Ikan kembung balado di atas piring oval putih.

Resep Ikan Kembung Balado Sederhana, Enak dan Gampang Bikinnya

Sedang kehabisan ide olahan ikan laut? Coba resep ikan kembung balado ini, yuk! Sajikan bersama sayuran yang sedap disantap bersama ikan sambal merah ini. Misalnya sup sayuran, tumis sayur, atau oseng buncis tempe.
Ikan kembung balado di atas piring oval putih.
Valentina Limbong | Jan 24, 2024

Hidangan ikan kembung balado merupakan salah satu variasi olahan kembung yang banyak disukai. Cara membuatnya mudah dan rasa pedasnya menggugah selera.

Buat kamu dan keluarga yang suka dengan ikan laut, yuk, coba resep ikan kembung balado sederhana ini! Sedap untuk makan siang atau dijadikan ide bekal ngantor.

Cara Membuat Ikan Kembung Balado Lezat dan Bebas Amis

Kalau nggak pede mengolah ikan laut karena takut bau amis, nggak usah khawatir. Ikuti tips memasak hidangan ikan kembung dengan bumbu merah ini supaya sedap dan bebas bau anyir.

  1. Pilih ikan kembung segar ditandai dengan mata ikan bening atau tidak kusam, dan cembung. Saat ditekan tekstur daging kenyal atau elastis. Lalu pada bagian insang berwarna merah segar, tidak pucat atau kehitaman. Selain itu insang juga tidak berlendir.
  2. Pastikan untuk membuang isi rongga perut ikan hingga bersih. Lalu cuci bersih di bawah air mengalir hingga ke bagian dalam rongga perut supaya tidak ada rasa pahit saat ikan matang.
  3. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis atau air jeruk lemon agar daging terasa segar. Tambahkan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan Royco Kaldu Ayam supaya lebih kaya rasa. Biarkan meresap setidaknya selama 10 menit.
  4. Kemudian goreng ikan dalam minyak panas hingga matang. Hindari menggoreng terlalu lama supaya masih bisa merasakan tekstur daging ikan yang lembut.
  5. Tambahkan Royco Kaldu Ayam ke dalam bumbu balado agar semakin sedap dan gurih.

Selain dimasak bumbu merah pedas, ikan kembung juga sedap diolah menjadi pepes ikan, kembung goreng isi, dan mangut ikan pedas. Resep ikan kembung balado ini bakal enak banget kalau disajikan di meja makan bersama sayur dan lauk pendamping yang cocok. Misalnya sup ceker ayam, tumis taoge tahu, oseng tahu tempe, dan tumis buncis tahu tempe. Untuk ide resep lainnya, jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram Masak Apa Hari Ini, ya!

 

Bahan

4
Porsi

500
g (4 ekor) ikan kembung, siangi
1
buah jeruk nipis, peras airnya
½
sdm ketumbar bubuk
4
siung bawang putih, haluskan
4
lembar daun jeruk
1
buah tomat, potong-potong

Sambal ikan balado, haluskan:

10
buah cabai merah keriting
8
butir bawang merah
4
siung bawang putih

Cara membuat

1

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, ketumbar, bawang putih, dan Royco Kaldu Ayam secara merata hingga ke dalam rongga perut. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang. Angkat dan tiriskan.

3

Sambal balado: Panaskan minyak, tumis sambal ikan balado yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, dan tomat hingga harum dan matang. Angkat.

4

Tata ikan di atas piring saji. Tuang sambal ke atasnya. Sajikan.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr