Dua potong salmon en croute di atas piring saji dengan lemon di atasnya.

Resep Salmon en Croute A la Kafe Enak dan Mudah

Bikin salmon en croute a la restoran untuk bekal praktis, yuk! Ternyata cara membuatnya gampang dan kamu bisa tips anti gagalnya biar makin pede.
Dua potong salmon en croute di atas piring saji dengan lemon di atasnya.
Valentina Limbong | Okt 04, 2023

Ingin bisa bikin salmon en croute seperti di restoran atau coffee shop? Ternyata cara bikinnya nggak susah, loh. Dengan bantuan puff pastry lembaran yang bisa kamu temukan di supermarket atau toko bahan kue, bikin salah satu menu sarapan atau brunch ini jadi lebih mudah.

Tips Bikin Salmon en Croute Seperti di Kafe

Supaya lebih pede bikin masakan yang juga dikenal dengan sebutan salmon Wellington ini, simak beberapa tips ini, ya!

  1. Gunakan puff pastry siap pakai yang juga biasa digunakan untuk membuat zuppa soup. Ikuti petunjuk pemakaian sesuai yang tertera pada kemasan. Beberapa merek puff pastry terkadang didiamkan selama beberapa menit sebelum digunakan.
  2. Pilih potongan ikan fillet salmon yang tebalnya sama supaya mendapat ukuran daging ikan yang mirip di setiap potongan.
  3. Bila sisa lembaran puff pastry terlalu lebar setelah diisi dengan salmon dan krim olesan, lipat bagian sisinya ke arah dalam. Dengan begitu salmon berbungkus lembaran puff pastry ini  jadi terlihat lebih ‘montok’.
  4. Untuk versi lebih rendah kalori, kamu bisa memilih keju ricotta atau cottage yang kandungan lemaknya lebih rendah ketimbang cream cheese.
  5. Gunakan bagian ujung pisau kecil untuk membuat motif. Hindari menekan terlalu dalam supaya permukaan kulit tidak sobek.

Untuk melengkapi salmon en croute, sajikan bersama cocolan Jawara Saus Sambal Hot agar lebih mantap. Kalau ingin ide menu brunch lainnya, coba juga resep eggs Benedict, avocado salmon toast, dan sandwich ayam. Ikuti juga akun Instagram Masak Apa Hari Ini untuk ide resep menarik dan viral supaya kamu nggak ketinggalan update.

 

Bahan

6
Porsi

350
g puff pastry lembaran siap pakai
250
g fillet ikan salmon tanpa kulit
100
g daun bayam, blansir, tiriskan
1
butir telur, kocok lepas
½
buah bawang bombay, cincang
½
sdt garam
½
sdt merica hitam bubuk
1
sdm minyak zaitun, untuk menumis
Mentega, untuk olesan

Krim olesan:

200
g cream cheese
1
sdm air jeruk lemon
¼
sdt merica hitam bubuk

Cara membuat

1

Kerat-kerat permukaan fillet ikan salmon dengan pisau. Lumuri dengan merica dan garam hingga merata. Sisihkan.

2

Siapkan loyang datar, alasi dengan baking paper dan olesi dengan mentega. Sisihkan.

3

Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daun bayam, aduk hingga layu. Angkat. Diamkan hingga tidak panas.

4

Krim olesan: Aduk rata cream cheese bersama air jeruk lemon, minyak zaitun, dan Royco Kaldu Ayam Spesial menggunakan garpu hingga tercampur rata. Tambahkan daun bayam tumis, aduk. Sisihkan.

5

Panaskan oven pada suhu 180° C. Sisihkan.

6

Ambil fillet ikan salmon, tepuk-tepuk permukaannya dengan tisu dapur supaya salmon tidak basah atau bebas air. Sisihkan.

7

Bagi atau potong 2 bagian sama besar lembaran puff pastry. Letakkan salah satu bagiannya ke atas loyang.

8

Sendokkan separuh bagian krim olesan. Taruh fillet ikan salmon ke atasnya dan olesi kembali permukaan salmon dengan sisa krim olesan. Olesi bagian pinggirnya dengan telur kocok.

9

Tutup dengan sisa lembaran puff pastry. Rekatkan bagian pinggirnya dengan ujung garpu.

10

Beri permukaan salmon en croute motif menggunakan ujung pisau kecil. Buat motif goresan membentuk garis diagonal atau buat motif seperti sisik ikan. Olesi permukaannya dengan telur kocok.

11

Panggang dalam oven panas selama 20-25 menit atau hingga matang. Angkat. Diamkan sebentar, kemudian potong-potong dan sajikan.

Royco Kaldu Ayam Spesial dibuat tanpa MSG dan tanpa bahan pengawet sehingga cocok untuk resep MPASI dan untuk semua anggota keluarga.

Produk

Royco Kaldu Ayam Spesial
Royco Kaldu Ayam Spesial