jenis tahu untuk resep ini!

Jenis Tahu untuk Resep Tahu Kecap Pedas

Pilihan pertama jatuh pada tahu kuning. Tekstur tahu ini dikenal lebih padat sehingga cocok untuk proses masak yang agak lama. Karena proses masaknya yang cukup memakan waktu akan membuat bumbu kecap lebih meresap. Itulah mengapa tahu kuning juga digunakan di resep kali ini. Yang perlu kamu perhatikan, tahu kuning ini sudah mengandung garam. Ini dikarenakan saat pembuatannya, tahu direndam dengan kunyit dan dibumbui garam. Maka pastikan agar tidak terlalu menambahkan banyak garam saat memasak agar tidak keasinan. Atau kamu bisa menyesuaikan dengan takaran dari resep tahu kecap pedas ini.

Alternatifnya adalah menggunakan tahu putih yang lebih netral rasanya. Secara tekstur juga cukup cocok untuk proses masak agak panjang. Buktinya tahu putih juga biasa dimasak dalam sup atau dipepes. Dari segi gizi, semua jenis tahu memiliki nilai nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

Hindari jenis tahu sutra atau tofu yang notabene memiliki tekstur lebih lembek dan mudah pecah. Ini akan berpengaruh pada rasa, tekstur, dan kenikmatan saat menyantapnya.

Ide Menu Pelengkap Lainnya

Selain tahu kecap pedas ini, tentunya banyak olahan makanan pendamping lainnya yang bisa kamu coba di lain kesempatan. Misalnya resep tahu telur goreng kecap ataupun tumis kangkung tahu. Keduanya bahkan bisa dinikmati sebagai menu utama dan hanya menggunakan bahan-bahan yang umumnya selalu ada di dapur. Sebagai menu camilan, kamu juga bisa mencoba resep tahu walik ataupun tahu crispy. Lezatnya bakal bikin suasana di rumah makin meriah!

Selamat mencoba resep-resep tadi, ya! Terakhir, cek juga Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

  • 8 buah tahu kuning, potong segitiga, goreng hingga berkulit
  • 250 ml air
  • 2 buah tomat, potong 4 bagian
  • ½ sdt garam
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 5 buah cabai rawit merah, iris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis semua bahan bumbu hingga harum.

2

Tuang air, Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, dan garam. Masak hingga mendidih.

3

Masukkan tahu dan tomat, kecilkan api. Masak hingga meresap. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.