Resep Puding Kaca Buah untuk Dessert Selepas Tarawih - MAHI

Resep Puding Kaca Buah-Buahan, Dessert Lezat Selepas Tarawih

Simpan ke bagian favorit

Berisi buah-buahan dengan rasa manis menyegarkan, itulah serunya menikmati puding kaca. Yuk, siapkan sebagai camilan setelah tarawih!

2jam
8 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Maret 27, 2022

Untuk kamu yang ingin bersantai setelah shalat tarawih yang panjang dan menikmati sesuatu yang manis menyegarkan, bisa mencoba puding kaca dengan isi buah-buahan. Ada kalanya mungkin kamu punya waktu panjang untuk ngabuburit dan membuat sajian dessert yang lezat. Nah, bagaimana dengan resep yang satu ini? Yuk, sekali-sekali kamu sajikan yang istimewa untuk keluarga di rumah!

Mengapa dessert yang satu ini disebut sebagai puding kaca? Seperti yang bisa kamu lihat, kreasi dessert yang satu ini terdiri dari banyak lapisan. Ada yang berisi buah-buahan, ada lapisan untuk puding jambu, dan untuk bagian yang paling besar adalah lapisan transparan. Nah, lapisan transparan ini yang memungkinkan kamu untuk bisa melihat isinya, seperti melihat dari balik kaca. Inilah juga alasannya mengapa puding kaca punya pesona tersendiri. Lapis demi lapis beserta isiannya yang berbeda-beda dan berwarna-warni bisa menggoda siapapun yang menggemarinya.

Bicara soal cara membuatnya tentu ada tantangan tersendiri. Pada suatu satu hari yang cerah dan penuh semangat dan waktu ngabuburit untuk masak masih panjang, maka inilah saatnya membuat puding kaca. Siapkan loyang berukuran besar dan isikan dengan buah anggur, nanas, stroberi, serta kiwi secukupnya. Lalu, masak jelly dan agar-agar untuk lapisan puding transparan dan tuang sebagian ke dalam loyang berisi buah-buahan tadi. Setelah ditunggu hingga agak mengeras, tusuk-tusuk di berbagai posisi puding transparan tadi agar lapisan berikutnya bisa lebih mudah menempel. Tambahkan buah-buahan dan tuang kembali sisaan lapisan puding kaca.

Baru sekarang kamu masuk ke lapisan berikutnya yaitu puding guava yang terdiri dari buah naga yang sudah di-blender, susu, jelly, agar-agar, dan Buavita Guava. Kembali tusuk-tusuk lapisan terakhir puding kaca yang sudah mengerasi tadi dan tuangkan puding guava hingga merata. Selanjutnya biarkan hingga semua mengeras, dinginkan dalam kulkas, dan sajikan selepas pulang tarawih. Seru, bukan?

Ingin tahu resep-resep puding lainnya? Ada dua yang wajib kamu coba, yaitu resep puding mangga ataupun puding buah naga. Segar dan cocok untuk camilan setelah tarawih di lain waktu. Terakhir, ayo segera followlike, atau jika ada pertanyaan dan ingin request resep, kamu bisa langsung mampir di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Iniya!

Pop up banner meal planner ramadan

Bahan-bahan

Buah-buahan

  • 200 g anggur tanpa biji, belah 2 bagian
  • 150 g nanas kupas, potong segitiga
  • 12 buah stroberi, belah 2 bagian
  • 2 buah kiwi, kupas, belah 2 memanjang, iris tebal

Lapisan puding kaca

  • 5 g agar-agar bubuk plain (tanpa rasa dan warna)
  • 5 g jelly bubuk plain
  • 40 g gula pasir
  • 600 ml air

Lapisan puding guava

  • 150 g daging buah naga merah, blender halus
  • 100 ml susu cair
  • 4 g agar-agar bubuk plain
  • 3 g jelly bubuk plain
  • 400 ml Buavita Guava

Cara membuat

1

Siapkan loyang puding besar. Tata sebagian dari setiap bahan buah-buahan ke dasar loyang. Sisihkan.

2

Lapisan puding kaca: Aduk rata semua bahan. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga hampir mendidih. Angkat.

3

Tuang sebagian adonan atau hingga merendam buah-buahan di dasar loyang. Biarkan hingga agak mengeras, sementara itu panaskan kembali sisa lapisan puding kaca di atas api kecil agar larutan puding tidak mengeras.

4

Tusuk-tusuk lapisan puding kaca yang sudah mengeras agar puding lapisan berikutnya lebih menempel. Susun kembali sisa buah-buahan di atasnya. Tuang sisa lapisan puding kaca ke atasnya. Biarkan hingga mengeras. Sisihkan.

5

Lapisan puding guava: Aduk rata semua bahan termasuk Buavita Guava. Masak di atas api sedang hingga hampir mendidih. Angkat.

6

Tusuk-tusukkan kembali lapisan puding kaca yang sudah mengeras. Tuang lapisan puding guava. Biarkan hingga mengeras. Simpan dalam kulkas. Biarkan hingga puding dingin. Sajikan.

Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.