Resep Sayur Lodeh Jawa Bikin Kangen Pulang - MAHI

Resep Sayur Lodeh Jawa yang Bikin Kangen Mudik

Simpan ke bagian favorit

Yuk, kita coba bikin resep sayur lodeh Jawa rumahan yang lezat ini! Rasanya penuh akan nostalgia dan bakal bikin kangen akan kampung halaman.

50mnt
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Januari 18, 2022

Sayur lodeh sudah menjadi menu wajib di setiap rumah tangga di Indonesia. Asalkan ada menu yang satu ini, sudah pasti santap bersama keluarga akan menjadi menyenangkan. Terlebih juga kalau hidangan lainnya juga turut melengkapi. Berikut adalah resep sayur lodeh Jawa yang sederhana sekaligus mudah membuatnya.

Sekarang coba deh kita membayangkan beraneka ragam masakan tradisional Indonesia hadir di tengah meja makan untuk santap siang ataupun berbuka puasa. Ada ayam bakar, empal, tahu dan tempe, lalapan, serta sambal. Nah pasti yang kurang adalah menu sayur. Biasanya orang Indonesia akan menambahkan antara sayur asem atau sayur lodeh. Betul bukan?

Selain lalapan mentah ataupun menu sayur lainnya, keduanya ini memang menggenapkan nutrisi tambahan yang dibutuhkan setiap rumah tangga. Tidak jarang keduanya saling menggantikan satu sama lain sementara menu lain pada umumnya bisa jadi selalu sama. Sayur asem dengan kuah bening memiliki rasa segar dan membuat selera makan semakin melaju. Sementara sayur lodeh terasa manis gurih dengan rasa yang membuat nyaman di hati.

Setidaknya itulah yang kurasakan ketika menikmati sayur lodeh. Malah kadang sayur lodeh menjadi pilihan pas ketika menu-menu lainnya sedang tidak terlalu menggugah selera. Selain rasanya yang sedap, ragam sayur yang ada di dalam hidangan tradisional ini memberikan rasa yang menyehatkan – meskipun ya ada santan di situ. Tapi memang idealnya makanan harus demikian adanya. Terdapat perimbangan di antara rasa yang menyenangkan hati sekaligus badan tetap terjaga kesehatannya.

Popularitas sayur lodeh yang berasal dari tanah Jawa kini tersebar hingga ke mancanegara. Salah satu yang konon mengenalnya juga adalah Singapura dan Malaysia. Memang jarang menemukannya di sana, tapi aku ingin sekali mengetahui versi mereka seperti apa setelah selama ini dikenal di masyarakat sana.

Untuk resep ini, kamu bisa merasakan bumbu sayur lodeh Jawa Timur yang minimalis namun tetap kaya rasa. Selain itu aku selipkan satu bahan rahasia yang dijamin bakal bikin kamu senang. Selebihnya boleh loh berkreasi dengan resep-resep lainnya, agar sayur lodeh semakin lengkap dan meriah!

Coba juga intip Instagram Masak Apa Hari Ini untuk dapatkan resep dan tips menarik lainnya seputar memasak. Jangan lupa followlike, dan tulis request di kolom komentarnya, ya!

Pop up banner meal planner ramadan

Bahan-bahan

  • 1 liter santan kelapa encer
  • 10 buah tahu goreng kecil siap santap
  • 150 gram kacang panjang, potong 3 cm
  • 5 buah petai, belah dua
  • 6 buah cabe merah keriting, iris tipis
  • 5 buah cabe hijau keriting, iris tipis
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • 2 sdm minyak sayur

Cara membuat

1

Panaskan wajan dan minyak. Tumis cabe merah, cabe hijau, lengkuas, daun salam, dan Royco Kaldu Ayam hingga harum. Kecilkan api.

 

 

2

Tambahkan santan, masak hingga mendidih sambil terus diaduk.

3

Masukkan sisa bahan, terus aduk hingga kacang panjang matang. Angkat.

4

Sajikan saat hangat.

Ternyata tidak sulit bukan membuat sayur lodeh? Selamat menikmati, ya!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/sayur-lodeh.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.