Cara Membuat Nasi Tim Ayam Sayuran untuk Menu MPASI - MAHI

Cara Membuat Nasi Tim Ayam Sayuran untuk Menu MPASI

Simpan ke bagian favorit

Mudah untuk dicerna, lezat, dan cocok untuk segala usia. Sedang mencari inspirasi resep sehat bergizi? Coba cara membuat nasi tim ayam berikut!

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Agustus 31, 2022

Menu yang satu ini terkadang sering dianggap sebagai menu sarapan untuk mereka yang sedang berada di tahap pemulihan pascasakit. Memang ada benarnya, karena nasi tim adalah makanan yang mudah untuk dicerna dan bisa dipadukan dengan bahan-bahan bergizi. Namun tak harus selalu untuk pemulihan saja, karena menu ini juga pas untuk dinikmati oleh tua maupun muda. Bahkan cocok juga sebagai menu MPASI ataupun sajian sehari-hari di rumah. Terlebih, paduan nasi, ayam, dan sayurannya begitu menarik dan beragam, ditambah lagi dengan kuah kaldu yang gurih. Wah, kamu perlu tahu, sih, cara membuat nasi tim yang satu ini!

Rahasia Cara Membuat Nasi Tim yang Lezat

Satu yang menjadi kunci utama kelezatan dari nasi tim, yaitu kuah kaldu yang dimasak bersama nasi sehingga setiap bulirnya terasa gurih. Untuk itu, kamu perlu menggunakan tulang ayam, atau lebih disarankan menggunakan kaki ayam, sebagai bahan untuk kaldunya. Kolagen yang diekstrak dari kaki ayam yang direbus punya banyak manfaat penting untuk tubuh dan ini berlaku untuk semua umur. Selain untuk kesehatan kulit, kolagen juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan juga membantu meregulasi gula darah.

Namun, agar kolagen luruh menjadi gelatin yang bisa diserap manfaatnya oleh tubuh, maka tulang ayam perlu dimasak cukup lama dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi. Maka selain beragam manfaat tersebut, hasil kaldu yang dimasak dengan menggunakan kaki ayam akan terasa lebih gurih. Bagi para ibu yang tengah rajin mempersiapkan menu MPASI setiap harinya, tak ada salahnya untuk membuat stok lebih agar bisa diolah menjadi aneka masakan setiap harinya.

Ide Menu MPASI Lainnya

Pasca usia 6 bulan, bayi tumbuh pesat dengan selera makan yang berkembang seiring berjalannya waktu. Ini merupakan tantangan bagi sang ibu untuk memutar otak setiap hari agar bisa menyiapkan makanan terbaik buat si kecil. Maka kuncinya tiada lain adalah mengoleksi resep-resep sehat dan bergizi, lalu kemudian berjibaku di dapur agar kebutuhan nutrisi si kecil menjadi lebih lengkap. MPASI dibutuhkan si kecil karena asupan gizi dari ASI sudah tidak sepenuhnya memadai untuk menunjang pertumbuhannya. Untuk itu, para ibu perlu mencoba dua resep berikut yaitu sup telur dan tomat yang mudah cara membuatnya, serta resep ayam kukus bawang putih yang bakal makin lezat bila dipadukan dengan nasi tim yang dibuat hari ini.

Semoga cara membuat nasi tim hari ini bermanfaat untuk menu sehari-hari keluarga di rumah. Selamat berkreasi di dapur, yabuibu!

Bahan-bahan

Kuah kaldu

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • ½ sdm garam
  • ½ sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Sisihkan.

2

Kuah kaldu: Rebus ceker ayam atau tulang ayam hingga mendidih. Kecilkan api, masukkan separuh bagian bumbu halus, daun bawang, dan Royco Kaldu Ayam Spesial, Masak hingga kaldu matang dan ceker empuk. Angkat. Sisihkan.

3

Aduk rata daging ayam cincang, wortel, jamur, daun bawang, sisa bumbu halus, Bango Kecap Manis, minyak wijen, dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Sisihkan.

4

Aduk rata nasi bersama kuah kaldu. Sisihkan.

5

Panaskan dandang. Siapkan 4 mangkuk tahan panas. Isi setiap mangkuk dengan campuran daging ayam cincang dan tumpuk dengan nasi yang sudah dicampur dengan kaldu. Tutup mangkuk dengan aluminium foil.

6

Kukus hingga matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.