Resep Sukiyaki Praktis untuk Dinikmati Bersama - MAHI

Resep Sukiyaki Praktis, Menu Paling Seru Dinikmati Bersama

Simpan ke bagian favorit

Siapa di sini yang belum pernah coba sukiyaki khas Jepang? Kali ini ada versi praktis dan lebih lezat dari Masak Apa Hari Ini. Coba bareng keluarga, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 25, 2022

Tak harus BBQ melulu, menu rebusan seperti sukiyaki bisa punya kesan tersendiri saat dinikmati bareng keluarga. Apalagi kalau ternyata bahan-bahan serta cara membuatnya begitu praktis. Ikuti lebih jauh, yuk!

Apa Saja Elemen dari Sukiyaki?

Masakan Jepang jarang jauh-jauh dari menggunakan bahan-bahan alami setiap harinya. Dari menu simpel sebatas nasi dengan tamagoyaki serta miso shiru, hingga menu yang terbilang mewah seperti sukiyaki ini. Dari pagi hingga malam, tidak sulit untuk menemukan masakan sehat, minim minyak, dan tidak berlemak. Padahal dari segi rasa, tidak kalah enaknya dari makanan-makanan berlemak ataupun berminyak yang kamu kenal.

Sukiyaki adalah salah satu masakan Jepang yang masuk kategori nabemono/hot pot, atau istilah di Indonesia-nya, rebus-rebus. Bahan-bahan wajib sukiyaki biasanya terdiri dari daging sapi, tofu atau tahu Jepang, daun bawang, jamur hioko atau jamur enoki, sawi putih, serta mi shirataki. Agar lebih banyak jenis sayurnya, pada resep kali ditambahkan pakchoy serta wortel. Selain lebih bergizi, secara warna juga akan semakin menarik dan menggoda untuk segera dinikmati bareng keluarga di rumah!

Cara Membuat Sukiyaki Praktis

Langkah pertama untuk memudahkan proses memasak sukiyaki praktis ini adalah menggarap sausnya terlebih dahulu. Sebagai tambahan perbendaharaan kata untuk kamu, nama asli saus sukiyaki adalah saus warishita yang terdiri dari air, mirin, shoyu, dan gula pasir. Agar lebih gurih, tambahkan Royco Kaldu Sapi, aduk rata, dan masak di atas api kecil hingga semua meresap. Sisihkan karena akan dipakai langsung saat memasak daging dan sayur nanti di atas wajan.

Lanjutkan dengan menumis daging sapi terlebih dahulu bersama daun bawang. Sebelum matang, tuangkan saus warishita dan masak daging hingga matang dan meresap. Sisihkan daging sapi dan waktunya untuk memasak sayuran. Tata tofu, semua sayuran, dan mi shirataki dalam panci berisi saus sukiyaki. Masak hingga matang. Kembali masukkan daging sapi, dan nikmati bersama selagi hangat. Bisa langsung mengambilnya dari panci ataupun kamu sisihkan terlebih dahulu. Jangan lupakan nasi hangat, agar semakin seru menikmatinya!

Bahan-bahan

  • 250 g daging sapi sukiyaki
  • 200 g tofu/tahu Jepang, potong setebal 2 cm
  • 100 g jamur enoki, siangi
  • 12 lembar sawi putih, potong 5 cm
  • 80 g wortel, belah 2 bagian, potong serong
  • 150 g baby pakchoy, siangi
  • 3 batang daun bawang, ambil bagian putih, potong-potong
  • 200 g mi shirataki, blansir hingga matang
  • 1 sdm minyak, untuk menumis

Saus sukiyaki

  • 250 ml air
  • 150 ml shoyu/kecap asin Jepang
  • 150 ml mirin (cuka beras halal)
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat

1

Saus sukiyaki: Masak semua bahan termasuk Royco Kaldu Sapi di atas api kecil hingga meresap. Angkat. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis daun bawang hingga harum. Masukkan daging sapi, tumis hingga hampir matang. Tuang saus, masak daging sapi hingga matang. Angkat. Keluarkan daging sapi. Sisihkan.

3

Tata tofu, semua sayuran, dan mi shirataki dalam panci berisi saus sukiyaki. Masak hingga matang. Tambahkan daging sapi. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.