Resep Nasi Pindang Tetel Khas Pekalongan - MAHI
Semangkuk pindang tetel khas Pekalongan.

Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan, Hidangan Mirip Rawon yang Bikin Penasaran

Cobain pindang tetel, salah satu masakan kebanggaan Pekalongan yang tak boleh dilewatkan! Disajikan bersama nasi atau lontong makin seru.
Semangkuk pindang tetel khas Pekalongan.
Valentina | Des 15, 2022

Pernah mencoba hidangan pindang tetel sebelumnya? Kuliner khas Pekalongan ini memiliki cita rasa yang mirip dengan rawon khas Jawa Timur. Pindang tetel merupakan masakan berbahan daging sapi berkuah dari bagian tetelan, daging, dan juga  divariasikan dengan isian jeroan dengan bumbu keluak yang tebal. Jadi kalau kamu menyukai masakan dengan sentuhan keluak seperti rawon, sup konro, atau brongkos, maka kemungkinan besar kamu akan menyukai hidangan yang berasal dari desa Ambokembang, kecamatan Kedungwuni, Pekalongan ini.

Pindang tetel biasanya disantap bersama nasi dengan tambahan kerupuk usek. Kerupuk usek adalah kerupuk khas Pekalongan yang dibuat dari campuran tepung tapioka dan bumbu.  Keunikannya terletak pada cara memasak kerupuk yang tidak digoreng, melainkan dipanggang dalam pasir halus. Medianya adalah wajan besar atau molen kecil yang diisi pasir halus kemudian dipanaskan di atas api.  

Selain kerupuk usek, makanan tradisional ini juga kerap disajikan dengan kluban atau kuluban, yaitu hidangan campuran sayuran rebus yang mirip seperti urap. Kluban dicampur ke dalam mangkuk isi pindang tetel, lalu ditambahkan kerupuk usek yang dipatah-patahkan. Sedap!  

Tips Membuat Pindang Tetel Khas Pekalongan 

Buat kamu yang penasaran ingin menyicip salah satu kuliner Pekalongan ini, tak perlu jauh-jauh road trip ke Jawa Tengah. Coba dulu resep pindang tetel versi Masak Apa Hari Ini yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bantuan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang, kamu jadi bisa menyicip kuliner tradisional yang belum banyak diketahui orang.  

Supaya tak salah dalam membuat hidangan khas Pekalongan ini, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips ini sebelum memasak.   

  • Sejatinya, masakan ini dibuat dari bagian daging sandung lamur atau tetelan yang mengandung banyak lemak. Supaya kuahnya tetap gurih dengan komposisi banyak daging, padukan daging bagian daging sengkel dengan sandung lamur sebagai bahan utamanya.  
  • Rebus lebih dahulu daging dalam air mendidih selama 1 menit untuk menghilangkan kotoran dan lemak berlebih. Buang airnya, kemudian daging siap diolah bersama bumbu.  
  • Gunakan api kecil untuk mengempukkan daging agar airnya tidak cepat terserap habis.  
  • Keluak yang baik atau segar juga memengaruhi cita rasa masakan, jadi pilih keluak berkualitas ditandai dengan keluak berbunyi saat digoyangkan. 
  • Agar lebih praktis, gunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang yang sudah mengandung sebagian besar dari bumbu dasar pindang tetel.   

Yuk, bikin variasi resep daging sapi untuk menu sehari-hari! Dimulai dari resep pindang tetel Khas Pekalongan ini. Sajikan bersama nasi hangat, Bango Kecap Manis, dan sambal rawit agar semakin menambah selera makan.

Bahan

4
Porsi
300
g daging sapi bagian sengkel, potong kotak 2 cm
200
g daging sapi bagian sandung ​lamur, potong kotak 2 cm
900
ml air
3
lembar daun salam
2
butir keluak, ambil isinya, rendam air panas
12
buah cabai rawit merah utuh 
1
buah tomat, potong 8 bagian
2
batang daun bawang, potong 2 cm 
½
sdt gula pasir
2
sdm minyak, untuk menumis

Bumbu tumis

6
butir bawang merah
3
siung bawang putih
3
cm lengkuas
2
batang serai, memarkan
1
sdm ketumbar bubuk

Cara membuat

1

Rebus daging sengkel dan sandung lamur bersama daun salam hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga daging hampir empuk. Biarkan api tetap menyala. Sisihkan.  

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan keluak hingga harum. Tambahkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang, aduk sebentar. Pindahkan ke dalam panci berisi daging bersama cabai rawit merah.  

3

Masak terus hingga daging empuk. Tambahkan tomat, daun bawang, dan gula pasir. Aduk hingga daun bawang layu layu. Angkat. Sajikan.

Bahan-bahan

Bango Bumbu Rawon Khas Malang
Bango Bumbu Rawon Khas Malang