Resep Nasi Goreng Mentega Ayam Sayuran untuk MPASI - MAHI
Sepiring nasi goreng mentega disiapkan.

Resep Nasi Goreng Mentega Ayam dan Sayuran untuk Menu MPASI

Masak apa untuk si kecil? Nah, bagaimana kalau mencoba resep nasi goreng mentega ayam dan sayuran berikut? Enak, sehat, dan praktis!
Sepiring nasi goreng mentega disiapkan.
Rian Farisa | Des 16, 2022

Nasi goreng, menu andalan siapapun untuk kapanpun. Dari sarapan hingga makan malam, untuk tua maupun muda sekalipun. Kamu bisa berkreasi tanpa batas dengan berbagai variasi bahan. Begitupun untuk kamu yang selalu memikirkan menu MPASI. Apa lagi, ya, yang harus dicobain demi si Kecil? Jangan khawatir, Masak Apa Hari Ini punya resep nasi goreng mentega yang enak sekaligus kaya gizi! Intip apa saja bahannya, yuk! 

Bahan-Bahan Nasi Goreng Mentega 

Nasi goreng mentega ini terdiri atas bahan-bahan yang menyehatkan dan mudah untuk dicerna. Alih-alih menggunakan irisan daging ayam, kamu bisa menggunakan daging cincang. Iris-iris jamur kancing terlebih dahulu, supaya setelah dimasak akan terasa lebih empuk dan mudah dikunyah. Terakhir, ada pemunculan baby buncis. Jenisnya sama dengan ukuran besarnya, namun secara tekstur lebih lembut.  

Sekarang saatnya bicara soal mentega, elemen paling penting dalam resep ini. Nasi goreng mentega adalah resep tersendiri yang berbeda dengan nasi goreng yang menggunakan minyak goreng. Dari segi rasa saja keduanya sangat berbeda. Mentega menghasilkan rasa gurih yang khas dan tidak ditemukan dari minyak. Lalu, bagaimana kalau menggunakan margarin? Ada baiknya untuk menyempatkan mampir di artikel beda mentega vs margarin, yuk. Masak Apa Hari Ini sudah pernah bahas khusus soal kelebihan dan kekurangan keduanya. 

Memang, harga mentega lebih mahal, tapi ada alasan mengapa bahan ini recommended untuk digunakan, khususnya bila sang anak memang sedari awal tidak menunjukkan gejala alergi setelah mengonsumsinya. Salah satu alasan utamanya adalah kandungan lemak dalam mentega menjadikan rasa kenyang pada anak lebih lama. Mentega juga adalah salah satu bahan yang diperlukan untuk menaikkan berat badan anak, namun konsultasikan dahulu pada dokter apabila hal ini perlu dilakukan atau tidak, ya. Terakhir, ada juga kandungan vitamin A, B12, D, E, dan K dari mentega. Wah, selain lebih lezat, ternyata banyak kelebihan lainnya, lho! 

Sekarang, kita lebih paham mengapa nasi goreng mentega adalah resep MPASI yang layak banget untuk dicoba. Selain padat gizi, rasanya juga bersahabat, baik untuk anak maupun dewasa. Yuk, mulai coba memasaknya hari ini! Jangan lupa untuk mampir-mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
4
porsi nasi
200
g daging ayam cincang
5
buah jamur kancing, iris 
70
g baby buncis, iris tipis
1
sdt garam
¼
sdt merica putih bubuk
2
sdm bawang bombay cincang
3
siung bawang putih, cincang
2
sdm mentega, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging, aduk sebentar.  

2

Masukkan jamur dan buncis, masak hingga daging ayam matang.  

3

Masukkan nasi, garam, dan Royco Kaldu Ayam Spesial, dan merica bubuk. Aduk hingga nasi meresap bersama bumbu. Angkat. Sajikan.  

Bahan-bahan

Royco Kaldu Ayam Spesial
Royco Kaldu Ayam Spesial