Resep Ayam Bumbu Rujak dengan Kejutan Rasa yang Menggoda

Ayam bumbu rujak adalah salah satu resep tradisional yang paling terkenal dari Pulau Jawa. Tahu nggak sih, kalau sekarang kita bisa memasaknya di rumah kapan saja? Kita simak bersama caranya, yuk!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|September 4, 2018

Ayam bumbu rujak, satu olahan ayam tradisional nan menggiurkan yang begitu disukai orang Indonesia karena kejutan rasanya. Bumbu-bumbunya berpadu dengan serasi dan meninggalkan sedikit rasa pedas dan asam manis yang selalu disambut baik oleh lidah Asia kita. Kini, membuat masakan ikonik ini tidak perlu membutuhkan waktu lama berkat kehadiran bumbu siap pakai yang satu ini!

Kita bisa menggunakan satu ekor ayam utuh sebagai bahan utama. Tapi, kita juga bisa memilih bagian daging ayam yang lebih sehat, misalnya dada ayam tanpa kulit. Bumbu rujak yang pada dasarnya terdiri atas banyak rempah dan tambahan santan akan menyelimuti permukaan dada ayam secara menyeluruh. Dengan memberikan waktu tambahan agar bumbunya surut, maka dijamin hidangan ini tidak hanya lezat di permukaan, namun juga meresap hingga ke dalam daging ayam.

Tinggal tambahkan nasi hangat dan satu atau dua lauk pauk serta sayuran lainnya. Lengkap sudah pengalaman makan menyenangkan di rumah. Jangan lupa memasak lebih ya, siapa tahu ada yang ingin tambah!

Bahan-bahan

Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Bumbu Rujak
Yang diperlukan:
Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Bumbu Rujak
Lihat produk

Bahan

Cara membuat

ayam bumbu rujak
1

Masukkan semua bahan ke dalam panci. Rebus hingga mendidih.

 

ayam bumbu rujak
2

Kecilkan api, lalu masak dengan api sedang selama 20-25 menit sembari membolak balikkan daging ayam hingga matang merata.

 

ayam bumbu rujak
3

Masak hingga seluruh air meresap.

 

ayam bumbu rujak
4

Setelah matang, diamkan ayam selama 2 menit.

 

ayam bumbu rujak
5

Panaskan panggangan, letakkan potongan ayam, dan panggang sembari lumuri dengan bumbu hingga berwarna cokelat keemasan.

Bagaimana pengalamanmu saat mempraktekkan resep ayam bumbu rujak di atas? Kuharap resep ini cukup mudah dan cepat untuk dicoba saat kehabisan ide memasak di dapur. Resep yang sudah kubuktikan sendiri kelezatannya ini akan membuatmu makin bersemangat untuk memasak setiap harinya. Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.