Resep Cireng Bumbu Rujak Kecombrang Bikin Nagih - MAHI
Cireng bumbu rujak dialasi daun pisang.

Resep Cireng Bumbu Rujak Kecombrang, Snack yang Bikin Nagih

Camilan yang satu ini selalu saja menggoda. Sekarang, waktunya mencoba twist yang baru yaitu resep cireng bumbu rujak. Cobain, yuk!
Cireng bumbu rujak dialasi daun pisang.
Rian Farisa | Des 13, 2022

Selalu ada saja alasan untuk menyiapkan camilan di rumah, apalagi saat sore hari menjelang. Rehat sore sembari ngopi bareng keluarga rasanya kurang tanpa kehadiran gorengan yang lezat. Satu lagi kreasi dari Masak Apa Hari Ini yang kudu banget kamu coba. Namanya adalah resep cireng bumbu rujak dan ada satu rahasia yang bakal bikin kamu penasaran. Cari tahu di sini, yuk! 

Tips Mudah Membuat Resep Cireng Bumbu Rujak 

Setelah mencoba kreasi cireng lainnya dari Masak Apa Hari Ini yang menggunakan cocolan bumbu pedas manis ataupun diisikan bumbu kacang, maka inilah twist berikutnya yang patut dicoba! Resep cireng bumbu rujak dengan tambahan bahan yang sekarang tidak lagi jadi rahasia, yaitu kecombrang yang unik dan aromatik. Wah, bakalan jadi pengalaman ngemil baru yang exciting banget, deh! 

So, apa saja yang perlu diperhatikan agar hasil gorengan cireng kamu paripurna? Cireng yang renyah di luar dan kenyal lembut di dalam. Dicocol bumbu rujak, yang ada bakalan tak terasa satu piring penuh habis. Heits, jangan cepat-cepat menghabiskan, ya. Ingat untuk bagi-bagi juga dengan keluarga di rumah ataupun teman-teman nongkrong kamu. 

Bagaimana soal membuatnya? Untuk cireng, selalu, selalu, dan selalu gunakan air panas saat membuat adonannya. Masak air bersama bawang putih, ketumbar, dan bumbu lainnya, lalu baru olah bersama tepung terigu dan tapioka. Setelah diuleni, hasil adonan akan menjadi empuk dan kenyal seperti yang sudah bisa diduga!  

Selanjutnya mudah-mudah saja. Bentuk menjadi pipih seperti layaknya bentuk cireng semestinya dan goreng. Ingat, jangan goreng pada saat minyak sudah terlalu panas karena akan meledak dan membahayakan kamu di dapur. Gunakan minyak yang masih dingin, atau minyak sudah mulai panas agar aman dan cireng terjaga bentuknya. 

Makin tidak sabar untuk membuatnya, nih. Langsung saja belanja bahan-bahannya dan bergegas ke dapur! Sempatkan juga mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi seru lainnya. Kamu bisa tinggalkan komen atau pesan kalau ingin tim MAHI untuk membuatkan resep untukmu. Jangan lupa, sekalian follow dan like akun MAHI juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
Minyak, untuk menggoreng

Adonan cireng

250
g tepung tapioka
70
g wortel, cincang
70
g tepung terigu
380
ml air
5
siung bawang putih, haluskan
½
sdm ketumbar bubuk
1
sdt garam
1
sdt merica putih bubuk
3
batang daun bawang, iris tipis

Bumbu rujak kecombrang

5
buah cabai rawit merah
1
batang kecombrang, bakar, ambil bagian dalamnya, iris 
1
siung bawang putih, haluskan
2
sdm gula merah, sisir
1
sdm air asam jawa
½
sdt terasi, bakar
½
sdt garam
4
sdm kacang tanah kupas, sangrai, tumbuk kasar

Cara membuat

1

Bumbu rujak kecombrang: Ulek semua bahan kecuali Bango Kecap Manis dan kacang tanah hingga hancur dan tercampur rata. Tambahkan Bango Kecap Manis, aduk rata.       

2

Adonan cireng: Panaskan air bersama bawang putih, ketumbar, merica, garam, dan Royco Kaldu Ayam. Angkat. Masukkan tepung terigu dan separuh bagian tepung tapioka sambil diaduk cepat hingga menyatu. Angkat. Tambahkan sisa tepung tapioka dan daun bawang, aduk. Tambahkan wortel cincang, uleni hingga adonan bisa dibentuk. 

3

Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat pipih. Sisihkan. Ulangi proses serupa hingga adonan habis. Tambahkan 1 sdm tepung tapioka jika adonan terasa terlalu lengket atau sulit dibentuk.   

4

Panaskan minyak di atas api sedang, masukkan beberapa buah cireng saat minyak belum terlalu panas. Goreng cireng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses pada sisa adonan cireng.  

5

Siapkan sambal rujak kecombrang, taburi dengan kacang sangrai. Sajikan cireng dengan sambal rujak kecombrang.    

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam