Resep Ceker Pedas Empuk yang Harus Dicoba Penggemar Cabai

Simpan ke bagian favorit

Siapa yang bisa menolak resep ceker pedas empuk berikut ini? Selain cocok untuk dikudap, masakan satu ini pas disantap untuk berbagai suasana. Ayo simak videonya supaya bisa kamu coba masak di rumah.

45mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Mei 15, 2018

Makanan pedas menjadi salah satu makanan yang wajib ada di meja makan orang Indonesia. Kalau kurang pedas, sepertinya ada yang kurang mantap. Jadi kalau makan-makan kamu hari ini terasa kurang, berarti resep ceker pedas empuk ini harus kamu coba buat.

Kebiasaan makan pedas sebenarnya adalah warisan dari generasi terdahulu. Sedari kecil, kita terbiasa melihat orang tua kita menikmati sambal dan ikut meniru karena terlihat enak. Kemudian, kebiasaan ini terus terbawa hingga dewasa. Meski masih menyukai sambal, generasi millennial punya cara tersendiri untuk memuaskan hasrat menyantap masakan pedas. Akhirnya, kreativitas kuliner di Indonesia seakan tidak pernah habis dieksplorasi. Contohnya Seblak, kuliner kaki lima Bandung ini awalnya heboh di media sosial dan naik daun hingga masuk ke menu-menu restoran.

Di Indonesia, masakan olahan ayam selalu menjadi primadona. Selain harganya yang bersahabat, mulai dari daging hingga kulit ayam semuanya dapat dimanfaatkan. Selama ini salah satu bagian ayam yang kurang mendapat sorotan adalah ceker ayam. Padahal selain digoreng dan dibuat kaldu ayam, ceker ayam ini lezat dimasak dengan aneka saus atau bumbu pedas yang akan memuaskan selera siapa pun.

Meski enak, ceker ayam kurang populer karena bukan makanan yang terkesan berkelas. Padahal, selidik punya selidik, ceker ayam mengandung kolagen yang tinggi dan setara kandungannya dengan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan! Nah, kolagen ini adalah protein yang menjaga kelembapan dan kulit kencang. Jadi, konon kabarnya makan ceker bisa bikin kamu awet muda dan punya kulit yang kinclong!

Kendati punya banyak manfaat, sebelum memasak pastikan kamu sudah membersihkan ceker ayam hingga tidak ada kotoran menempel. Agar tugas kamu lebih ringan, rendam ceker di dalam air panas selama beberapa menit. Cuci dan ulangi hingga air rendaman warnanya tidak keruh lagi. Perlu kamu ingat bahwa ceker memiliki tekstur yang alot — supaya empuk, kamu bisa memasak ceker terlebih dulu menggunakan panci presto atau merebusnya dengan dalam waktu yang cukup lama. Ingin ceker ayam bebas bau amis? Sebelum memasak resep ceker pedas empuk ini, lumuri dahulu dengan air jeruk nipis hingga rata.

Sudah siap mengikuti resep lengkapnya?

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk

Bahan utama

  • ¼ kg Ceker Ayam
  • 1 lembar Daun Salam
  • 1 lembar Daun Jeruk
  • secukupnya Royco Kaldu Ayam
  • 2 gelas air rebusan ceker
  • Bawang Merah Goreng, untuk taburan

Bahan bumbu halus

  • 1 siung Bawang Putih
  • ½ ruas jari Kunyit
  • ¼ ruas jari Jahe
  • 1 batang Serai, dimemarkan

Bahan tumisan

  • 2 siung Bawang Putih
  • 3 butir Bawang Merah
  • 5 buah Cabai Merah Keriting
  • 10 buah Cabai Rawit Merah

Cara membuat

Resep Ceker Pedas Empuk - Langkah 1
1

Rebus ceker dengan bumbu halus yang sudah disiapkan hingga ceker menjadi empuk.

Resep Ceker Pedas Empuk - Langkah 2
2

Tumis bumbu yang sudah disiapkan, kemudian tambahkan daun salam dan daun jeruk hingga harum dan matang. Setelah itu, tambahkan air biasa atau sisa rebusan ceker, masukkan ceker. Aduk rata.

Resep Ceker Pedas Empuk - Langkah 3
3

Tambahkan gula merah, Kecap Manis Bango, Royco Kaldu Ayam, dan sedikit garam. Aduk rata dan sesuaikan rasanya mengikuti seleramu. Masak hingga bumbu benar-benar meresap.

Resep Ceker Pedas Empuk - Langkah 4
4

Sajikan ceker pedas dengan taburan bawang goreng

Asyik juga kan sekali-kali masak ceker ayam? Oya, kalau ternyata setelah dimasak kamu mendapati rasanya terlalu pedas, ada satu tip yang selalu kuterapkan — tambahkan Kecap Manis Bango untuk mengimbangi rasanya.

Selamat mencoba resep ini serta kombinasi resep ceker ayam lainnya!

 

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.