Resep Potato Gratin Keju, Menu Lezat untuk MPASI - MAHI

Resep Potato Gratin Keju, Menu Panggangan Lezat untuk MPASI

Simpan ke bagian favorit

Mau membuat variasi menu panggangan lezat dan menyehatkan untuk MPASI? Yuk, simak dan coba cara membuat resep potato gratin berikut ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 11, 2022

Begitu banyak ragam cara mengolah menu MPASI. Mulai dari digoreng hingga dikukus, semua bisa dicoba asalkan komposisi bahannya bernutrisi, mudah dicerna anak, serta melalui proses pengolahan dengan baik. Tapi pernah nggak mengolah makanan anak dengan cara dipanggang? Jika biasanya kamu mengenal lasagna atau macaroni schotel, kali ini Masak Apa Hari Ini ada ide menu panggangan menarik, yaitu potato gratin. Kelezatannya nggak cuma bikin anak ketagihan, tapi juga orangtuanya, lho! Sudah pernah dengar menu ini sebelumnya? Yuk, cari tahu dulu!

Apakah Potato Gratin Itu?

Meskipun ada kata potato, menu panggangan yang berasal dari Prancis ini teryata tak hanya berisikan kentang saja, namun juga ada campuran saus dari susu dan krim serta sayuran yang bergizi tinggi yang pastinya baik untuk anak. Gratin sendiri merupakan makanan yang bahan-bahannya tersusun rapi dalam sebuah pinggan tahan panas lalu dibubuhkan topping seperti keju parut ataupun remah roti, untuk kemudian dipanggang. Variannya banyak, dari yang berisikan kentang saja hingga ada yang menggunakan pasta, seafood, ataupun sayuran. Bahkan orang Jepang punya versi yang menggunakan nasi dan disebut dengan nama doria.

Resep potato gratin ini aslinya disebut sebagai potato au gratin atau gratin dauphinois. Disebut demikian karena varian gratin yang satu ini menggunakan susu dan krim sebagai bahan utamanya. Kemudian dari cara menyajikan kentangnya pun juga tidak sembarang. Potong tipis-tipis kentang seperti medali dan susun rapi di dalam pinggan tahan panas. Tambahkan bayam, lalu siram dengan susu serta krim, lalu dipanggang. Cukup simpel dan dijamin akan bikin anak tertarik untuk menyantapnya.

Menu MPASI Lainnya yang Wajib Coba

Untuk lain waktu, Masak Apa Hari Ini sudah menyiapkan resep-resep MPASI yang tak kalah lezatnya! Misalnya saja ada nasi tim ayam sayuran lalu sop ceker dan juga sup telur tomat. Semuanya sudah melalui tahapan uji coba sehingga kamu tidak perlu khawatir gagal saat memasaknya. Dari segi kelengkapan nutrisi juga tentunya sudah diperhatikan, sehingga menu-menu dari Masak Apa Hari Ini akan membantu melengkapi kebutuhan gizi si kecil.

Selamat mencoba!

Bahan-bahan

royco kaldu jamur
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Jamur
  • 300 g kentang, kupas
  • 400 ml susu cair
  • 100 ml krim kental
  • 70 g daun bayam, blansir
  • 5 sdm keju cheddar, parut
  • 2 sdm keju parmesan
  • 50 g mentega
  • 3 sdm tepung terigu
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt pala bubuk

Cara membuat

1

Kukus kentang dalam dandang panas hingga matang. Angkat.

2

Iris tipis dan susun dalam pinggan tahan panas. Tambahkan bayam ke atasnya.

3

Panaskan mentega hingga meleleh, masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat hingga merata dan matang. Tuang susu secara bertahap sambil terus diaduk hingga mengental. Tambahkan krim kental, aduk rata bersama separuh bagian keju cheddar dan keju parmesan hingga tercampur rata.

4

Tambahkan Royco Kaldu Jamur, garam, dan pala bubuk, aduk rata. Angkat.

5

Tuang ke dalam pinggan tahan panas hingga kentang hingga terendam.

6

Taburi sisa keju ke atasnya. Panggang dalam oven panas suhu 160° C selama 15 menit. Keluarkan. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.