8 Jajanan Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan

Wina|September 9, 2018

Akhir pekan selalu jadi momen yang tepat untuk pelesir ke Kota Kembang dan berburu jajanan Bandung yang menggugah selera. Dimulai dari waktu sarapan hingga makan malam, Bandung seolah tak pernah absen menyajikan jajanan enak. Yamin atau serabi untuk sarapan, siomay untuk jajanan siang menjelang sore bersama segelas es cendol, hingga menikmati roti bakar di malam hari. Seru!

Ini daftarnya!

1. Batagor

Sambal kacang hampir selalu hadir pada hidangan gurih khas Bandung. Misalnya saja siomay, lotek, cireng, cilok, dan lainnya. Kunci kelezatan batagor yang enak adalah bahan baku ikan yang segar dan juga bumbu kacang yang pedas gurihnya pas.

jajanan bandung
Bukan hanya di Bandung, batagor juga populer di Jakarta. (Foto: Shutterstock)

2. Siomay

Siomay telah menjadi santapan yang sangat populer untuk banyak orang sehingga sangat mudah juga ditemukan di ibu kota. Tapi ketika sedang bermain ke Bandung, tentu tidak boleh lupa untuk mencoba yang asli. Jangan lupa kucuri jeruk limau pada siomay dan bumbu kacang sebelum disajikan agar cita rasanya semakin mantap.

jajanan bandung
Bumbu kacang siomay selalu bikin kangen. (Foto: Shutterstock)

3. Yamin

Ini adalah mie ayam versi Bandung yang selalu bikin kangen. Sentuhan kecap manis pada bumbu mi ayam menjadi ciri khas yamin. Ingin bikin sendiri? Tambahkan Bango Kecap Manis beserta bumbu mi ayam, aduk bersama mi telur segar.

jajanan bandung
Cita rasa manis yang unik ciri khas yamin. (Foto: Shutterstock)

4. Cilok

Tahukah kamu, banyak jajanan Bandung yang namanya merupakan singkatan. Salah satunya adalah cilok, yaitu singkatan dari “aci¬†dicolok” (istilah bahasa Sunda untuk tepung kanji atau tapioka, bahan dasar cilok). Cilok disajikan bersama bumbu kacang dan dinikmati dengan tusuk satai.

jajanan bandung
Cilok versi isi daging juga ada, loh. (Foto: Shutterstock)

5. Seblak

Satu lagi jajanan unik Bandung, yakni seblak. Terbuat dari kerupuk yang dimasak bersama bumbu dan bahan lainnya seperti telur, sosis, sayuran, atau ceker. Seblak paling nikmat ketika tersaji dengan rasa pedas!

jajanan bandung
Yuk, bikin seblak sendiri. (Foto: Shutterstock)

6. Cireng

Yang ini datang dari singkatan “aci digoreng”. Cireng khas Bandung biasanya diisi dengan sambal kacang yang tidak basah. Versi ini biasanya tidak lagi membutuhkan cocolan sebagai pendampingnya.

jajanan bandung
Cireng biasa dijajakan polos atau dengan isi sambal kacang. (Foto: Shutterstock)

7. Serabi

Ada dua versi serabi yang banyak dijajakan di Bandung, yakni versi tradisional dan modern. Versi tradisional atau lawas adalah serabi oncom dan serabi kuah kinca. Saat ini banyak serabi yang dijajakan dengan modifikasi, misalnya serabi cokelat, serabi keju, serabi cokelat pisang, dan lainnya.

jajanan bandung
Kamu lebih suka yang mana? Serabi kinca atau serabi oncom? (Foto: Shutterstock)

8. Es Cendol

Selain es cendol khas Bandung, daerah lain juga punya versi cendolnya sendiri. Misalnya daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur yang mengenal cendol dengan sebutan dawet. Kamu dapat menemukan es cendol dengan sangat mudah di manapun di kota Bandung. Yuk, kita jelajahi jajanan Bandung!

jajanan bandung
Es cendol pas sekali disajikan di siang hari. (Foto: Shutterstock)
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.