Resep Muffin Jeruk Anti Gagal untuk Dessert - MAHI

Resep Muffin Jeruk Anti Gagal, Dessert Lezat untuk Penutup Hari

Simpan ke bagian favorit

Inilah dessert lezat yang cocok sebagai teman melepas lelah sepulang dari shalat tarawih di bulan Ramadan. Simak resep muffin jeruk ini, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 26, 2022

Buat kamu penggemar menu dessert khas Barat dengan rasa manis menyegarkan, maka kamu perlu mencoba resep muffin yang satu ini! Selain sebagai menu pencuci mulut sehari-hari, sajian yang satu ini juga pas untuk menutup harimu setelah shalat tarawih di bulan Ramadan.

Bagi kamu yang berpuasa, kegiatan sehari-hari bisa terasa lebih padat dari biasanya. Setelah seharian menahan haus dan lapar, banyak mungkin di antara kamu yang makan hanya secukupnya saat berbuka puasa. Tujuannya adalah agar saat ibadah shalat tarawih nanti tidak terlalu mengantuk. Maklum, durasinya panjang dan bisa jadi kamu pulang lewat dari jam 9 malam. Melepas lelah, tentu nikmat rasanya kalau ada makanan ringan atau minuman manis segar yang menanti di rumah.

Resep muffin biasanya disajikan sebagai teman minum teh di belahan dunia Barat. Bahkan bisa dibilang popularitasnya setara dengan cupcake. Bentukannya pun mirip, namun ada banyak perbedaan di antara cupcake dan muffin. Singkatnya, cupcake memiliki tekstur lebih ringan dan hanya cocok diolah dengan rasa manis. Sementara, muffin adalah kebalikannya, sehingga ini menjadikannya cocok sebagai pengisi perut setelah melalui kegiatan fisik cukup intens seperti shalat tarawih. Tidak terlalu mengenyangkan, namun tetap berisi dan enak sebagai pencuci mulut.

Untuk resep-resep yang berhubungan dengan pastry dan sejenisnya, sebaiknya kamu mengikuti takaran pas serta langkah per langkahnya. Alasannya adalah agar hasilnya sukses. Sedikit saja perubahan volume pada bahan-bahan ataupun perbedaan pada tata cara mengolah akan sangat berpengaruh. Begitupun untuk resep muffin ini, terlebih lagi kamu ingin menutup hari dengan satu hidangan dessert yang sempurna, bukan? Jadi pastikan untuk ikuti petunjuk dari Masak Apa Hari Ini, ya!

Ada tambahan cerita agar kamu makin tidak sabar membuatnya. Resep muffin ini menggunakan paduan parutan kulit buah jeruk navel dan keju untuk rasa yang segar. Ditambah lagi ada kehadiran Buavita Orange yang semakin menjadikan muffin ini terasa nikmat. Sekarang, waktunya untuk siapkan segala bahannya, proses, panaskan oven, dan panggang. Camilan setelah tarawih siap disajikan!

Bahan-bahan

  • 250 g tepung terigu
  • 100 g gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 70 g mentega tawar, lelehkan
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm baking powder
  • ¼ sdt garam
  • 1 buah jeruk navel, untuk mengambil orange zest
  • 50 g selai jeruk

Cara membuat

resep muffin orange zest
1

Orange zest: Siapkan jeruk navel dan parutan keju. Kikis bagian luar kulit jeruk menggunakan parutan keju untuk mendapatkan orange zest. Sisihkan sebanyak 1 sdm orange zest.

resep muffin panaskan oven
2

Panaskan oven pada suhu 185° C.

resep muffin kocok
3

Kocok telur, mentega, Buavita Orange, ekstrak vanilla, dan selai jeruk menggunakan mikser hingga tercampur rata. Matikan mikser.

resep muffin aduk
4

Masukkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, baking powder, garam, dan orange zest. Aduk menggunakan spatula karet hingga tercampur rata.

resep muffin panggang
5

Tuang adonan ke dalam cetakan muffin. Panggang dalam oven panas selama 20 menit. Keluarkan dari dalam oven. Biarkan hingga tidak panas. Sajikan.

Jangan lupa untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.