Resep Gulai Daging Praktis untuk Menu Sahur - MAHI

Resep Gulai Daging Praktis untuk Menu Sahur yang Menggugah Selera

Simpan ke bagian favorit

Ingin coba resep gulai daging praktis yang satu ini? Mudah untuk dibuat dan lezat dinikmati saat sahur. Coba cara membuatnya berikut ini!

2jam
6 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 5, 2022

Biasanya, resep gulai daging paling dicari-cari saat menjelang Idul Fitri. Sisa-sisa waktu ngabuburit di bulan Ramadan dimanfaatkan untuk memasak aneka hidangan Lebaran. Tapi bukan tidak mungkin kamu sudah merindukan kehadiran masakan ini sejak jauh hari sebelumnya. Nah, untuk kamu yang ingin mencobanya sebagai hidangan sahur, ada cara praktis yang tak kalah lezatnya!

Perbedaan gulai dan kari

Mumpung sedang suasana Ramadan, mungkin banyak dari kamu yang masih bertanya-tanya, “Apakah bedanya gulai dengan kari?” Mari dimulai dulu dari persamaannya, ya. Keduanya berasal dari pengaruh kuliner India di masa lalu. Provinsi-provinsi modern seperti Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat dahulunya banyak berinteraksi dengan para pedagang dari Asia Selatan dan masih membawa pengaruh kulinernya.

Perbedaan yang cukup kentara dari gulai dan kari adalah bahan yang dipakai dan cita rasanya. Kari di Indonesia masih cukup lekat pengaruh rasa dan penggunaan bahannya dengan negeri asalnya. Misalnya untuk kari kambing khas Aceh yang biasanya dinikmati dengan roti canai. Lain lagi misalnya dengan gulai khas Sumatra Barat yang sudah menggunakan bahan-bahan dan rempah setempat. Contohnya dari segi warna, bila gulainya berwarna kuning maka lebih banyak menggunakan kunyit. Lain halnya dengan warna merah yang lebih banyak menggunakan cabai merah.

Rahasia mudah berkreasi dengan resep gulai daging

Untuk resep gulai daging ini, mari berkreasi sedikit dengan bumbunya agar praktis untuk kamu masak di rumah. Dengan menggunakan bumbu siap pakai Bango Tongseng Khas Solo dan tambahan bumbu seperti bawang merah, lengkuas, serai, daun jeruk, dan kari bubuk, kamu bisa membuat gulai daging yang mudah dan cepat. Salah satu tujuannya adalah agar kamu bisa menghemat waktu masak untuk sahur, ataupun bisa disiapkan semalam sebelumnya tanpa banyak kesulitan.

Untuk bahan-bahan dan langkah lebih jelasnya, cukup ikuti resep gulai daging yang di bawah ini, ya! Lain kesempatan, kamu juga bisa menggunakan resep ini untuk memasak saat Lebaran. Begitu banyak hidangan yang perlu disiapkan saat Idul Fitri dan menghemat waktu tanpa mengorbankan cita rasanya bisa dilakukan dengan cara yang satu ini.

Selamat mencoba!

Bahan-bahan

bango bumbu kuliner nusantara tongseng khas solo
Yang diperlukan:
Bango Bumbu Tongseng Khas Solo
Beli online
  • 500 g daging sapi bagian sengkel, potong kotak 3 cm
  • 1 buah kentang, kupas, potong kotak 3 cm
  • 1200 ml air
  • 100 ml santan instan
  • ½ sdt garam
  • 150 g buncis, potong 3 cm
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu

  • 6 butir bawang merah, iris
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdm kari bubuk

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis semua bahan bumbu hingga harum. Masukkan daging, aduk.

2

Tambahkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Tongseng Khas Solo, aduk hingga tercampur rata.

3

Tuang air, aduk. Masak hingga mendidih, kecilkan api. Masak hingga daging setengah empuk. Masukkan garam, kentang dan santan. Masak sambil sesekali diaduk hingga daging empuk.

4

Tambahkan buncis, aduk. Masak hingga buncis matang. Angkat. Sajikan.

Jangan lupa follow akun dan like berbagai postingan dari akun Instagram Masak Apa Hari Ini! Di sana kamu bisa menemukan ide-ide resep, tips memasak, dan banyak lainnya. Tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan ataupun untuk request resep, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.