Resep Semar Mendem untuk Camilan - Masak Apa Hari Ini?
Hidangan semar mendem untuk sarapan disajikan di atas talenan.

Resep Semar Mendem, Serupa Tapi Tak Sama dengan Lemper

Terlihat serupa, semar mendem punya perbedaan dengan lemper. Terasa lebih gurih dan sedap karena berbungkus telur dadar tipis. Yuk, coba!
Hidangan semar mendem untuk sarapan disajikan di atas talenan.
Valentina Limbong | Agu 26, 2020

Semar mendem dan lemper punya kesamaan, yaitu kue basah yang dibuat dari nasi ketan yang dimasak bersama santan. Kemudian, diisi dengan ayam suwir dan dibentuk. Bedanya adalah semar mendem dibungkus dengan kulit berbahan adonan telur-tepung terigu yang didadar tipis.

Lain halnya lemper yang langsung dibungkus dengan daun pisang. Kalau semar mendem punya tambahan rasa gurih dari kulitnya. Sementara lemper yang dibungkus daun pisang jadi punya sensasi aroma daun yang menempel pada nasi ketan. Di antara keduanya, kamu lebih suka yang mana?

Kedua kue ini selalu hadir dalam hidangan jajanan pasar yang disajikan dalam tampah. Biasanya karena jenisnya banyak, semua kue basah diolah dan dibentuk dengan ukuran lebih kecil. Supaya proses memasak beras ketan tidak terlalu lama, beras ketan wajib direndam terlebih dahulu. Cara ini juga berlaku untuk jajanan berbahan utama ketan, seperti lemper, uli, atau wajik. Coba resep ini untuk camilan di rumah, yuk!

Bahan

6
Porsi

500
g beras ketan
150
ml santan kental
100
ml susu rendah lemak
3
lembar daun pandan

Tumis daging ayam

250
g filet dada ayam, rebus, suwir-suwir
2
lembar daun salam
2
cm lengkuas, memarkan
8
lembar daun jeruk
¼
sdt jintan bubuk
200
ml susu rendah lemak
2
sdm minyak, untuk menumis

Kulit

200
ml air
3
butir telur ayam, kocok lepas
3
sdm tepung terigu
¼
sdt garam

Cara membuat

1

Cuci bersih beras ketan. Rendam dalam air selama 30 menit, tiriskan. Kukus dalam dandang panas selama 15 menit atau setengah matang. Angkat.

2

Didihkan santan bersama Royco Kaldu Jamur dan daun pandan, angkat, tuangkan ke dalam panci ketan. Jerangkan di atas api, aduk dan masak hingga cairan terserap oleh ketan. Kukus kembali selama 20 menit hingga ketan matang, angkat. Pindahkan ketan ke dalam panci.

3

Tumis ayam: Tumis Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu bersama jintan, daun salam, dan lengkuas hingga harum hingga harum.

4

Masukkan ayam suwir dan susu rendah lemak. Masak hingga menyusut. Angkat. Sisihkan.

5

Kulit: Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Panaskan wajan antilengket, buat dadar tipis. Angkat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Sisihkan.

6

Siapkan plastic wrap yang sudah diolesi minyak, ambil 2 sdm adonan ketan, pipihkan. Taruh 1 sdm isi tumis ayam di tengahnya. Tutup, bentuk persegi sambil dipadatkan.

7

Ambil selembar dadar, letakkan ketan ke atasnya. Bungkus menyerupai amplop. Lakukan proses sisa pada sisa bahan. Sajikan.

Selamat mencoba!

Produk

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur

Bango Bumbu Opor Ayam Khas Cepu
Bango Bumbu Opor Ayam Khas Cepu