Cara Membuat Cireng Bumbu Isi Kacang untuk Takjil - MAHI

Cara Membuat Cireng Bumbu Isi Kacang, Best Seller Waktu Iftar

Simpan ke bagian favorit

Buat kamu yang bingung ingin memasak apa untuk buka puasa, ada ide seru untuk dicoba. Cek cara membuat cireng bumbu isi kacang ini, yuk!

1jam 30mnt
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|April 20, 2022

Satu lagi resep gorengan untuk kamu coba sebagai menu berbuka puasa. Tentunya tak mengapa selang seling dengan menu iftar yang sehat atau makanan hangat berkuah. Apalagi untuk kamu yang ingin lebih jago masak dan mengisi waktu ngabuburitmaka cara membuat cireng bumbu isi kacang ini harus dicoba!

Berbeda dengan resep cireng pada umumnya yang dicocol dengan bumbu kacang ataupun bumbu rujak, resep kekinian ini adalah cireng yang diisikan bumbu kacang! Ya, kreasi ini betul adanya dan sebagai penggemar gorengan tentu aku tidak boleh melewatkannya. Cara membuat cireng dari Masak Apa Hari Ini perlu kamu ikuti langkah-langkahnya dengan baik. Ini penting untuk memperhatikan agar tidak sampai gagal membuatnya atau teksturnya tidak sesuai.

Lain halnya dengan resep gorengan lainnya, gunakan air panas saat membuat adonan cireng yang terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka, wortel, daun bawang, Royco Kaldu Ayam, garam, dan bawang putih bubuk. Uleni hingga bisa terbentuk dan hasilnya akan menjadi empuk setelah digoreng dengan bagian luar yang renyah saat dinikmati nanti. Bicara soal adonannya, kapan waktunya bisa membentuk menjadi bulat-bulat seperti cireng? Jawabannya adalah harus diuleni hingga kalis atau tidak lengket, olesi tangan dengan sedikit tepung, dan kamu bisa membentuk cireng dengan lebih mudah.

Pada tahap itulah kamu bisa memasukkan isian bumbu kacang yang khas ini. Apa saja isian bumbu ini? Ada kacang tanah, cabai rawit, Bango Kecap Manis, daun jeruk, bawang putih, dan garam. Jangan menyalakan kompor atau memanaskan minyak dahulu saat menyiapkan isian ini. Menggoreng cireng wajib hukumnya dimulai dari minyak dingin dan ini berkaitan dengan keselamatan kamu di dapur. Mengapa tidak dimulai dengan minyak panas? Ini dikarenakan cireng beresiko untuk meledak dan hasilnya tidak akan sukses.

Siapkan snack lezat ini segar dan tepat sebelum waktu berbuka puasa. Saat adzan berkumandang dan cireng tersaji hangat, tidak akan lama semuanya akan ludes seketika. Semoga kamu menyukainya, ya! Terakhir, aku ingin mengajak kamu juga untuk follow dan like konten-konten pada akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Jangan lupa untuk berkomentar bila kamu punya pertanyaan atau DM kami untuk request resep baru, ya!

Bahan-bahan

  • minyak, untuk menggoreng

Adonan cireng

  • 250 g tepung tapioka
  • 50 g tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 200 ml air panas
  • 80 g wortel, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu kacang

  • 100 g kacang tanah, goreng
  • 7 buah cabai rawit merah, goreng
  • 2 siung bawang putih, goreng
  • 1 sdm air
  • ¼ sdt garam
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Cara membuat

cara membuat cireng bumbu kacang blender
1

Bumbu kacang: Haluskan kacang tanah, cabai rawit, daun jeruk, dan bawang putih. Aduk rata bersama Bango Kecap Manis, air, dan garam. Sisihkan.

cara membuat cireng adonan
2

Adonan cireng: Aduk rata tepung tapioka, terigu, garam, bawang putih bubuk, dan Royco Kaldu Ayam. Tambahkan air panas sambil diaduk hingga rata. Masukkan wortel dan daun bawang. Uleni adonan hingga tercampur rata dan bisa dibentuk.

cara membuat cireng diisi bumbu
3

Taburi tangan dengan sedikit tepung tapioka, lalu ambil 1 sdm adonan cireng, bentuk bulat pipih. Letakkan 1 sdt bumbu kacang ke bagian tengahnya. Tutup sambil dibentuk bulat pipih. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

cara membuat cireng goreng
4

Tuang minyak ke dalam wajan. Nyalakan api, masukkan sebagian cireng disaat minyak masih hangat atau belum panas. Masak hingga cireng matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Selamat berbuka puasa!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.