Resep Bola-Bola Kentang Keju untuk MPASI - MAHI

Resep Bola-Bola Kentang Keju, Menu MPASI Lezat Bergizi

Simpan ke bagian favorit

Praktis, enak, dan bergizi, resep bola-bola kentang keju ini bisa kamu garap sebagai menu MPASI baru di rumah. Yuk, cek saja resepnya berikut ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|November 4, 2022

Kalau bicara jenis karbohidrat apa yang cocok untuk anak, maka hampir semua jenisnya aman dikonsumsi namun tergantung cara mengolahnya. Sebagai orang Indonesia, nasi dapat diolah menjadi bubur atau tim, dan ini disesuaikan dengan umur sang anak. Nasi jelas akan selalu jadi pilihan utama, tapi bagaimana kalau sesekali mencoba juga kentang? Jenis karbo yang satu ini cocok untuk segala umur, mudah untuk diolah, dan juga bisa dipadukan dengan banyak bahan. Kali ini, coba bola-bola kentang keju yang lezat ini! Pas dicoba sebagai menu utama ataupun camilan.

Manfaat Kentang untuk Pertumbuhan Si Junior

Meski banyak masakan Indonesia yang menggunakan kentang, tapi mungkin saja ada sebagian yang belum terbiasa mengolahnya sebagai hidangan sehari-hari, apalagi untuk menu MPASI. Memang memasak nasi jauh lebih mudah, cukup cuci lalu ditanak. Lain halnya dengan kentang yang harus dicuci dan dikupas satu per satu. Belum lagi harus dikukus dulu untuk kemudian misalnya digoreng. Meskipun proses memasaknya cenderung lebih bercabang, tapi tahukah bahwa kentang sangat baik untuk tumbuh kembang anak?

Pertama-tama, kentang menyuplai banyak kebutuhan serat harian anak yang akan bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak. Lebih jauhnya lagi, kentang juga punya nilai kalori yang tidak kalah dari nasi. Tapi bonusnya, kentang tidak mengandung lemak dan juga kolesterol. Kemudian kandungan lainnya adalah vitamin B6, vitamin C, kalsium, magnesium, dan juga zat besi.

Masa MPASI adalah masa eksplorasi, waktu emas saat anak diperkenalkan dengan berbagai macam makanan dan tekstur. Kehadiran menu baru seperti bola-bola kentang ini pasti akan membantumu agar tidak bosan berkreasi di dapur.

Ide Menu MPASI Selain Bola-Bola Kentang

Masih seputaran dunia perkentangan, ada beberapa resep lainnya yang bisa dicoba untuk kesempatan berbeda. Untuk menu camilan, kamu bisa mencoba kentang goreng homemade yang dilengkapi dengan taburan keju parmesan yang lezat. Lalu untuk makanan utama, pastikan agar tidak ketinggalan mencoba menu khas Prancis yaitu potato gratin yang nikmat, sehat, dan memanjakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Catat bahan-bahannya, belanja, dan segera coba membuat resep bola-bola kentang keju berikut sebagai menu MPASI hari ini! Selamat mencoba!

Bahan-bahan

royco kaldu jamur
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Jamur
  • 4 buah (500 g) kentang, kupas, potong, kukus
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 100 g keju cheddar, parut

Bahan panir

  • 2 butir telur, kocok
  • 100 g tepung oatmeal
  • Minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Haluskan kentang kukus selagi masih panas menggunakan garpu.

2

Masukkan tepung terigu, tepung maizena, keju, merica, dan Royco Kaldu Jamur, aduk hingga rata.

3

Ambil 2 sdm adonan, bulatkan. Sisihkan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis.

4

Gulingkan bola kentang ke dalam telur kocok, balur ke teputng panir hingga permukaanya terutup rata dengan tepung oatmeal . Sisihkan.

5

Panaskan minyak, goreng bola-bola kentang hingga cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.