Resep Sop Ceker Ayam Sayuran untuk MPASI - MAHI

Resep Sop Ceker Ayam Sayuran, Menu Mudah untuk MPASI

Simpan ke bagian favorit

Gurih dan bergizi, resep sop ceker ayam cocok sebagai menu MPASI si kecil. Lengkap dengan sayuran, yuk, jadikan sebagai menu favorit di rumah!

2jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Agustus 30, 2022

Banyak alasan mengapa orang lebih menyukai kuah kaldu yang dibuat dari ceker ayam. Selain ceker ayam murah dan berlimpah, rasa kuah yang dihasilkan juga menjadi lebih lezat. Padukan kaldu ceker yang kaya dengan potongan paha ayam yang lembut serta aneka sayuran, maka terciptalah satu hidangan segala umur yang sehat dan begitu nikmat. Nah, untuk ibu-ibu yang sedang bingung mencari menu MPASI, waktunya untuk mencoba resep sop ceker berikut!

Kolagen dan Resep Sop Ceker Ayam

Bahwa ceker ayam menghasilkan kuah yang lezat tentu sudah diketahui orang banyak, begitupun soal harganya yang cukup terjangkau. Namun yang belakangan ini menjadi perhatian adalah kandungan kolagennya yang kaya nutrisi. Kalau kamu pernah mendengar istilah kolagen, mengapa harus ceker ayam? Mengapa tidak membuat kaldu menggunakan bagian lain saja seperti dada, paha, atau sayap?

Kalau ditinjau dari kandungannya, 70% protein dari ceker ayam justru mengandung kolagen dan ini lebih banyak daripada bagian ayam lainnya. Benar, tulang rawan dari bagian dada juga mengandung kolagen, namun dari segi harga dan kandungan, jelas ceker ayam lebih unggul. Kalau ada satu kekurangan dari ceker ayam, itu adalah urusan kebersihannya, Perlu perhatian lebih untuk mencucinya hingga bersih serta memotong bagian kukunya.

Lalu bila ditinjau dari segi gizi, kolagen berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan tulang. Lalu ada juga peranannya dalam meregulasi tingkat gula darah dalam tubuh dan membantu kesehatan jantung. Resep sop ceker yang satu ini bersahabat untuk dinikmati segala lapisan umur, termasuk bagi ibu-ibu yang tengah mencari-cari resep MPASI. Tak hanya soal rasa, kaldu ceker bisa dimanfaatkan menjadi masakan lainnya dan juga baik untuk kesehatan anak.

Tips Mengolah Menu MPASI

Selain resep sop ceker ayam yang satu ini, tentu banyak di antara ibu-ibu sekalian yang ingin mencari tahu resep-resep lainnya. Selain bicara soal resep, tentunya ada hal-hal lain yang perlu dipersiapkan agar proses memasak juga menjadi lebih mudah. Begitupun halnya tentang manajemen bahan dan pemilihannya. Untuk itu, sempatkan untuk membaca aneka tips praktis membuat masakan anak dari Masak Apa Hari Ini. Sebagai bonus, ada juga beberapa resep terpilih berbahan dasar jamur yang bisa dicoba.

Berikutnya adalah waktu untuk mempersiapkan aneka bahan dan mulai memasak. Mari persiapkan yang terbaik untuk si kecil dan keluarga di rumah! Selamat memasak!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 300 g ceker ayam, siangi
  • 200 g filet paha ayam, cincang
  • 80 g wortel, cincang
  • 80 g kembang kol, siangi
  • 50 g buncis, iris 1 cm
  • 1 batang seledri, iris tipis
  • 1 L air, untuk merebus
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Rebus ceker bersama jahe dan daun salam hingga mendidih. Kecilkan api, sisihkan. Bisa juga menggunakan panci presto agar lebih cepat.

2

Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Masukkan ke dalam panci merebus ceker, aduk rata. Masak hingga ceker empuk.

3

Masukkan filet paha, wortel, kembang kol, dan buncis. Tambahkan Royco Kaldu Ayam Spesial, aduk rata. Masak hingga semua sayuran matang.

4

Tambahkan seledri, aduk. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.