Resep Telur Petis Madura, Manis Pedas Kuliner Khas Pesisir

Ingin mencoba menu unik dari Jawa Timur? Resep telur petis Madura ini dijamin pas sebagai pendamping menu buka puasamu hari ini. Yuk kita simak videonya!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Mei 15, 2018

Berkunjung ke Pulau Madura berarti berkesempatan mencoba berbagai suguhan kulinernya. Ternyata resep telur petis Madura khas pesisir yang terlihat sederhana ini bisa menyulap makanan biasa menjadi makanan eksotis.

Kalau kamu penggemar wisata kuliner seperti aku, pasti kamu juga cukup familiar dengan kuliner khas Madura seperti sate atau nasi bebek. Tidak usah repot-repot berkendara melewati Suramadu untuk sekedar melepas rindu, karena kedua menu lezat ini bisa dengan mudah kita temui di kota-kota lain.

Bahan Utama Resep Telur Petis Madura

Petis berasal dari hewan-hewan laut seperti udang dan ikan. Oleh karena itu, tak heran sebagai pulau yang dikelilingi wilayah pesisir pantai, Madura terkenal sebagai penghasil petis di Indonesia. Di kota-kota besar di luar wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, kita lebih akrab dengan ‘sepupunya’ petis, yaitu terasi. Berhubung cita rasanya yang manis, petis biasa digunakan sebagai sambal bumbu rujak. Mulai dari rujak buah, rujak cingur, hingga rujak kangkung — semuanya nikmat diolah bersama bumbu petis.

Meski banyak ragamnya, varian petis yang kondang adalah petis Madura dan petis Surabaya. Pertama kali icip-icip petis Madura, aku langsung kepincut dengan rasanya yang cenderung asin — sedikit berbeda dengan petis Surabaya yang manis. Suatu hari, saat bingung mau masak apa untuk makan malam, tiba-tiba saja aku dapat inspirasi  resep ini.

Keunggulan masakan ini adalah mudah dan murah — mudah karena hanya butuh ditumis, dan murah karena bahan utamanya hanya menggunakan telur. Selain itu, kuah masakan olahan telur ini semakin mantap karena menggunakan santan yang berpadu dengan Kecap Bango Manis dan bumbu petis. Kalau kamu sedang mengurangi santan, kamu bisa menggantinya dengan alternatif yang lebih sehat, misalnya susu rendah lemak atau susu kacang mede. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis
Lihat produk

Bahan utama

  • 5 butir Telur Ayam, rebus matang
  • 2 sdm Petis Udang
  • 500 ml Santan Cair
  • 2 lembar Daun Jeruk
  • 1 batang Lengkuas, memarkan
  • 7 buah Cabai Rawit Merah
  • 1 batang Serai
  • 3 cm temu kunci (sesuai selera)

Bahan bumbu halus

  • 5 siung Bawang Putih
  • 5 butir Bawang Merah
  • 2 cm Kunyit
  • 4 cm Jahe

Cara membuat

Telur Petis Madura Khas Pesisir - Langkah 1
1

Goreng telur rebus hingga berwarna agak kecokelatan. Sisihkan.

Telur Petis Madura Khas Pesisir - Langkah 2
2

Di atas wajan panas, tumis bumbu halus sehingga wangi. Kemudian masukkan telur, ayam, petis udang, santan cair, daun jeruk, lengkuas, cabai rawit, serai, dan temu kunci. Masak hingga cairan mendidih.

Resep Telur Petis Madura khas Pesisir
3

Tambahkan Kecap Manis Bango, lalu masak hingga mengental.

Resep Telur Petis Madura khas Pesisir
4

Taburkan garam dan merica secukupnya. Sajikan.

Menarik bukan menu yang satu ini? Selain jarang ditemukan di kota-kota besar, masakan sederhana ini ternyata cocok dipadukan dengan banyak masakan lainnya. Semoga resep ini membuat membuatmu semakin mengenal kuliner dalam negeri dan berani menggunakan petis Madura di berbagai masakan lainnya.