Sayur lodeh simple dalam mangkuk putih dengan sendok warna emas.

Resep Sayur Lodeh Simple Kuah Santan, Kuahnya Gurih dan Lezat

Resep sayur lodeh simple dengan kuah santan yang gurih dan sedap. Sajikan bersama ayam goreng atau balado ikan dengan tambahan sambal goreng kentang. Mantap!
Sayur lodeh simple dalam mangkuk putih dengan sendok warna emas.
Valentina Limbong | Nov 24, 2023

Selain resep sayur sop, sayur asem, dan sayur capcay, resep sayur lodeh merupakan salah satu masakan yang terdiri dari beberapa jenis sayuran yang punya banyak variasi. Dapat diolah dari berbagai sumber protein misalnya daging ayam, daging sapi, atau ikan asap.

Kali ini, Masak Apa Hari Ini ingin mengajak kamu untuk mencoba resep sayur lodeh simple kuah santan yang mudah dibuat dengan bahan yang ekonomis. Tak harus sesuai resep, kamu bisa menjadikan masakan sayur lodeh sebagai ide menu untuk menghabiskan sisa sayuran di kulkas. Misalnya wortel, buncis, terung hijau, atau jagung manis.

Variasi Resep Sayur Lodeh Enak dan Mudah Dibuat

Selain sayur lodeh simple dengan kuah santan, beberapa variasi resep sayur lodeh di bawah ini juga wajib banget kamu coba.

1. Resep Sayur Lodeh Jawa
Hidangan sayur lodeh sederhana yang isinya tahu, petai, dan kacang panjang. Setelah santan dimasukkan, masak sambil diaduk supaya kuah santan tidak pecah.

2. Resep Sayur Lodeh Terong Salmon
Selain salmon, kamu juga mensubtitusinya dengan protein lain, misalnya daging ayam, ikan pindang, atau tahu-tempe. Tambahkan cabai rawit merah utuh bila suka kuah lodeh yang pedas.

3. Resep Sayur Lodeh Ikan Asap
Kamu bisa menggunakan berbagai jenis ikan asap yang mudah didapat di sekitar kamu. Misalnya ikan cakalang, ikan pari (iwak pe), ikan manyung, atau ikan tuna.

4. Resep Sayur Lodeh Iga Sapi
Selain daging sapi bagian iga, gunakan juga pilihan lain seperti sandung lamur, bagian daging untuk sup, atau daging sapi bagian sengkel. Masak daging hingga empuk sebelum sayuran dimasukkan.

Setelah mencoba resep sayur lodeh simple ini, jangan lupa siapkan juga lauknya. Misalnya ayam goreng, ayam bakar, atau telur balado. Jangan lupa siapkan juga menu pendamping yang cocok seperti sambal goreng kentang, bakwan sayur, atau orek tempe basah. Untuk ide resep lainnya, cek juga Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi lainnya seputar dunia memasak.

 

Bahan

4
Porsi

300
g ceker ayam atau kaki ayam
200
g labu siam, kupas, potong kotak 2,5 cm
1
buah terung ungu, belah 2 memanjang, potong-potong
100
g kacang panjang, potong 3 cm
50
g daun melinjo
1
l air, untuk merebus
65
ml santan instan
3
buah cabai hijau, potong serong
3
cm lengkuas, memarkan
2
lembar daun salam
1
sdm gula merah

Bumbu halus:

6
butir bawang merah
4
siung bawang putih
4
butir kemiri sangrai
1
sdt garam

Cara membuat

1

Rebus ceker hingga mendidih, kecilkan api.

2

Masukkan daun salam, lengkuas, dan bumbu halus, dan gula merah, aduk. Masukkan labu siam, aduk rata. Masak hingga setengah matang.

3

Tambahkan terung dan santan, aduk rata.

4

Masukkan kacang panjang, cabai hijau, dan Royco Kaldu Ayam, masak sambil diaduk supaya santan tidak pecah.

5

Saat semua bahan sayuran sudah matang, masukkan daun melinjo, aduk hingga layu. Angkat dan sajikan.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr