Resep Buncis Tumis Ampela - Masak Apa Hari Ini?

Resep Buncis Tumis Ampela, Sajian Sayuran Praktis dan Sedap

Simpan ke bagian favorit

Resep buncis tumis ampela, ide makanan bernutrisi praktis namun lezat. Tak hanya itu, sajian ini juga cocok dipadukan dengan banyak masakan. Simak cara membuatnya, yuk!

15mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|April 1, 2019

Bagi yang tak punya waktu banyak memasak sayuran, buncis tumis ampela bisa jadi salah satu pilihan menarik. Kamu bisa memilih buncis yang sudah tua atau buncis baby untuk cita rasa yang lebih manis. Karena terdiri dari perpaduan sayuran dan lauk, kamu juga dapat menjadikan sayur tumis ini sebagai menu sayur sekaligus lauk.

Nikmatnya buncis tumis ampela

Tambahkan komposisi ampela dan juga masukkan potongan daging ayam untuk membuatnya lebih komplit. Sajikan tumis buncis ampela ini sesuai selera misalnya dengan tambahan cabai atau bakso. Baik sebagai menu pendamping, buncis tumis ampela juga cocok tersaji sebagai menu utama yang bisa kamu nikmati segera. Cukup tambahkan nasi hangat, maka hidangan yang rasanya rumahan ini sudah tampil sangat menghibur.

Tak hanya sebagai menu pendamping, buncis tumis ampela ini juga nikmat tersaji bersama ayam goreng, ayam bakar, ataupun masakan daging lainnya. Bahkan kamu juga bisa menambahkan aneka resep tumisan sayuran lainnya untuk memeriahkan suasana meja makan saat santap malam. Jadikan hari-harimu di rumah semakin istimewa dengan macam-macam masakan lezat.

Pilihan makanan bernutrisi lainnya

Macam-macam tumisan yang aku sebutkan tadi umumnya bisa terdiri dari bahan-bahan bernutrisi. Nah, sekalian saja aku sertakan tiga jenis tumisan lainnya untuk kamu coba masak setelahnya.

1. Tumis terong ungu dengan ikan teri

Tumis terong ungu mudah untuk diolah dan ditambahkan ikan teri agar lebih lezat. Cukup dengan tambahan bawang putih, bawang merah, cabai hijau, dan cabai merah keriting, maka resep tumisan sehat ini bisa kamu nikmati segera.

Resep lengkap tumis terong ungu.

2. Tumis oncom pedas

Bahan yang populernya di Jawa Barat ini sebetulnya punya cita rasa yang kaya dan begitu khas. Serunya, oncom bisa diolah menjadi berbagai masakan. Dari hanya sekadar sambal, oncom juga bisa diolah menjadi menu tumisan hingga kerupuk. Sekarang waktunya untuk kamu bereksperimen dengan bahan yang unik ini!

Resep lengkap tumis oncom pedas.

3. Tumis genjer taoco

Belum pernah memasak genjer sebelumnya? Pilih genjer muda yang ditandai dengan bunga yang masih kuncup. Rendam dan remas genjer dengan air garam lalu bilas dengan air hangat. Kemudian genjer bisa ditumis cepat dengan api sedang. Bumbui dengan cabai untuk meminimalisir rasa pahit. Selebihnya, sayuran yang lezat ini punya rasa yang istimewa.

Resep lengkap tumis genjer taoco.

Pastikan untuk mencoba resep-resep lainnya yang sudah pernah kubagi sebelumnya di Masak Apa Hari Ini. Pilih di antaranya yang cocok untuk dipadukan dengan sajian ini. Selamat memasak!

Bahan-bahan

Bahan

  • 250 g buncis, potong serong
  • 7 buah ampela, rebus, iris
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas
  • ¾ sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 50 ml air
  • 1 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 kunyit

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum.

2

Masukkan ampela. Aduk hingga berubah rata. Tambahkan buncis. Aduk setengah layu.

3

Masukkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan Bango Kecap Manis. Aduk rata. Tuang air, aduk hingga matang dan meresap. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.