Resep Keripik Kentang Balado Daun Jeruk - MAHI

Resep Keripik Kentang Balado Daun Jeruk, Suguhan Nikmat untuk Lebaran

Simpan ke bagian favorit

Kriuk renyah keripik kentang balado ini pas banget disajikan sebagai menu suguhan Lebaran. Penasaran cara membuatnya? Cek dulu yang berikut ini!

1jam
8 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|April 28, 2022

Selain kue-kue Lebaran, pastinya ada lagi aneka camilan enak yang layak disuguhkan kepada para tamu saat jamuan Idul Fitri berlangsung. Salah satu di antaranya yang membuat orang betah adalah camilan berupa keripik. Siapapun bisa berlama-lama mengobrol seru asalkan ada teman snack yang nikmat, bukan? Makanya, kamu harus coba membuat keripik kentang balado yang satu ini!

Cara membuat keripik kentang balado

Kalau mendengar camilan yang bernama keripik kentang balado, otomatis terbersit anggapan kalau kudapan semacam ini haruslah renyah. Betul, renyahnya keripik kentang menjadikannya semakin seru untuk dimakan. Untuk itu kamu harus merendam kentang yang sudah diiris tipis dengan menggunakan mandolin ini di dalam larutan kapur sirih.

Untuk kamu yang belum kenal kapur sirih, bahan yang satu ini begitu banyak manfaatnya. Untuk urusan kuliner, kapur sirih digunakan sebagai campuran agar adonan lebih kalis ataupun menjadikan makanan lebih renyah. Inilah sebabnya proses ini perlu dilakukan pada tahap awal agar senyawa kimia antara kentang dan kapur sirih dapat menghasilkan enzim yang menjadikannya crispy.

Pada langkah selanjutnya, kamu bisa menggoreng kentang tersebut dan menyiapkan bumbu balado yang pedas dan wangi. Setelah semuanya siap, pastikan untuk mengaduk semua keripik kentang dengan bumbu balado hingga merata. Agar rasanya semakin maknyus, ekstra bumbu balado adalah kuncinya. Jadi jangan pelit-pelit saat membuatnya, ya!

Koleksi keripik lainnya dari Masak Apa Hari Ini

Untuk melengkapi keceriaan, kamu juga bisa menyiapkan aneka jenis keripik lainnya. Dari yang sangat lokal hingga dengan sentuhan internasional, Masak Apa Hari Ini punya solusinya untuk kamu. Misalnya kamu bisa mencoba keripik singkong dengan salsa tomat dan saus guacamole a la Mexico. Singkong menjadi pengganti nachos yang biasa terdapat pada masakan Mexico atau Tex-Mex. Inilah snack internasional dengan sentuhan kearifan lokal.

Kemudian ada juga keripik tempe yang ternyata mudah untuk dibuat. Hanya dengan berbekal sedikit bahan saja, kamu bisa menciptakan camilan cepat yang bisa disuguhkan kapan saja untuk para tamu. Terakhir, ada juga keripik bayam yang selalu jadi favorit karena kerenyahannya. Pelajari cara membuatnya dengan menonton video resepnya, ya!

Bahan-bahan

saus sambal
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Extra Hot
Beli online
royco kaldu jamur
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Jamur
  • 1500 g kentang, kupas
  • ½ sdm kapur sirih
  • 2 L air, untuk merendam
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, iris
  • 15 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 1 sdt cuka
  • minyak, untuk menggoreng

Bumbu balado, haluskan

  • 100 g bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah cabai merah besar
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat

1

Aduk air bersama kapur sirih hingga larut. Sisihkan.

2

Iris kentang menggunakan slicer manual atau mandolin. Rendam dalam air kapur sirih selama 1 jam. Cuci bersih sebanyak 2-3 kali sampai kapur sirih hilang. Tiriskan.

3

Panaskan minyak, goreng kentang hingga garing secara bertahap. Tiriskan.

4

Bumbu balado: Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu balado, serai, dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan Jawara Saus Sambal Extra Hot dan Royco Kaldu Jamur, masak hingga matang. Angkat. Tambahkan cuka, aduk rata. Sisihkan hingga tidak panas.

5

Aduk rata bumbu balado bersama kentang. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.