Resep Sup Merah Enak Praktis untuk MPASI - MAHI
Mangkuk berisikan olahan resep sup merah dengan topping sayuran.

Resep Sup Merah, Enak dan Praktis untuk Menu MPASI

Tak hanya untuk orang dewasa, resep sup merah yang kaya gizi ini juga bisa dikreasikan sebagai menu MPASI. Cek resepnya di sini, yuk!
Mangkuk berisikan olahan resep sup merah dengan topping sayuran.
Rian Farisa | Des 19, 2022

Para ibu akan selalu membutuhkan menu MPASI berkuah. Selain nutrisi dari bermacam topping-nya, kuah kaldunya juga mendatangkan banyak manfaat untuk si kecil. Sebelum membuatnya, tahukah kamu bahwa ada sedikit cerita di balik nama resep sup merah yang jadi topik hari ini? Simak dulu yang berikut, yuk! 

Asal Usul Resep Sup Merah 

Warna kuah hidangan ini memang merah. Kamu mungkin kerap menemukan hidangan asal Surabaya ini di prasmanan nikahan, bersama dengan ayam asam manis ataupun tumisan daging sapi cabai hijau. Tapi, resep sup merah versi resepsi pernikahan umumnya menggunakan sosis sapi, yang membantu warnanya semakin merah. Selebihnya ada aneka sayuran beku seperti wortel, buncis, jagung, dan kacang polong.  

Lantas, warna merah pada sup ini datang dari mana? Tentunya alami, karena menggunakan tomat yang dipotong-potong dan ditumis hingga hancur lalu dipadukan dengan kaldu ayam. Betul, untuk proteinnya sebagai pengganti sosis, kamu bisa menggunakan paha ayam. Sisihkan sisa rebusannya untuk paduan dengan tumisan tomat tadi. Selebihnya, kamu bisa menggunakan daging paha ayam yang lembut sebagai topping pada sup ini. Lain waktu, kamu juga bisa membuat stok kaldu secara terpisah agar proses memasak lebih singkat. Soal itu, kamu bisa tetap menggunakan paha ayam, ataupun ceker ayam agar lebih gurih. 

Bicara soal olahan menu MPASI, Masak Apa Hari Ini punya beberapa tips praktis yang bisa diikuti di rumah. Selain tentunya ada resep pilihan lainnya yang layak banget dinikmati si kecil di lain waktu.  

Sudah makin penasaran untuk membuatnya hari ini? Yuk, jangan malu-malu mencoba! Sekalian sempatkan mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
2
potong paha ayam utuh, buang kulitnya
800
ml air
100
g wortel, iris
100
g kembang kol, siangi
5
buah jamur kancing, iris
1
buah tomat, blansir, buang kulitnya, cincang
2
batang seledri, iris
1
sdm bawang bombay, cincang
2
siung bawang putih, cincang
1
sdt garam
½
sdt gula pasir
¼
sdt merica putih bubuk
¼
sdt pala bubuk
1
sdm mentega, untuk menumis

Cara membuat

1

Rebus daging ayam hingga mendidih. Kecilkan api, sisihkan. 

2

Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tomat, tumis hingga tomat hancur. Angkat. Masukkan ke dalam kaldu ayam.  

3

Masukkan wortel dan kembang kol. Tambahkan garam, gula pasir, Royco Kaldu Jamur, merica, dan pala bubuk, aduk. Masak hingga daging ayam matang.  

4

Tambahkan jamur kancing dan seledri. Masak hingga jamur matang. Angkat. Sajikan. 

Bahan-bahan

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur