Resep Nasi Goreng Terasi Bumbu Kencur - MAHI
Piring berisikan nasi goreng terasi kencur.

Resep Nasi Goreng Terasi Bumbu Kencur, Bakal Bikin Tambah Terus

Wangi semerbak, enak, dan bikin nagih, itulah ciri-ciri nasi goreng terasi bumbu kencur yang sukses. Ingin coba? Ini dia resepnya buat kamu!
Piring berisikan nasi goreng terasi kencur.
Rian Farisa | Nov 17, 2022

Nasi goreng terasi bukanlah masakan yang asing lagi buat orang Indo. Enak, selalu menggoda, tapi sering ditemui kehadirannya. Nah, bagaimana kalau ketemu nasi goreng terasi dengan tambahan bumbu cikur alias kencur? Ini dia yang justru bikin makin istimewa! Penasaran cara buatnya? Coba lanjut baca soal kencur dulu, yuk!

Cara Memilih Kencur Segar

Kencur adalah salah satu bahan masak yang tidak semua orang Indonesia garap setiap harinya. Lain halnya dengan jahe yang masih satu keluarga temu dengan kencur, ataupun lengkuas dan kunyit misalnya. Maka untuk kamu yang masih ragu untuk mengolahnya, resep nasi goreng terasi ini adalah permulaan yang baik. Tapi, bagaimana, sih, cara memilih kencur agar masakan kamu makin cetar?

Untuk itu, kamu perlu memilih kencur yang lebih muda. Cari yang warnanya lebih terang, mulus, tidak ada bercak ataupun bagian yang membusuk. Usahakan untuk memilih yang tidak terlalu banyak tanah sehingga mudah untuk membersihkannya. Hasilnya, kencur akan menghasilkan aroma yang khas dan menyegarkan, dan pas banget sebagai pembangkit semangat makan kamu saat menikmati nasi goreng ini. Tak hanya untuk resep nasgor saja, kamu bisa mencoba kencur saat membuat seblak ataupun tumisan lainnya.

Menu Nasgor Lainnya Selain Nasi Goreng Terasi Kencur

Masak Apa Hari Ini adalah kandangnya nasi goreng dan aneka kombinasinya. Dari nasgor a la lokal sampai mancanegara bisa kamu pilih dengan mudah dan dicoba di rumah. Resep-resep di sini telah menjalani proses ujicoba sehingga kamu tidak perlu khawatir soal hasilnya. Semoga seluruh keluarga menyukainya, ya!

Setelah nanti mencoba resep nasi goreng terasi kencur ini, kamu bisa juga mencicipi nikmatnya nasi goreng sate jamur ataupun nasi goreng gila. Bahan-bahannya menggunakan yang biasa sehari-hari ada di rumah, dan secara harga juga ekonomis. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk menikmatinya hampir setiap hari.

Sudah siap masak? Sekalian mampir-mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya!

Bahan

4
Porsi
4
porsi nasi merah
100
g kol, potong kasar
80
g wortel, potong dadu kecil
2
buah mentimun, potong serong
2
buah tomat, iris
4
butir telur, buat telur mata sapi
1
batang daun bawang, iris

Bumbu halus

6
siung bawang putih
5
buah cabai merah besar
3
butir bawang merah
4
cm kencur
1
sdm terasi bakar
½
sdm garam

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.

2

Masukkan wortel, tumis hingga layu.

3

Masukkan nasi dan kol, masak sambil terus diaduk hingga rata.

4

Tambahkan Bango Kecap Manis Light, Royco Kaldu Ayam, dan daun bawang, aduk hingga nasi berasap. Angkat.

5

Tuang ke dalam piring saji. Beri telur mata sapi ke atasnya. Tambahkan irisan mentimun dan tomat. Sajikan.

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis Light
Bango Kecap Manis Light

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam